Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Profit Trading Harian Saham

El Heze

Beberapa waktu lalu, di pos ini: Strategi Mendapatkan Profit Trading Harian, kita sudah membahas contoh cara trading dan eksekusi strategi trading harian / intraday trading saham. Pada pos tersebut kita membahas contoh intraday trading saham ERAA yang penulis terapkan.


Dapat disimpulkan bahwa trading harian tidak harus dilakukan dengan cara mencari saham-saham gorengan, saham pom pom, saham-saham ARB, tetapi anda bisa memilih saham-saham yang pergerakannya bagus & likuid. 

Kita juga sudah membahas full praktik & strategi memilih saham-saham bagus untuk trading harian saham, plus analsia tape reading, cara-cara memaksimalkan profit trading cepat disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.

Penulis baru-baru ini juga mentradingkan saham di sektor mining, yaitu saham ADRO. Kenapa memilih saham ADRO? Karena mayoritas saham di sektor mining lagi turun. 

Saham-saham seperti ADRO, PTBA, INDY, DOID, ITMG lagi koreksi tajam. Tapi penulis disini lebih memilih ADRO karena berdasarkan analisa bid offer dan fluktuatif harga saham harian, pergerakan saham ADRO relatif lebih cepat dibandingkan saham-saham mining lainnya. 

Sehingga saya lebih fokus ke saham ADRO untuk trading cepat. Yap, penulis membeli saham ADRO pada tanggal 20 Agustus di harga 1.265, dan menjual ADRO keesokan harinya tanggal 23 Agustus (21 & 22 Agustus adalah hari Sabtu dan Minggu) secara betahap pada harga 1.285 dan 1.315. Berikut rincian trading harian saham ADRO yang penulis terapkan: 

Profit Trading Harian Saham


Net profit yang penulis dapatkan dari trading harian ADRO (Setelah dikurangi fee trading) adalah sebesar 1,13% dan 3,5% dalam waktu 1 hari trading. 

Itulah contoh cara melakukan trading harian saham, di mana anda bisa menerapkan strategi membeli saham-saham likuid, analisa momentum trading dan mengincar take profit dengan target 1-3%-an. 

Para trader yang ingin mendalami analisa dan cara-cara memilih saham yang bagus buat trading cepat, analisa momentum intraday dan analisa tape reading, anda bisa pelajari full praktikknya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.

Ingat bahwa trading harian memiliki frekuensi trading yang relatif lebih banyak dibandingkan swing trading. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengincar target profit yang tidak terlalu tinggi. 

Target profit intraday di kisaran 1-3% sudah cukup besar karena frekuensi trading anda lebih sering, sehingga kalau anda bisa mendapatkan profit di kisaran 1-3% maka total profit anda juga pasti akan besar, dan tidak kalah banyak dibandingkan trend following trader. 

Perlu diingat juga, trading harian tidak harus dilakukan setiap hari. Hal ini karena tidak setiap saat kondisi market dan saham bagus untuk trading. 

Selain itu, kondisi psikologis setiap orang bisa berbeda-beda. Saat itu anda mungkin sedang tidak mood trading. Atau anda merasa bahwa anda sudah terlalu banyak trading, sehingga anda mulai merasa overtrading. 

Saat-saat itulah anda harus mulai mempertimbangkan untuk istirahat sejenak dari aktivitas trading. Dalam trading harian, anda harus benar-benar menyeimbangkan kondisi PSIKOLOGIS dan AKTIVITAS TRADING. 

Dengan frekuensi trading yang lebih banyak. Dengan analisa saham yang lebih sering, tentu hal ini bisa menimbulkan overtrading, jika anda tidak mengontrol aktivitas trading dengan baik dan terukur. 

Intinya, keseimbangan (balance) aktivitas trading akan meningkatkan kualitas analisa trading anda. Buat anda yang ingin trading harian, ada beberapa analisa penting yang harus anda terapkan: 
  • Analisis teknikal
  • Analisa tape reading
  • Analisa momentum market  
Carilah saham-saham yang pergerakannya likuid, yang momentum dan analisa teknikalnya bagus dan mendukung untuk trading. Seperti contoh trading harian saham ADRO diatas, di mana saya memprioritaskan saham yang pergerakannya bagus dan berpotensi naik cepat. 

Mengelola modal untuk trading, bisa anda bagi ke dalam beberapa strategi trading. Misalnya 50% modal untuk trading harian, dan 50% modal untuk swing trading, atau 65% trading harian sisanya swing trading, atau anda bisa atur strategi trading sendiri yang sesuai dengan karakter masing-masing. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.