Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Menebus dan Menjual Right Issue di Sekuritas

Right issue atau sering disebut sebagai Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah hak yang diberikan pada investor lama untuk membeli saham baru di harga tertentu, biasanya dibawah harga pasar. Kita sudah pernah membahas right issue secara lengkap disini: Arti dan Ilustrasi Right Issue, dan Dampaknya ke Harga Saham.


Pada pos ini, kita tidak akan membahas lagi ilustrasi right issue, harga teoretis dan sebagainya. Namun kita akan lebih membahas bagaimana cara menebus dan cara menjual right issue. Saya buat pos ini, karena banyak para pembaca web Saham Gain yang bertanya:

"Pak bagaimana cara menebus right issue?" 
"Di portofolio saya ada Right, gimana cara menebusnya?" 
"Gimana cara jual right issue kalau saya tidak mau menebus right tersebut?" 

CARA MENEBUS RIGHT ISSUE DI SEKURITAS 

Kalau ada perusahaan yang akan melakukan right issue, dan anda menyimpan saham tersebut sampai cum date, maka setelah ex date di portofolio anda akan muncul right dari saham tersebut, yang artinya anda mendapatkan Right atau hak untuk menebus ataupun menjual langsung right saham tersebut. 

Sebagai contoh, BBTN akan right issue. Jika anda memiliki sahamnya sampai ex date, maka keesokan harinya di portofolio akan muncul BBTN-R yang bisa anda tebus ataupun dijual langsung. 

Nah, kalau anda ingin menebus right issue tersebut, maka yang harus anda lakukan adalah anda KONTAK ADMIN / BROKER SEKURITAS ANDA, atau bisa langsung MENUJU WEBSITE RESMI SEKURITAS. 

Karena untuk bisa menebus right issue, di setiap sekuritas memiliki formulir khusus, dan biasanya bisa anda buka langsung melalui website resmi sekuritas. 

Sebagai contoh, kalau di Danareksa Sekuritas, seperti berikut form untuk menebus right issue: https://rights.brights.co.id/. Kalau di Sucor Sekuritas, seperti berikut form untuk menebus right: https://memberarea.sucorsekuritas.com/member/login (Pilih corporate action, right issue). 

Nah, untuk menebus right melalui formulir di website sekuritas, anda tinggal login saja pakai username dan password yang biasa anda gunakan untuk trading di sekuritas. Kemudian anda bisa langsung menebus atau meng-exercise right tersebut. 

Sebagai contoh, saya akan kasih ilustrasi langsung menebus right issue saham BBTN,  melalui website sekuritas (Saya pakai Sucor Sekuritas). Berikut langkah-langkahnya: 

1. Exercise (tebus) right (BBTN-R) yang anda punya

 
Untuk menebus right, anda bisa klik "Exercise". Anda bisa bisa menebus right pada periode yang sudah ditentukan. Pada right issue BBTN, anda hanya bisa exercise rightnya pada periode 28 Desember sampai 5 Januari. Kalau  sudah lewat 5 Januari, maka sudah tidak berlaku. 

Kolom 'Balance', menunjukkan berapa lot right yang anda punya, yang bisa di exercise. Sedangkan Exercise Price mengacu pada harga right yang bisa ditebus. Harga exercise ini sudah ditentukan langsung berdasarkan hasil RUPSLB perusahaan. 

Pada umumnya, harga right akan lebih rendah daripada harga sahamnya di market, tujuannya supaya right issue lebih menarik. Di exercise price 1.200, saat itu harga saham BBTN di reguler market adalah 1.500-an.

2. Tentukan berapa lembar / lot yang mau ditebus (di-exercise)


Setelah anda klik Exercise, maka anda akan diberikan pilihan seperti diatas. Anda bisa menentukan berapa lembar right yang mau anda tebus. Anda boleh menebus semua right yang anda punya, atau sebagian saja. Terserah anda. 

Kemudian ditunjukkan pula initial cash yang anda punya. Sebelum menebus right, anda harus memastikan kalau cash anda mencukupi, karena menebus right itu implikasinya sama dengan MEMBELI SAHAM TERSEBUT, hanya saja pada harga yang lebih rendah daripada harga pasarnya. 

3. Menunggu penebusan right ke saham induk

Setelah anda tentukan jumlah lot yang mau ditebus dan klik 'exercise', maka statusnya adalah 'In-Process'. Status dalam proses ini menunggu penebusan right ke saham induk yang anda punya, biasanya membutuhkan 2-5 hari kerja, tergantung dari tanggal berakhirnya exercise (Exercise End). 

4. Membatalkan penebusan right 

Sebelum 2-5 hari, anda masih bisa membatalkan penebusan right tersebut, selama statusnya masih In-Process. Pada website sekuritas, sudah disediakan menu untuk cancel right. 

Lalu, apa dampaknya kalau anda menebus right tersebut?

Tentu pengaruhnya pada harga rata-rata (average) yang anda punya. Katakanlah anda memiliki saham BBTN sebanyak 200 lot di harga 1.500. Kemudian anda menebus right sebanyak 30 lot di harga 1.200 (yang sudah ditetapkan). 

Maka ketika penebusan right sudah masuk ke saham induk, jumlah saham BBTN anda menjadi 230 lot, dan harga beli saham BBTN anda sekarang bukan lagi 1.500 tetapi turun menjadi 1.460,87. Baca juga: Kalkulator Saham Gratis untuk Hitung Harga Average. 

Itulah mengapa sebagian investor atau trader memilih untuk menebus right issue secara langsung, apalagi jika exercise price-nya jauh dibawah harga pasar. Hal ini akan menurunkan harga beli rata-rata. 

CARA MENJUAL RIGHT ISSUE   

Opsi kedua, anda bisa saja langsung menjual right yang anda punya, tidak perlu ditebus. Apa dampaknya kalau anda langsung menjual right, dalam contoh ini adalah BBTN-R anda?

Kalau anda jual BBTN-R, anda akan langsung profit, di harga berapa pun. Cara menjual right issue, bisa dilakukan melalui SOFTWARE ONLINE TRADING ANDA. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Masuk ke software online trading, kemudian login dengan username dan password yang anda pakai untuk trading

2. Tekan tombol Sell --> ketikkan kode right-nya

Cara menjual right

Misalnya anda ingin menjual right issue BBTN. Maka pada order book, ketikkan BBTN-R, bukan BBTN. Jadi jangan salah ketikkan kode-nya. Ini penting, karena yang mau anda jual adalah right-nya bukan saham induknya. 

3. Jual di Pasar Tunai 

Menjual right issue, bukan dilakukan di pasar reguler, namun di pasar tunai. Jadi, anda harus pilih 'Tunai' terlebih dahulu, jangan pilih 'Reguler'.

Perhatikan lagi order book diatas nomor 1, pada menu 'Board'. Disitu saya sudah pilih untuk pasar 'Tunai'. Jadi pastikan pemilihan jenis pasarnya benar. Kalau anda jual di pasar reguler, tidak akan bisa. 

4. Tentukan harga jual dan jumlah lot

Perhatikan nomor 2 dan 3 pada order book diatas. Anda harus tentukan di harga berapa dan berapa banyak (lot) right yang mau anda jual. 

Misalnya, saya ingin menjual BBTN-R saya pada harga 121 sebanyak 26 lot. Maka tinggal anda tuliskan saja order manualnya di order book. 

Kalau anda jual di harga 121 sebanyak 26 lot, maka profit yang anda dapatkan dari hasil menjual BBTN-R adalah sebesar = Rp314.600 (26 lot x 100 lembar x Rp121). 

PERBEDAAN MENEBUS RIGHT DAN MENJUAL RIGHT

Jadi perbedaan utama menebus right dan menjual right secara langsung, sudah jelas. Kalau anda menebus right, maka penebusan right nantinya akan masuk ke saham induk, yang akan menambah jumlah lot anda, namun akan menurunkan harga beli rata-rata (jika harga right nya dibawah harga pasar). 

Kalau anda menjual right, maka anda akan langsung untung / profit sebesar harga jual dikalikan dengan lembar saham yang anda punya. 

Jadi lebih baik menjual atau menebus right? 

Semua tergantung planning anda. Kalau anda lebih cenderung ke short term view, menjual right secara langsung memang lebih enak, karena anda bisa langsung dapat profit saat itu juga. 

Tapi kalau anda cenderung ke long term view, anda bisa pertimbangkan untuk menebus right yang anda punya, dengan catatan anda harus yakin juga dengan prospek dan fundamental perusahaan kedepan. 

Semoga pos ini bisa menjawab pertanyaan para trader yang masih bingung bagaimana cara meng-eksekusi right. Kalau di portofolio anda nantinya muncul saham dengan kode R di belakang, maka anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.     

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.