Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham BMRI Stock Split, Peluang Saham BMRI Naik

Saham Bank Mandiri (BMRI) sebentar lagi akan melakukan aksi korporasi stock split dengan rasio 1:2. Artinya 1 lembar saham nominalnya akan dipecah menjadi 2 lembar. Ibarat, anda memiliki 1 lembar uang Rp100.000, kemudian ditukar menjadi 2 lembar uang Rp50.000. 


Jadi jika harga saham BMRI saat ini adalah 10.000, maka setelah stock split nanti akan menjadi 5.000 saja. Stock split tidak akan merubah fundamental perusahaan, tetapi tentu dengan stock split, harga saham di pasar secara nominal akan jadi lebih murah, lebih likuid di market, sehingga lebih terjangkau untuk trader modal kecil. 

Sebagai informasi, BMRI perdagangan baru BMRI menggunakan harga stock split pada tanggal 10 April 2023. Jadi masih 2 bulan lagi sejak saat pos ini ditulis. 

Mengingat BMRI adalah saham perbankan blue chip dengan fundamental yang sangat bagus, maka setelah stock split saham BMRI memiliki peluang besar untuk kembali naik. 

Kita bisa melihat historis stock split saham-saham bank big caps. BMRI bukan pertama kalinya melakukan stock split. BMRI pernah melakukan stock split pada tanggal 14 September 2017. 

Bagaimana pergerakan harga saham BMRI setelah stock split? Anda bisa perhatikan chart historis BMRI setelah stock split tanggal 14 September 2017 berikut: 


Perhatikan tanda lingkaran. Itu adalah hari pertama BMRI melakukan stock split, harga saham BMRI saat itu di kisaran 5.300. Dua minggu setelah stock split, saham BMRI terbang sampai diatas 5.800. 

Walaupun ada koreksi-koreksi kecil, namun sampai 2 bulan, BMRI berhasil bertahan sampai 5.900. Artinya kalau mengacu pada pola historis sebelumnya, pasca stock split harga saham BMRI ada kenaikan sebesar 9-11%. 

Tetapi sebelum stock split, bisa anda perhatikan saham BMRI cenderung mengalami koreksi, walaupun pada tren sebelumnya sempat mengalami strong uptrend. 

BBRI juga pernah melakukan stock split, dan pasca stock split harga sahamnya memang cenderung naik. Anda bisa baca kembali pos yang pernah saya ulas disini: Saham BBRI Stock Split Rasio 1:5 dan Analisis Saham BBRI 1 Bulan Setelah Stock Split. 

Jadi, mengacu pada historis saham-saham big bank yang pernah stock split di tahun-tahun sebelumnya, 1-2 bulan setelah stock split harga sahamnya akan kembali bergerak pada jalur uptrend (dalam kondisi pasar saham normal).

"Oke, jadi bagaimana Pak Heze? Dengan saham BMRI stock split, apakah sekarang waktunya untuk dibeli?" 

Perhatikan kembali, chart BMRI berikut ini: 


BMRI masih bergerak uptrend dan kemungkinan akan menutup gap di 10.000-10.350, dengan support kuat yang nampak jelas pada chart yaitu pada harga 9.900, BMRI cukup lama sideways pada kisaran harga tersebut. 

Mengacu pada harga historis BMRI dan bank-bank big caps lain setelah stock split yang harganya selalu naik, maka saham BMRI layak untuk dikoleksi dari sekarang. 

Namun disarankan untuk tidak all in, karena stock splitnya nanti masih 2 bulan dari sejak pos ini ditulis, sehingga ada kemungkinan saham BMRI akan mengalami koreksi-koreksi sehat terlebih dahulu. 

Kalau anda perhatikan kembali historis BMRI sebelum dan setelah stock split pada grafik pertama, maka BMRI sempat mengalami koreksi harga yang cukup dalam, sebelum akhirnya diangkat naik pasca stock split. 

Berhubung grafik BMRI sekarang lagi naik-naiknya, maka ada baiknya anda yang ingin memanfaatkan momentum positif dari stock split, menunggu saham BMRI koreksi sehat terlebih dahulu, supaya anda bisa dapat BMRI di harga lebih murah. 

Support terdekat BMRI pada harga psikologisnya di 10.000-10.100. Kemudian kalau anda ingin menunggu support yang lebih jelas, perhatikan 9.800-9.900 yang merupakan support yang sering tersentuh dan sideways di area tersebut. 

Harga-harga tersebut bisa menjadi acuan anda untuk melakukan akumulasi pada saham BMRI, sebelum stock split di Bulan April. Manfaatkan momentum koreksi, jangan buy ketika harga sahamnya sedang naik.  

Satu hingga dua bulan setelah BMRI stock split di tahun 2023 ini, kita akan ulas kembali pergerakan harga sahamnya, sehingga ulasan di web Saham Gain ini bisa menjadi referensi anda untuk menganalisa pergerakan historis saham-saham bank big caps lainnya jika akan melakukan stock split. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.