Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Langkah-langkah Membangun Mindset Sukses Trading

Saat anda memutuskan untuk trading saham, satu hal yang anda dan saya inginkan adalah SUKSES trading. Apa ukuran sukses trading? Sukses trading diukur dari PROFIT yang kita peroleh. Saat berhasil memperoleh profit konsisten (apalagi bisa untuk menyambung hidup), maka dalam hal itulah anda dan saya dikatakan sukses. 

Untuk sukses dalam trading, anda harus membangun mindset sukses, bukan hanya sekedar skill trading saja. Mengapa anda perlu punya mindset sukses untuk trading? Karena mindset adalah pola pikir yang akan berpengaruh pada tindakan2 anda dalam trading. 

Saat anda punya mindset sukses, Bagaimana langkah2 membangun mindset dalam trading? Di pos ini saya bisa memberikan sedikit tipsnya untuk anda. 

1. Plan your trade, trade your plan

Setiap aktivitas yang anda lakukan, harus memiliki perencanaan yang jelas. Coba anda bayangkan perusahaan besar seperti Indofood, Unilever mereka bisa mendapatkan tempat di hati pelanggan, apa kuncinya?

Tentu saja karena manajemen perusahaan memiliki perencanaan (planning). Kalau manajemen perusahaan tidak memiliki perencanaan, saya yakin pasti perusahaan tidak akan berkembang dan produk2 perusahaan tidak akan dikenal masyarakat. Demikian juga dengan trading. 

Kalau anda trading, anda harus punya trading plan. Anda mau beli saham apa, mau jual di harga berapa, harus cut loss di harga berapa, berapa banyak saham yang harus dibeli, berapa modal yang digunakan, setiap berapa bulan harus suntik modal. Tanpa ada perencanaan, sistem trading tidak akan berjalan dengan baik. 

Poin 1 ini berkaitan dengan TRADING PLAN. Banyak trader yang tidak memiliki trading plan, akhirnya mereka tidak bisa menghasilkan profit yang konsisten. Jika anda ingin mendapatkan panduan lengkap menyusun trading plan dan cara menjalankannya, anda bisa mendapatkannya disini: Buku Saham

2. Berproses dan Berpikir Positif

Mindset sukses trading adalah dengan membangun pikiran positif. Anda harus selalu berpikir bahwa anda bisa mendapatkan profit, dan anda harus mau untuk berproses. Karena kesuksesan tidak dapat dilalui tanpa proses. I mean, anda tidak mungkin bisa sukses sekejap mata dalam trading tanpa mengalami proses dan membangun pikiran positif.  

3. Belajarlah dari yang terbaik 

Agar bisa sukses, Anda harus belajar dari sosok trader yang sudah sukses di dunia saham. Mengapa demikian? Karena dengan menyerap ilmu sebanyak mungkin dari mereka, kebiasaan2 positif trader sukses akan tertanam dalam mindset anda. Belajar dari yang terbaik bisa menjadi motivasi untuk anda dan saya. 

4. Business mindset

Jadikanlah trading sebagai bisnis, bukan sebagai judi. Kalau anda memiliki mindset trading adalah bisnis, anda akan selalu menganalisis dengan benar setiap pergerakan harga saham, dan tidak terpengaruh dengan saham2 gorengan yang tidak jelas. Jika anda menjadikan trading sebagai bisnis, anda akan senantiasa mengevaluasi setiap aktivitas trading anda.

5. Siap mengalami rugi 

Setiap bisnis pasti akan pernah mengalami rugi. Anda harus menanam mindset itu. Jika anda trading, anda harus siap rugi. Rugi ini ibarat "biaya kursus" anda. Anda harus menanam mindset bahwa pebisnis sukses tidak mungkin tidak pernah mengalami masa2 sulit. Kerugian di pasar saham adalah pembelajaran terbaik yang bisa mendewasakan anda dalam berpikir dan menganalisis lebih baik.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.