Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

6 Strategi Investasi Saham dengan Modal Terbatas

El Heze

Banyak anggapan kalau investasi saham itu membutuhkan modal besar. Padahal dengan modal kecil, anda sudah bisa investasi saham. Tidak semua orang memiliki modal besar untuk memulai investasi. Faktanya, sangat banyak investor saham di Indonesia merupakan investor pemula yang mulai terjun ke pasar saham dengan modal kecil. 


Saya beberapa kali mendapat pertanyaan mengenai cara investasi dengan modal kecil. Banyak investor yang hanya modal idle money Rp5 juta, Rp2 juta atau bahkan dibawah itu sebagai modal awal. 

Oleh karena itu, supaya modal kecil yang anda tanamkan di saham bisa membuahkan keuntungan maksimal, anda harus menggunakan strategi investasi yang benar. 

Ada beberapa strategi investasi efektif yang bisa anda terapkan dengan modal kecil / modal terbatas. Berikut strategi-strategi investasi dengan modal kecil:  

1. Gunakan strategi nabung saham 

Satu-satunya cara investasi saham dengan modal kecil adalah menerapkan strategi NABUNG SAHAM. Nabung saham merupakan strategi investasi saham dengan cara bertahap atau nyicil, dan biasanya dilakukan secara rutin setiap bulan. Jadi katakanlah bulan ini anda punya modal Rp1 juta. 

Maka anda bisa investasikan modal Rp1 juta tersebut untuk investasi saham yang bagus. Setelah itu, bulan depan anda sudah memiliki modal lagi katakanlah sebesar Rp800 ribu. Maka anda bisa memasukkan modal Rp800 ribu untuk menambah porsi di saham yang sama yang anda anda investasikan.  

Jadi anda tidak harus menunggu punya duit gede dan banyak untuk investasi di saham tertentu. Anda bisa menerapkan sistem nabung saham, dengan menginvestasikan saham secara bertahap, menggunakan modal kecil, dan beli saham secara rutin. 

Nabung saham juga lebih fleksibel, di mana anda tidak harus memaksakan nabung saham secara rutin kalau memang modal anda belum ada, sehingga nabung saham tidak menjadi beban buat anda. 

Tentu saja nabung saham harus dilakukan dengan strategi yang benar, supaya anda hasil investasi bisa lebih maksimal. Anda bisa pelajari strategi2 nabung saham yang benar disini: Cara Investasi / Nabung Saham yang Benar dan Nabung Saham, Kok Tambah Rugi?

2. Sisihkan pendapatan anda untuk investasi saham 

Buat anda yang punya modal kecil, anda harus mengelola keuangan dengan baik. Kalau anda bekerja full time di kantor, sisihkan gaji anda untuk investasi saham. 

Sebaiknya anda mengelola pengeluaran-pengeluaran yang kurang diperlukan, agar anda bisa menyisihkan uang / menabung lebih banyak dari gaji atau pendapatan yang anda peroleh dari bekerja. 

Semakin banyak tabungan / idle money, maka semakin besar kesempatan anda untuk menambah modal investasi. 

3. Tetap perdalam analisa fundamental 

Walaupun anda investasi dengan modal kecil, anda harus tetap memperdalam analisa fundamental. Analisa fundamental merupakan analisa utama yang dibutuhkan investor untuk memilih saham-saham bagus untuk jangka panjang. 

Sebagai referensi tambahan, anda bisa perdalam lebih banyak seluruh materi dan praktik analisa fundamental yang dibutuhkan oleh seluruh investor saham disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

Banyak pemula dengan modal kecil yang acuh tak acuh terhadap analisis fundamental karena investor pemula berpikir: "Nggak apa-apa kan cuma modal kecil, kalau saham saya turun masih nggak terasa dibandingkan pakai duit gede. Yang penting beli saham yang kelihatan menarik dulu saja."

Mindset ini tentu saja keliru. Tujuan kita investasi saham adalah untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, baik modal kecil ataupun modal besar, anda harus fokus pada analisa fundamental. 

Kalau anda belum memahami ilmu analisa fundamental, jangan nekad terjun ke dunia investasi saham. Berapapun modal yang anda gunakan bisa rugi apabila anda memilih saham yang salah / tidak tepat. 

4. Tentukan tujuan investasi   

Tujuan investasi akan menentukan fokus analisa dan pemilihan saham, karena setiap sektor saham memiliki tipikal pergerakannya masing-masing. Kalau tujuan anda investasi adalah untuk mendapatkan passive income, pilihlah saham2 yang rajin bagi dividen rutin dan perusahaan2 yang sudah mapan di sektornya. 

Kalau tujuan investasi adalah untuk mendapatkan multi bagger profit, pilihlah saham-saham yang sedang booming dengan fundamental bagus (Growth company).

Kalau tujuan anda investasi adalah memilih saham-saham yang sangat murah secara fundamental, pilihlah saham dengan fundamental bagus yang valuasinya lagi murah.

Dengan menentukan tujuan investasi, anda akan mengetahui tipe dan sektor saham apa yang sebaiknya dipilih, sehingga anda tidak random dalam memilih saham. 

Jangan sampai karena anda masih pakai modal kecil, anda berpikir bahwa investasi bisa dilakukan asal-asalan. Padahal justru dari modal kecil itulah merupakan langkah awal anda untuk membangun mindset investasi yang benar. Kalau langkah awal anda bagus, kedepan anda bisa mengambil keputusan investasi yang lebih berkualitas.      

5. Sedikit diversifikasi

Dengan modal kecil, sebaiknya anda melakukan sedikit diversifikasi, maksimal investasikan pada 2 saham saja. Dan kalau memungkinkan, cobalah untuk fokus pada 1 saham dulu (Strategi konsentrasi). 

Karena kalau modal anda masih sedikit dan anda menerapkan sistem nabung saham, diversifikasi sampai 3-5 saham tidak akan efektif. Lebih baik fokuskan pada sedikit saham, supaya jumlah lot saham anda bisa berkembang lebih cepat, dibandingkan anda diversifikasi banyak saham, tetapi tiap saham anda hanya punya beberapa lot. 

Nabung saham juga bisa lebih fokus dilakukan jika diversifikasi tidak terlalu banyak, karena anda bisa lebih mudah memantau perkembangan saham yang anda incar / yang anda tabung saat itu. 

6. Strategi compounding 

Strategi compounding adalah menambah modal melalui profit atau dividen yang anda dapatkan. Strategi ini sangat efektif diterapkan oleh investor dengan modal kecil, karena anda bisa mendapatkan tambahan modal tanpa harus 'suntik dana'. 

Katakanlah anda investasi di saham BBRI. Kemudian anda mendapatkan dividen tahunan dari saham BBRI. Nah, dividen yang anda dapatkan anda investasikan kembali untuk menambah porsi / lot saham BBRI. 

Jadi dividen yang didapatkan dari saham BBRI tidak anda withdraw atau anda gunakan untuk kebutuhan pribadi, tetapi diinvestasikan lagi untuk membeli saham BBRI. Baca juga: Strategi Investasi / Trading, Tapi Modal Terbatas. 

Itulah 6 strategi investasi saham yang bisa anda terapkan jika anda memiliki modal kecil / terbatas. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.