Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Beli Saham Bukalapak

El Heze

Bukalapak adalah salah satu perusahaan teknologi dengan market yang cukup besar (sekitar 50-60 triliun, nilainya bisa berubah-ubah tergantung pergerakan harga saham) yang listing di Bursa Efek Indonesia. Karena Bukalapak sudah go public, maka sebagai investor ritel anda bisa membeli sahamnya melalui aplikasi online trading sekuritas. 


Mengacu website resmi Bukalapak, PT Bukalapak.com adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa portal web, yang menyediakan platform perdagangan elektronik (e-commerce), di mana pengguna dapat melakukan transaksi jual beli barang menggunakan fitur-fitur yang disediakan. 

Saya rasa anda semua pasti sudah mengerti tentang Bukalapak, yaitu untuk situs / platform untuk belanja online. Bukalapak sendiri memiliki kompetitor utama yaitu Tokopedia dan Shopee. 

Pada pos ini, kita akan membahas panduan cara beli saham Bukalapak melalui software online trading sekuritas. Sekaligus kita akan belajar cara beli jual saham melalui software online trading untuk pemula yang baru memulai belajar saham. Berikut panduan cara beli saham Bukalapak: 

1. Membuka akun rekening efek di perusahaan sekuritas 

Untuk bisa membeli saham, anda harus membuka akun rekening efek di perusahaan sekuritas terlebih dahulu. Anda tidak harus datang langsung ke sekuritas. Anda bisa membuka akun saham secara online, melalui website resmi sekuritas. 

Sebagai referensi, anda bisa pelajari ebook gratis mengenai langkah-langkah dan cara membuka rekening saham untuk trading, serta rekomendasi sekuritas-sekuritas yang bisa anda pertimbangkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Pilih menu Trade --> Buy 

Kalau anda sudah membuka akun di sekuritas, anda bisa setor modal, login dan kemudian bisa membeli saham. Untuk membeli saham anda bisa pilih menu Trade --> Buy: 


Disini saya menggunakan contoh tampilan software Danareksa Sekuritas Online. Menu beli jual saham di setiap sekuritas biasanya sama, hanya berbeda tampilan saja. Anda bisa sesuaikan. 

2. Setelah itu, akan muncul tampilan order book sebagai berikut: 

Cara Beli Saham Bukalapak

Perhatikan nomor 1. Untuk membeli saham Bukalapak, anda bisa ketikkan kode sahamnya yaitu 'BUKA'. Setelah itu, akan muncul tampilan harga saham Bid dan Offer Bukalapak.

Harga saham Bukalapak terakhir saat itu adalah 510 (pada bid offer diatas). Kalau anda belum paham cara membaca bid offer antrian harga saham, anda bisa perdalam disini: 
Perhatikan nomor 2. Anda bisa menempatkan harga beli dan jumlah lot yang anda inginkan. (sesuaikan dengan modal yang anda punya). Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Katakanlah anda ingin membeli saham BUKA di harga 510 (Harga saat itu) sebanyak 15 lot. Maka modal yang harus anda keluarkan untuk membeli saham BUKA adalah = Rp510 x 15 lot x 100 lembar saham = Rp765.000. 

Jangan lupa untuk menambahkan fee beli. Setiap sekuritas menerapkan fee beli dari saham-saham yang anda beli. Anda bisa baca disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Perhatikan nomor 3. Setelah memasukkan harga beli dan jumlah lot yang diinginkan, anda bisa tekan tombol Buy. Maka anda sudah dinyatakan memiliki saham Bukalapak sebanyak 15 lot. 

Demikian juga caranya sama kalau anda ingin membeli saham-saham yang lain, anda hanya perlu merubah kode sahamnya saja sesuai dengan saham perusahaan yang ingin dibeli. 

4. Analisis grafik / teknikal sebelum membeli saham 

Sebelum membeli saham, khususnya trader saham anda harus melakukan analisis teknikal, yaitu analisa grafik. Kalau anda ingin beli saham BUKA, perhatikan terlebih dahulu chart BUKA: 

Grafik Saham Bukalapak

Kalau anda sering mengamati pergerakan saham Bukalapak selama real time market, pergerakan saham Bukalapak sebenarnya cukup berisiko untuk trader. Saham BUKA sering turun tajam berhari-hari (lihat tanda-tanda lingkaran), dan beberapa kali terkena auto reject bawah. 

Namun setelah turun tajam, seperti saham-saham lainnya, saham BUKA akan diikuti dengan technical rebound. Hanya saja, volatilitas saham BUKA di market sangat tinggi, sehingga kurang cocok untuk swing trader yang ingin hold saham agak lama 1 mingguan. 

Sebelum membeli saham BUKA, ada baiknya anda selalu cek pergerakan analisa teknikalnya, pattern, dan analisa-analisa tambahan, seperti analisa bid offer.

Anda bisa perdalam full praktik dan strategi analisis teknikal untuk memilih saham-saham yang bagus, dan menentukan momen trading yang tepat disini: Ebook Full Analisis Teknikal Saham Pemula - Expert. 

Itulah panduan cara membeli saham Bukalapak.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.