Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Data Historis IHSG

El Heze

Mencari data historis IHSG bisa dilakukan melalui Yahoo Finance. Kita sudah pernah membahasnya pada pos berikut ini: Cara Mencari Data IHSG di Yahoo Finance. Anda bisa baca-baca kembali. 


Namun terkadang yang dicari oleh para pemain saham bukan data historis IHSG harian, tetapi yang dicari adalah return IHSG per bulan (Januari-Desember), dalam bentuk data yang sudah jadi. 

Sehingga trader maupun investor bisa melihat kecenderungan pergerakan IHSG di bulan-bulan tertentu, cenderung mengalami kenaikan (mencetak return positif) atau sebaliknya cenderung turun (mencetak return negatif).  

Data historis IHSG bulanan ini diperlukan sebagian investor dan trader sebagai dasar untuk menganalisa kecenderungan historis pergerakan IHSG, sehingga investor bisa menggunakan data seasonality IHSG sebagai analisa tambahan untuk menambah posisi saham, atau menahan belanja (hold cash) pada bulan-bulan tertentu. 

Pada pos ini, kita akan langsung membahas cara mencari data historis IHSG untuk melihat return IHSG per bulan (IHSG seasonality). 

Untuk mencari data historis IHSG yang paling lengkap, anda sebenarnya bisa mencari melalui fitur Stockbit. Anda bisa download melalui Google Playstore atau melalui websitenya langsung di Stockbit.com. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Stockbit.com

Untuk melihat menu seasonality data historis, anda perlu register dan login pada stockbit terlebih dahulu. Kita sudah pernah membahasnya disini: Cara Screening Valuasi Saham dengan Mudah. 

2. Ketikkan kode 'IHSG"


Pada menu search symbol (lihat tanda persegi hijau), anda bisa ketikkan IHSG. Lalu akan muncul seperti berikut ini: 

3. Pilih Seasonality 

Menu seasonality inilah yang berfungsi untuk menampilkan data historis IHSG. Seperti inilah menu seasonality yang menampilkan data historis IHSG: 

Diatas, bisa anda lihat return IHSG setiap bulan, selama tahun tertentu. Warna merah artinya return IHSG negatif. Warna hijau berarti return IHSG positif. 

Anda juga bisa setting data historis IHSG untuk beberapa tahun terakhir. Pada contoh diatas, saya coba setting data historis IHSG 5 tahun terakhir. Namun, anda bisa setting untuk 10 tahun terakhir, atau bahkan sampai diatas 20 tahun terakhir. 

Jadi pada Stockbit, data historis return IHSG bulanan ini sangat lengkap. Berikut kalau saya coba setting 10 tahun terakhir: 


Jika 10 tahun terakhir, maka data IHSG akan tampil selama 10 tahun terakhir, dan menampilkan return setiap bulan. Kemudian perhatikan juga dibawah sendiri pada gambar diatas, terdapat tabel "Up Probability". 

Tabel tersebut berguna untuk melihat probabilitas return IHSG di bulan-bulan tertentu: Apakah IHSG cenderung naik atau turun. 

Misalnya kita ambil bulan September (data 10 tahun terakhir). Pada bulan September, probabilitas IHSG naik sebesar 40%. Itu artinya probabilitas IHSG turun di bulan September lebih tinggi yaitu sebesar 60%. 

Kita ambil contoh lagi bulan Oktober. Probabilitas IHSG naik di bulan Oktober sebanyak 70%. Artinya, kemungkinan IHSG hijau di bulan Oktober lebih besar dibandingkan penurunan, yang probabilitasnya hanya sebesar 30%.  

KEGUNAAN MENGANALISA DATA HISTORIS IHSG 

Analisa data historis membantu investor dan trader untuk menganalisa kecenderungan pergerakan market. Kalau pada bulan-bulan tertentu di mana IHSG sangat sering merah secara historis, misalnya pada bulan November, maka investor atau trader bisa memutuskan untuk lebih waspada membeli saham. 

Atau ketika IHSG sedang turun di bulan-bulan tertentu, investor bisa manfaatkan untuk buy on weakness. Namun perlu diketahui juga, bahwa data historis IHSG ini bukanlah kepastian, tetapi probabilitas.

Probabilitas berarti tidak pasti akan terjadi. Historis tidak 100% terulang, karena adanya probabilitas, itu artinya ada kemungkinan juga untuk tidak terjadi. 

Namun dengan adanya data historis, setidaknya para investor memiliki tambahan "kompas" untuk melihat potensi arah market, sehingga dengan melihat data historis yang ada, investor bisa mempertimbangkan untuk menyusun strategi-strategi akumulasi, menjual saham, ataupun wait and see yang lebih tepat.

Itulah cara mencari data historis IHSG, khususnya data historis per bulan, beserta tahun-tahun return IHSG secara lengkap, yang bisa anda modifikasi sampai puluhan tahun kebelakang.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.