Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Website Saham untuk Belajar Saham

El Heze

Kalau anda belajar saham, anda pasti membutuhkan referensi-referensi sebagai tambahan informasi buat analisa saham, karena di market ada banyak hal yang dapat mempengaruhi pergerakan saham-saham spesifik, sehingga ada baiknya anda belajar dari banyak sumber, supaya pengetahuan analisa market anda lebih komplit.  



Buat anda yang ingin bisa trading dan investasi saham, anda harus membuka akun rekening efek di perusahaan sekuritas atau secara online. Anda bisa baca panduan buka rekening saham secara online disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Pada software online trading bawaan sekuritas, sebenarnya sudah memuat informasi-informasi lengkap buat belajar saham, karena setiap software online trading pasti menyediakan menu chart (untuk analisa teknikal), informasi data-data fundamental perusahaan, news dan lain-lain. 

Tapi mungkin anda masih membutuhkan beberapa aplikasi atau website saham tambahan untuk menunjang belajar saham, dan untuk mendapatkan informasi-informasi market yang lebih komplit. 

Ada beberapa situs atau aplikasi yang bermanfaat buat trader/ investor saham untuk belajar saham. Situs-situs dan aplikasi ini gratis, bisa anda akses kapanpun dan memiliki banyak manfaat. 

1. Trading Economics 

Kalau anda sering trading di saham-saham komoditas (saham-saham batu bara, minyak, CPO), anda bisa melihat informasi harga komoditas real time. Anda bisa melihatnya melalui situs Trading Economics di bagian Commodities. 

Pada web tersebut, ditampilkan seluruh harga komoditas mulai Crude Oil, Mining, Gold, Palm Oil dan lain-lain. Informasi ini penting untuk trader yang sering trading pada saham komoditas, karena seringkali pergerakan saham komoditas mengikuti harga acuan komoditasnya.

Selain itu, di situs Trading Economics juga menampilkan pergerakan market indeks saham dunia, mulai dari indeks saham Wall Street, indeks saham Asia (Seperti Hang Seng, Nikkei dan lain2). 

Melihat informasi pergerakan bursa saham luar negeri juga berguna untuk trader jangka pendek, untuk menganalisa momentum market. Baca juga: Makna Indeks Saham Dunia Bagi Pemain Saham. 

Anda bisa buka link Trading Economics yang menampilkan informasi tentang harga komoditas dan indeks saham dunia disini: 
2. Investing Chart atau Trading View 

Selama ini anda mungkin beranggapan kalau ingin analisis teknikal, anda harus membayar aplikasi buat analisa grafik. Namun ada situs atau aplikasi yang menyediakan analisis teknikal GRATIS, yaitu Investing Chart dan Trading View. Anda bisa langsung ke situs-situsnya berikut: 

Investing Chart dan Trading View adalah situs yang menyediakan tampilan analisis teknikal saham. Anda bisa melakukan analisis saham, mulai dari indikator, candlestick, chart pattern, Fibonacci dan lain-lain. 

Tampilannya sangat lengkap, dan chart real time. Menu free charting ini berguna terutama buat anda yang masih belum sempat buka rekening saham di sekuritas, tetapi anda ingin belajar saham. 

Atau mungkin anda nyaman dengan tampilan Investing dan Trading View, sehingga bisa anda manfaatkan untuk analisis teknikal dan belajar saham lebih banyak. Baca juga: Cara Setting Investing Grafik Saham.

3. RTI Business 

Anda mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi RTI. Aplikasi RTI juga sering digunakan oleh trader, broker, analis saham untuk melihat data-data fundamental perusahaan yang update. 

Yap, aplikasi RTI adalah aplikasi yang menampilkan ringkasan data-data fundamental dan rasio keuangan yang penting untuk investor saham, sehingga bisa anda gunakan untuk melakukan analisa fundamental. 

Anda bisa download aplikasi RTI Business melalui Google Playstore di smartphone masing-masing. Untuk mempermudah setting RTI, anda bisa baca-baca pos berikut: Cara Daftar RTI Business & Data RTI, Cara Setting Indikator di RTI Saham. 

Pada RTI, juga disediakan menu untuk virtual trading. Buat yang baru belajar saham dan ingin virtual trading, bisa manfaatkan keunggulan aplikasi RTI ini. Baca juga: Virtual Trading IDX Gratis. 

Kalau anda ingin melihat ringkasan data-data fundamental, valuas saham (PER atau PBV), melihat harga saham update, analisa broker summary, dan informasi-informasi harga saham lainnya, anda bisa manfaatkan aplikasi RTI real time ini secara gratis. 

Pada aplikasi RTI, anda juga bisa melihat news / berita emiten. Misalnya anda ketikkan kode saham BBNI. Maka anda bisa melihat menu 'News'. Pada menu News, akan ditampilkan berita-berita pada saham BBNI, sehingga anda bisa menganalisa sentimen positif atau negatif pada saham-saham spesifik. 

Penulis juga sering memanfaatkan situs RTI untuk cek data-data fundamental lebih praktis, karena melalui situs RTI ini, penulis bisa menganalisa kinerja fundamental secara ringkas. 

4. Website belajar saham 

Untuk tambahan website belajar saham, anda bisa manfaatkan web Sahamgain.com, buat mendalami analisa-analisa saham, baik ulasan market, analisis teknikal, fundamental, ulasan saham dan pengalaman-pengalaman trading, sehingga anda bisa menambah insight tentang cara-cara analisa saham, dan risiko2 di market yang sebaiknya dihindari. 

Anda juga bisa mendalami analisa-analisa saham untuk praktik trading dan investasi langsung pada ebook-ebook saham berikut: 3 Ebook Saham Pilihan Trader dan Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert.  

Itulah beberapa website saham serta aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk belajar saham (analisa teknikal, analisa fundamental, dan melihat news atau ulasan-ulasan market yang lebih real time).  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.