Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trader Saham Sukses

Definisi trader saham sukses menurut kebanyakan orang adalah bisa kaya dari saham, bisa hidup dari trading / investasi, bisa menjadikan saham sebagai penghasilan utama. Karena banyak trader menggunakan ukuran-ukuran tersebut sebagai patokan sukses di pasar saham, tidak sedikit trader yang mencari cara agar bisa mencapai tujuan tersebut.


Banyak trader yang mencari grup-grup premium. Banyak trader yang coba trading dengan mengikuti sinyal dari "para master" di saham dengan tujuan mencapai tujuan kaya dari saham. 

Sayangnya, mayoritas trader justru terjebak dalam situasi tersebut. Trader awalnya ingin cepat kaya, ingin cepat sukses, tetapi tidak dibarengi ilmu pengetahuan yang baik tentang pasar saham dan hanya mengikuti "arah angin" di pasar saham. 

Pada akhirnya trader mengalami kerugian besar. Kalau anda menganggap ukuran trader saham sukses adalah trader yang bisa kaya dari saham, dapat duit banyak di saham, ukuran-ukuran tersebut nggak salah. Kita semua ingin mendapatkan profit dan imbal hasil yang besar baik melalui trading ataupun investasi saham 

Namun untuk menjadi trader saham sukses, anda juga harus punya pengetahuan yang benar. Anda bisa dikatakan sebagai trader sukses, ukurannya bukan hanya sekedar cepat kaya, bisa beli mobil, beli rumah dari saham. 

Untuk menjadi trader sukses, anda tidak harus menjadi orang terkenal. Untuk menjadi trader sukses, anda tidak harus memulai dengan modal puluhan - ratusan juta. Seorang trader bisa dikatakan sukses apabila:
  • Modal awal anda berkembang 
  • Bisa memperkecil kerugian / cut loss di market 
  • Bisa dapat profit lebih konsisten
  • Sudah bisa menciptakan sistem trading yang jelas 
  • Bisa trading mandiri (Tidak 
5 kunci utama inilah yang sebenarnya menentukan apakah anda sekarang bisa dikatakan sebagai trader saham sukses atau belum. 5 hal ini ini berkaitan dengan pondasi trading yang kuat. Seperti yang kita ulas diatas tadi, bahwa trader saham sukses bukan hanya dilihat dari ukuran cepat kaya, jadi orang terkenal, bisa hidup dari saham saja. 

Tetapi 5 hal penting ini yang harus anda perhatikan. Mengapa? Karena faktanya banyak sekali trader yang awalnya bisa untung besar di saham. Tetapi karena trader tidak memiliki pondasi trading yang kuat, trader tidak punya sistem trading sendiri, akhirnya profit yang didapatkan trader tidak bertahan lama.  

Trader bisa untung besar namun pada trading2 selanjutnya mengalami kerugian signifikan, karena tidak paham cara meminimalkan kerugian, screening saham-saham yang layak trading. 

Saya juga sering menemukan trader saham yang sudah trading 1-2 tahun, tetapi masih belum bisa menggunakan analisa teknikal untuk mengambil trading decision dengan benar.

Inilah mengapa hanya sekedar bisa profit besar bukanlah jaminan anda dikatakan sebagai trader saham sukses. Pertanyaannya, berapa lama anda bisa profit? Kalau 1 bulan anda bisa profit besar, namun di bulan2 setelahnya anda mengalami kerugian dan modal anda berkurang banyak, maka anda belum bisa dikatakan sebagai trader sukses. 

Sekarang anda tinggal evaluasi saja hasil trading anda. Apakah ada perkembangan dalam trading yang anda jalankan, sejak pertama kali anda membeli saham sampai sekarang? 

Katakanlah anda dulu pakai modal awal trading Rp1 juta.. Berapa sekarang modal anda? Apakah sudah berkembang lebih banyak? Atau modal anda sekarang justru berkurang karena sering cut loss? 

Katakanlah anda dulu sering rugi. Bagaimana kondisi sekarang? Apakah rugi anda sudah mulai kecil? Atau malah sebaliknya? 

Apakah sekarang anda sudah lebih bisa memilih saham yang menguntungkan dibandingkan dulu saat pertama kali trading? 

Setiap dari anda, tidak peduli anda pakai modal kecil atau modal besar. Tidak peduli apapun profesi anda sekarang. Anda orang terkenal atau tidak. Semua trader PUNYA KESEMPATAN UNTUK MENJADI TRADER SAHAM SUKSES. 

Menjadi trader saham sukses, ukurannya bukan orang lain, tapi diri anda sendiri. Kalau modal anda Rp1 juta bisa berkembang jadi Rp2 juta, berarti anda adalah TRADER SAHAM SUKSES. Anda bisa mengelola modal dengan benar, sehingga modal berkembang.  

Kalau dulu anda bingung gimana cara milih saham yang baik untuk trading, tapi sekarang anda sudah paham saham-saham apa yang mau anda tradingkan. Maka dapat dikatakan anda adalah TRADER SAHAM SUKSES. 

Kalau dulu anda sering rugi, sekarang cut loss anda mulai sedikit dan lebih banyak dapat profit. Dapat dikatakan anda adalah TRADER SAHAM SUKSES. 

Kalau dulu anda tidak paham cara kombinasi analisa teknikal, tidak mengerti cara menentukan sistem trading yang simpel, dan sekarang anda bisa memilih kombinasi analisa saham secara mandiri, dapat dikatakan anda TRADER SAHAM SUKSES. 

Kalau dulu anda selalu mengikuti arahan trader lain sebelum beli saham, anda beli saham dengan mengikuti "para pakar", anda mencari grup-grup premium, tapi sekarang anda sudah bisa memilih saham mandiri, anda dapat dikatakan TRADER SAHAM SUKSRS.  

Sekali lagi, ukuran trader saham sukses adalah diri anda sendiri, yaitu membandingkan kinerja trading anda di masa lampau dengan hasil trading yang sekarang. Jika hasil trading anda berkembang kearah lebih baik, anda bisa trading mandiri, maka anda adalah trader saham sukses. 

Artinya, setiap dari anda punya kesempatan untuk menjadi trader saham sukses. Anda tidak harus menjadi sangat kaya untuk bisa dikatakan sukses. Ukuran-ukuran diatas juga menentukan tingkat kesuksesan anda di pasar saham dengan cara dan ukuran yang lebih realistis. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.