Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham: Harga Saham ANTM

El Heze
Perusahaan PT Aneka Tambang Persero Tbk (ANTM) mengalami penurunan harga saham yang drastis. Kalau anda perhatikan chart ANTM, harga saham ANTM sempat menyentuh angka 1.300 pada Oktober 2013. Tetapi kemudian saham ANTM turun lagi secara drastis nggak tanggung2.

Banyak orang bertanya-tanya: Kenapa ANTM kok turun terus? Bukannya emas ini safe heaven ya, sehingga harusnya orang terus memburu saham ANTM. Tapi kok harga ANTM turun terus? 

ANTM memang sempat terjun drastis. Bahkan pada Desember 2015 harganya mengenaskan karena sudah turun sampai 290! Tapi kemudian harganya bisa naik drastis lagi sampai 1.000. Walaupun demikian, ANTM kembali turun lagi sampai ke level 600-an. 

Terlepas dari semua itu, produk-produk ANTM semuanya merupakan produk barang komoditas (produk pertambangan). ANTM tidak hanya memproduksi emas, tetapi juga: nikel, bijih nikel, perak, batu bara, biji bauksit dan produk2 pertambangan lainnya. 

Kalau anda lihat laporan keuangannya di IDX, memang emas-lah yang menyumbang pendapatan ANTM terbesar, yaitu sekitar 40-62%. Sisanya disumbang oleh produk pertambangan lainnya. 

Kemudian penjualan ANTM didominasi oleh penjualan ekspor, di mana penjualan ekspor ANTM bisa mencapai sekitar 70% dari pangsa pasar ekspor, sedangkan sisanya adalah penjualan lokal (barang-barang komoditas di Indonesia memang lebih banyak diekspor keluar negeri). 

Produk2 komoditas tersebut pergerakannya sangat fluktuatif dan juga tergantung dari pasar internasional. Produk komoditas sangat tergantung juga dari kondisi perekonomian. Adanya guncangan perekonomian, dapat membuat harga komoditas menjadi anjlok. Apalagi jika kondisi ekonomi luar negeri lesu, maka otomatis pendapatan utama ANTM yang notabene berasal dari ekspor juga akan turun drastis.

Itulah mengapa kalau anda cermati laporan keuangan ANTM, ANTM sempat mengalami rugi bersih yang cukup besar pada tahun 2014-2015. Jadi, ya nggak heran kalau kemudian harga saham ANTM ini turun terus. Perusahaan bagus, oke dan prospek. Tapi anda juga harus melihat momen yang tepat, terutama kalau anda adalah seorang trader. 

Tapi menurut pendapat saya, saham ANTM nggak mungkin akan terus terjun bebas, bahkan sampai jadi gocap. Memang beberapa rekan2 ada yang berpikir: ANTM kok turun terus, gimana kalau nanti jadi gocap?

Ya saya rasa nggak mungkin seburuk itu. Saat saham ANTM turun drastis disitulah kesempatan anda untuk beli, karena sekali lagi, emas adalah save heaven yang tidak akan pernah ada matinya. 

Namun, kalau anda adalah seorang trader dan harga ANTM sedang sideways, anda bisa memanfaatkannya untuk trading jangka pendek. Sejauh ini, pergerakan ANTM selalu banyak peminatnya, sehingga harganya juga cenderung bergerak naik-turun. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.