Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Jurus Jitu Main Saham

Latihan trading saham itu ibarat seorang petinju yang berlatih. Olahraga tinju hanya mengenal 4 macam pukulan, yaitu jab, straight, hook, dan uppercut. Jadi, ketika seorang petinju sedang mempersiapkan diri untuk suatu pertandingan, maka petinju hanya akan mengasah 4 jenis pukulannya setiap hari. Petinju akan melakukan dan mengulanginya terus setiap hari. Hal inilah yang dilakukan seorang petinju supaya bisa menjadi juara dunia dan mendapatkan bayaran tinggi. Jadi intinya adalah: Train and repeat, train and repeat

Sama seperti trading saham. Saat anda trading, maka anda akan membeli saham yang sudah ada di watchlist anda. Kemungkinan besar, anda bisa membeli saham2 yang sama menggunakan pengujian analisis yang sama secara terus menerus. Ketika anda trading, hal inilah yang terus anda lakukan. Hanya dengan jalan inilah - repeat-fail-repeat-untill sucess, anda bisa menang dalam trading saham.

Bagi para pemula maupun anda yang sudah trading selama beberapa tahun dan ingin sukses dalam karir trading, maka inilah satu-satunya jalan yang harus anda tempuh: Berlatih keras, dan mengalami yang namanya rugi. Anda dan saya mungkin sering mendengar promosi2 yang mengatakan bahwa anda bisa mendapatkan profit besar dalam waktu singkat tanpa harus ribet. Mana ada yang seperti itu?

Memangnya sistem atau software apa yang bisa membuat trader untung terus tanpa rugi? Saya yakin jawabannya tidak ada. Dari apa yang sudah saya alami sendiri selama menekuni trading saham, saya merasakan bahwa apa yang dipromosikan oleh penjual2 seminar, penjual sistem ternyata sama sekali bertolak belakang. Untung besar dari saham tidak semudah apa yang saya pikirkan selama ini. 

Celakanya, banyak sekali trader dan calon pemain saham yang selalu mencari jurus jitu, mencari rumus main saham supaya bisa untung banyak dalam waktu singkat tanpa rugi. Dan sayangnya pula, tidak ada rumus main saham. Sekali lagi, jurus jitu dalam main saham adalah dengan menerapkan: repeat-fail-repeat-untill sucess.

Jika anda ingin sukses dalam bidang apapun itu, maka jalan yang harus anda tempuh satu-satunya yaitu dengan MENJALANI PROSES. Kalau anda berproses, di dalam proses itu anda akan sering mengalami yang namanya salah. Kalau anda sudah mengalami salah, maka anda perlahan akan belajar dari kesalahan tersebut. Dari kesalahan itu, anda perlahan akan bisa meraup untung dari saham. 

Anda mungkin dengan mudah melupakan teori2 tentang saham. Tetapi kalau anda berproses dan mengalami rugi, anda bisa tahu dimana kesalahan anda. Sehingga, anda tidak akan pernah melupakan yang namanya proses. Nah, kalau anda tidak mau berproses dan hanya mau hasil instan saja, bagaimana mungkin anda bisa tahu letak kesalahan anda? Bagaimana mungkin anda bisa tahu kelemahan trading anda dimana? Bagaimana anda bisa tahu analisis yang terbaik untuk anda?

Perlu anda pahami, dalam trading, anda tidak hanya mempelajari analisis dan grafik saja. Tetapi, anda harus paham filosofi trading. Misalnya, seperti yang saya bahas disini: Prinsip Dasar Analisis Teknikal. Anda juga harus bisa menyusun trading plan. Baca juga: Ciri2 Trader yang Tidak Punya Trading Plan. Anda harus bisa memahami psikologi dan mindset investor. Baca juga: Buku Saham.

Yang ingin saya tekankan di pos ini adalah, tidak ada jalan yang instan jika anda ingin sukses dalam trading, termasuk bidang apapun yang anda tekuni. Jika anda ingin sukses dalam main saham, cara satu-satunya adalah dengan belajar dan berproses.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.