Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Screening Saham yang Efektif

El Heze

Screening saham merupakan proses menyeleksi / memilih saham-saham yang bagus dan layak untuk ditradingkan di market. Screening saham berguna sebagai arah bagi trader, agar trader bisa lebih to the point dalam memilih saham.  


Dengan banyaknya jumlah saham di Bursa Efek, tidak semua saham bagus untuk trading. Anda juga memiliki keterbatasan modal dan kemampuan untuk menganalisa saham. 

Di jam trading, tentu anda tidak mungkin menganalisa semua saham di market, apalagi membeli semua saham. Adanya screening saham, akan membuat anda menjadi lebih selektif dan fokus untuk memilih saham-saham yang bagus buat trading. 

Banyak trader yang melakukan screening saham dengan menggunakan bantuan tool seperti Amibroker, Investing atau aplikasi-aplikasi screening saham lainnya. 

Tetapi dalam praktikknya, banyak trader yang setelah melakukan screening saham, trader bukannya semakin mudah memilih saham. Yang terjadi sebaliknya, trader semakin bingung harus memilih saham apa untuk trading. 

Setelah anda screening saham, anda tetap menemukan puluhan saham, sehingga anda harus melakukan screening lagi. Atau setelah screening menggunakan aplikasi A, ternyata hasil screening sahamnya berbeda dengan aplikasi / software yang lain. Pernahkah anda mengalaminya? 

Screening saham harusnya membuat analisa trading anda menjadi lebih RINGKAS dan EFEKTIF. Tapi jika dengan screening saham anda tetap bingung memilih saham, berarti ada yang salah dengan metode screening anda. 

Trader perlu memahami makna screening saham yang efektif, dan trader harus bisa menerapkan screening saham supaya bisa lebih fokus. Berikut beberapa poin penting tentang screening saham agar screening saham anda bisa lebih ringkas dan efisien: 

1. Hasil screening saham tidak perlu terlalu banyak 

Seringkali setelah screening saham, hasil screening final jumlahnya masih sekitar 40-50 saham. Trader masih harus menyeleksi lagi beberapa saham lagi untuk memilih mana yang terbaik untuk trading. 

Screening saham dapat dikatakan efektif apabila jumlah screening saham anda hanya beberapa sampai belasan saham saja. Jumlah screening saham yang efektif itu sekitar 3-20 saham. 

Kalau setelah screening anda masih menemukan puluhan saham yang harus diseleksi lagi, itu artinya metode screening saham anda perlu diubah. Tujuan screening adalah memudahkan mencari saham2 bagus dengan cara lebih ringkas, bukan sebaliknya. 

Jadi dalam screening saham, sebaiknya masukkan beberapa saham saja ke dalam stock pick anda. Tidak perlu terlalu banyak saham. Hindari memasukkan saham-saham yang anda tidak pahami polanya, atau saham2 yang hanya terlihat lagi ramai dan banyak dibicarakan trader. 

2. Diimbangi screening saham manual 

Screening saham seringkali dilakukan melalui software atau aplikasi tertentu. Tidak ada salahnya anda mau pakai aplikasi khusus buat screening. Akan tetapi, screening saham harus dilakukan secara manual juga. 

Screening menggunakan aplikasi tertentu terkadang hasil penyaringan sahamnya masih terlalu banyak, dan seringkali trader tidak paham apakah saham2 yang ada di dalam screening tersebut polanya benar-benar bagus atau tidak. 

Nah, dengan menerapkan screening saham manual, anda akan lebih paham saham-saham apa yang pola-nya bagus dan tidak, karena screening saham manual berarti anda juga menganalisa chart dan pola saham-saham menggunakan sistem analisa teknikal yang anda gunakan untuk trading. 

Anda bisa pelajari 2 cara screening saham disini: 2 Cara Melakukan Screening Saham.  Dalam screening saham manual, anda bisa lebih selektif memilih saham, karena anda melihat sendiri saham2 yang polanya bagus dan tidak, jadi anda bukan hanya mengandalkan software / aplikasi. 

Saham-saham yang sudah sering anda tradingkan, saham-saham yang anda pahami polanya, saham2 yang mudah anda analisa support resistennya bisa dimasukkan ke dalam analisa screening saham, sehingga anda tidak perlu terlalu repot mencari saham-saham di luar trading plan anda.  

3. Screening dari indeks saham tertentu 

Kalau anda merasa screening saham manual terlalu banyak, anda bisa fokus menyaring saham dari indeks-indeks saham tertentu, karena jumlah saham di suatu indeks biasanya tidak terlalu banyak, dan sudah diseleksi oleh Bursa Efek berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.

Misalnya anda ingin fokus trading di saham-saham Syariah. Anda bisa screening saham yang ada di indeks Jakarta Islamic Indeks dan lihat saham-saham yang chart dan polanya bagus. 

Atau kalau anda ingin trading di saham-saham yang likuid, anda bisa fokus screening khusus saham-saham LQ45 dulu, jadi pilihan saham anda tidak terlalu melebar. Nah, nanti dalam perjalanan trading, anda bisa mengembangkan screening ke saham-saham diluar LQ45. 

Anda bisa screening dari indeks IDX30 jika anda ingin fokus ke saham-saham yang likuiditasnya tinggi dan fundamentalnya baik. Dengan cara ini, screening anda bisa lebih fokus. 

4. Screening saham bisa diterapkan untuk trader sibuk  

Screening saham bertujuan memudahkan anda untuk lebih fokus dalam trading, agar bisa menghasilkan profit konsisten. Jadi screening saham harus bisa diterapkan untuk part time trader juga, khususnya buat trader sibuk yang tidak punya banyak waktu memantau market.

Saya seringkali melihat metode-metode screening saham yang hanya diterapkan untuk market real time. Tentu saja cara ini tidak akan efektif buat trader sibuk. Screening saham harus bisa diterapkan juga setelah closing market, karena screening saham harusnya bisa memberikan fleksibilitas waktu dan analisa kepada trader. 

Jadi hilangkan juga anggapan-anggapan kalau screening saham harus dilakukan pada saat real time market. Kalau anda tidak punya banyak waktu memantau pasar saham, lakukan screening saham pada saat jam bursa saham tutup. 

Screening saham pada saat weekend pun juga tidak masalah. Justru pada saat anda lagi santai, anda bisa lebih rileks melakukan analisa-analisa saham. Itulah yang sebenarnya ingin ditekankan dari screening saham.  

Bagaimana cara melakukan screening saham yang simpel, praktik dan efektif untuk semua level trader? 

Buat para trader yang ingin bisa menerapkan screening saham dengan cara-cara yang praktis, simpel, efektif dan bisa diterapkan untuk semua level trader, anda bisa perdalam cara-cara screening saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.