Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Candlestick Pattern: Evening Star Candlestick

Dalam analisis candlestick, ada istilah candlestick pattern: Evening star candlestick. Istilah candlestick pattern ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian trader, karena biasanya istilah2 candlestick umum yang sering muncul biasanya seperti doji, hammer. Namun anda perlu memahami candlestick pattern yang satu ini. 


Karena pola evening star candlestick bisa menjadi acuan trader untuk mengambil trading decision di market. Evening star merupakan pola reversal (pembalikan arah), yaitu bearish reversal. 

Kalau anda menemukan pola ini, artinya saham tersebut berpotensi berubah arah dari naik (bullish) menjadi turun (bearish) atau bearish reversal. Berikut adalah evening star candlestick pattern: 

Evening Star Candlestick

Berikut adalah ciri-ciri evening star candlestick: 
  • Format 3 candlestick 
  • Diawali dengan kenaikan / tren naik harga saham (bullish) 
  • Candle pertama berwarna hijau, dengan body candle yang lebih panjang 
  • Candle kedua bisa berwarna hijau dan merah 
  • Candle kedua memiliki body yang kecil dibandingkan candle pertama dan ketiga
  • Candle kedua bisa merupakan gap up dari candle kedua, dan candle kecil yang muncul di ujung tren naik
  • Candle ketiga merupakan candlestick merah (bearish) dengan body yang lebih panjang dari candle kedua
  • Candle ketiga dan pertama memiliki panjang body candle yang kurang lebih sama
  • Merupakan pola bearish reversal 
Ketika anda menemukan evening star, maka trader disarankan untuk take profit (jual saham). Bagi yang belum punya sahamnya, disarankan untuk wait and see dan tidak terburu open posisi buy, karena pola ini menunjukkan pola pembalikan arah dari tren naik (bullish) menuju penurunan (bearish). 

Kenapa bentuk evening star candlestick disebut sebagai bentuk candlestick yang menunjukkan pola bearish reversal? 

Hal ini karena harga saham di candle pertama adalah naik (hijau) dengan body yang panjang. Ini artinya pada candlestick pertama terjadi tekanan bullish alias minat beli yang tinggi dari pelaku pasar. 

Akan tetapi, pada candlestick kedua muncul dengan body yang kecil. Ini menunjukkan bahwa minat pasar di saham tersebut semakin kecil. Terlihat dari adana body candle yang tipis pada candle kedua. 

Kemudian candle ketiga muncul candle merah dengan body panjang. Ini menunjukkan bahwa tekanan bearish sudah mendominasi cukup tinggi, di mana banyak pelaku pasar yang menjual saham. 

Dengan munculnya pola ini di ujung tren naik, membuat pola evening star candlestick menjadi pola konfirmasi potensi pembalikan arah menjadi tren turun, dengan munculnya candle ketiga sebagai candle bearish yang tinggi. 

EVENING STAR CANDLESTICK PATTERN

Berikut adalah contoh pola evening star candlestick pada grafik saham: 


Perhatikan yang saya beri tanda persegi pada grafik saham PGAS diatas. Itu adalah pola evening star candlestick, di mana sebelumnya terbentuk tren naik saham PGAS. Kemudian muncul candle pertama berwarna hijau panjang. Posisi candle kedua lebih tinggi dari candle pertama, namun dengan body kecil. 

Kemudian candle ketiga dengan body panjang, posisinya hampir sejajar dengan candle pertama, namun dengan warna merah yang menunjukkan minat bearish tinggi. 

Perhatikan harga saham PGAS setelahnya. Yap, anda bisa lihat terjadi koreksi yang cukup signifikan pada saham PGAS setelah membentuk pola evening star candlestick. Sehingga pola 3 candle ini sebaiknya anda waspadai, apabila anda menemukan pola ini di ujung tren naik suatu saham.   

EVENING STAR DOJI CANDLESTICK  

Pola evening star juga bisa membentuk pola doji pada candle keduanya. Jika candle kedua pada evening membentuk doji, maka pola tersebut dinamakan evening star doji candlestick. Berikut patternya: 
Evening doji star candlestick

Evening star candlestick dengan evening star doji candlestick cara interpretasinya sama saja. Hanya bedanya pada evening star doji, candle keduanya berbentuk doji. 

Biasanya pola evening star sering kita temukan dalam bentuk doji juga, karena candle doji itu body-nya tipis, sehingga berpotensi terbentuk pada body candle kedua candlestick. 

Adanya doji di ujung kenaikan tren menunjukkan sinyal koreksi, sehinga pola evening doji star adalah sinyal kuat yang diberikan pada trader bahwa harga saham sudah ada potensi untuk turun dari ujung tren naiknya. 

Berikut adalah contoh pola evening doji star candlestick pada grafik saham: 


Perhatikan yang saya beri tanda lingkaran pada saham UNTR diatas. Itulah pola evening star doji. Sangat mirip dengan pola evening star candlestick (dan sebenarnya keduanya sama saja). 

Hanya bedanya, perhatikan pada candle kedua saham UNTR membentuk pola doji. Tidak lama kemudian saham UNTR melanjutkan kembali penurunan dan cenderung sideways.  

Itulah penjelasan tentang evening star candlestick, contoh pola-nya pada grafik saham beserta cara interpretasi evening star candle untuk trading saham. Semoga bermanfaat. SALAM PROFIT. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.