Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Filosofi Jalan Sukses Trading Saham

Kata-kata: "Cara (jalan) sukses di dunia saham" seringkali saya dengar sejak saya masih menekuni trading saham sebagai pemula dan sampai sekarang. Tidak sedikit saya membaca referensi2 yang membahas cara sukses main saham. Tapi terus terang, saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendalami dan memaknai apa arti " cara sukses trading" ini. 

Kalau anda pembaca setia web Saham Gain, di beberapa pos web ini saya sering mengatakan bahwa ukuran sukses trading saham adalah kalau anda bisa mendapatkan PROFIT KONSISTEN dalam jangka panjang. 

Tapi profit konsisten itu sebenarnya adalah hasil /buah dari apa yang anda kerjakan. Sebelum anda sukses, tentu anda harus menjalani serangkaian proses dalam trading anda. 

Setelah saya mempelajari banyak hal tentang dunia saham, dan melalui banyak sharing bersama sesama trader, saya bisa menyimpulkan bahwa cara sukses main saham diukur dengan: KEMAUAN. Kemauan, yaitu kemauan untuk terus belajar. 

Saya banyak sekali menemukan pemain saham yang masih 'lampu hijau' (baca: Pemula) tapi hanya ingin mendapatkan profit instan. Bagaimana caranya mendapatkan "profit instan"? Caranya adalah bergabung di komunitas2 dan forum2 saham (Catatan: Komunitas apapun itu tidak akan menjamin anda mendapatkan profit instan seterusnya).  

Banyak pemula yang merasa hebat dan sakti ketika bisa mendapatkan profit, padahal profit yang didapatkan bukanlah hasil analisisnya sendiri, tetapi dari rekomendasi di forum2 tertentu. 

Saat mendapat profit, banyak pemula yang mulai merasa bahwa trading itu nggak perlu terlalu banyak belajar, nggak perlu "muluk-muluk", nggak harus mengalami proses ini dan itu. 

"Jadi apakah tidak disarankan bergabung di forum2 saham Pak Heze?" Tanya anda

Bukan begitu. Tidak ada salahnya anda bergabung di komunitas2 saham. Mungkin forum saham bisa menjadi teman belajar anda dalam menuntun anda untuk melangkah lebih jauh. Tapi kalau anda ingin menjadi trader saham beneran, anda harus mempelajari banyak hal di dunia saham.

Di pasar saham, anda harus mempelajari banyak hal tentang psikologi trading, manajemen modal, trading plan, menganalisis IHSG, menganalisis kondisi usaha dan lain2. Hal2 ini seringkali tidak akan anda temukan di komunitas atau forum karena anda harus mencoba sendiri sesuai dengan kebutuhan trading anda. 

Sedangkan di forum2 saham, kebanyakan yang disarankan adalah membeli saham (entry buy) dan take profit, tanpa adanya manajemen modal, alasan membeli, dan pembatasan risiko. Dalam konteks 'main saham', trading itu lebih luas dari sekedar mengikuti ajakan membeli, karena trading menyangkut analisis dan pengelolaan emosi yang baik. 

Saya pribadi tidak bisa menuntun anda satu per satu dalam belajar saham. Lagian, setiap orang memiliki strategi yang berbeda-beda, dan modal yang tidak sama setiap orang. Tapi sebagai acuan belajar, anda bisa membaca daftar isi web Saham Gain ini yang bisa menjembatani kebutuhan anda. Baca: Daftar Isi Saham Gain.   

Intiya sukses di bidang apapun tidak bisa anda peroleh secara instan: 

Kalau anda ingin jago menyanyi, anda tidak bisa hanya mendengarkan guru anda menyanyi. Anda harus mencoba, berlatih dan berlatih.

Kalau anda ingin jago bahasa, anda tidak bisa mendapatkannya hanya dengan mendengarkan ocehan orang. Anda harus mencoba berbicara dan praktik. 

Kalau anda ingin sukses menjadi pemain bola, anda tidak bisa mendapatkannya hanya dengan menonton bola setiap hari. Anda harus mencoba, berlatih dan berlatih. 

Anda tidak akan bisa menjadi analis yang handal kalau setiap ada tes anda hanya mencontek teman anda yang lebih pintar. Untuk menjadi analis yang baik, anda harus mencoba, berlatih dan berlatih. 

Jadi kembali lagi, untuk menjadi seorang trader yang sukses hal utama yang dibutuhkan adalah kemauan. Sekarang ada dua pilihan: Anda mau menjadi trader sejati (trader pro) atau hanya menjadi trader nyontek, trader malas, dan trader yang cuma bermimpi mendapatkan hasil instan? Hanya anda yang bisa menjawabnya. Hanya anda yang bisa memilih dan menentukan.

Trader yang sukses adalah trader yang mau terus mencoba, dan menganalisis. Bukan trader yang hanya menginginkan hasil instan, apalagi merasa paling benar ketika mendapat profit yang bukan dari hasil analisisnya sendiri dan merasa sudah sukses dengan trading beberapa bulan.

Selamat praktik..... Salam profit

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.