Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisa Teknikal Saham BBCA

El Heze

Beberapa waktu lalu, saya mendapat pertanyaan dari rekan trader tentang pergerakan chart saham BBCA. Trader ingin membeli saham BBCA tetapi tren harganya terus turun. Padahal selama ini, saham-saham besar seperti BBCA punya pergerakan dan tren harga yang cukup baik. 

 

BBCA termasuk saham perbankan yang paling likuid dan punya market cap besar. Dan rencananya, BBCA juga akan stock split sehingga dengan stock split, harga sahamnya nanti diharapkan akan lebih ramai dan terjangkau para trader. 

SAHAM BBCA, TIPIKAL "SAHAM DEFENSIF" 

Dalam praktikknya, pergerakan teknikal saham BBCA ini termasuk dalam "saham defensif". Saya beri tanda kutip karena perbankan sendiri sebenarnya bukanlah sektor defensif. Sektor perbankan sangat sensitif terhadap sentimen market. Tetapi kalau kita perhatikan tren saham BBCA berikut: 


Selama tren 2 tahun, saham BBCA terlihat tidak banyak mengalami perubahan tren secara drastis / signifikan. Hanya pada tanda lingkaran sempat turun tajam. Tapi nggak lama kemudian sahamnya naik lagi. 

Kenaikannya pun tidak terjadi secara tiba-tiba. Tetapi bertahap dan stabil. Salah satu alasan mengapa secara teknikal saham BBCA ini geraknya agak lama dan stabil, bisa jadi karena fundamental BBCA yang baik, sehingga investor lebih nyaman menyimpan saham BBCA ketimbang mentradingkan secara harian. 

Tapi tren stabil saham BBCA yang stabil juga bisa jadi karena harga sahamnya yang relatif mahal, sehingga trader2 ritel malas masuk di saham BBCA karena nominal harganya mahal. 

Nah, kalau saham BBCA nanti stock split, ada kemungkinan pola fluktuatif-nya akan berubah jadi jauh lebih cepat. Sama seperti saham BBRI dulu. Sebelum stock split tahun 2017, saham BBRI sempat menyentuh harga 14.000-15.000. 

Fluktuatif saham BBRI lambat. Tapi setelah stock split menjadi 3.000, harga saham BBRI jadi jauh lebih atraktif dibandingkan saat harganya masih mahal. Jadi untuk saham BBCA ini, sangat mungkin akan terjadi perubahan pola saham jika stock split. 

CHART SAHAM BBCA - TREN TURUN 

Banyak yang mengatakan kalau saham BBCA itu selalu naik dalam jangka panjang... Siapa bilang? Lihat chart BBCA selama 6 bulan: 

Analisis Teknikal Saham BBCA 

Perhatikan sealam 6 bulan, terlihat jelas tren saham BBCA turun drastis. Tapi karena saham BBCA bukan saham abal-abal di market, di dalam tren turun selalu ada technical rebound yang cukup jelas, dan terjadi berulang kali. 

Walaupun terjadi penurunan tren, saham BBCA juga tetap ramai dan likuid. Sebagai trader, penurunan tren saham BBCA sebenarnya juga bisa dimanfaatkan buat trading jangka pendek. 

Kalau kita perhatikan chart diatas (Tanda-tanda persegi), bisa kita lihat setelah saham BBCA turun beberapa hari, atau setelah turun dan sideways beberapa hari, tidak lama kemudian saham BBCA selalu naik. Dan kenaikannya bisa lebih dari sehari. 

Sehingga, kalau saham BBCA ini sudah murah, anda bisa pertimbangkan untuk trading dan menyimpan saham BBCA diatas 1 hari sampai dibawah 1 minggu jika tren saham BBCA sedang turun.

Pelajari juga cara-cara menemukan saham yang sudah murah secara teknikal, dan berpotensi naik disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

BELI SAHAM BBCA SAAT MURAH UNTUK SWING 

Kalau saham BBCA sudah turun drastis dan mulai sideways panjang di harga bawah, seperti pada contoh pola berikut: 


Perhatikan tanda persegi, di mana ketika BBCA sudah turun tajam dan mulai sideways, cepat atau lama BBCA bisa rebound, dan bisa kita lihat rebound saham BBCA terjadi lebih dari satu hari. 

Tipikal saham BBCA ketika naik biasanya bisa berlangsung diatas 1 hari walaupun tidak selalu (Karena tergantung kondisi marketnya saat itu juga). Tapi kalau IHSG lagi naik / rebound dan saham BBCA memang sudah murah secara teknikal, maka kenaikan saham BBCA ini biasanya bisa berlangsung lebih lama.

Kesimpulannya, saham BBCA adalah saham yang likuiditasnya baik, meskipun harganya agak mahal dan tren-nya stabil. Di satu sisi, tidak ada saham kebal koreksi. Demikian pula dengan saham BBCA yang sudah kita bahas. BBCA juga mengalami penurunan tren secara drastis. 

Sebagai trader, justru penurunan harga saham merupakan kesempatan untuk serok sahamnya di harga bawah dan anda bisa gunakan strategi trading dengan time frame sedikit agak panjang diatas 3 harian, karena biasanya saham BBCA ketika rebound kenaikannya bisa lebih lama. 

Namun perhatikan juga kondisi dan momentum IHSG saat itu, karena pergerakan saham BBCA sangat mirip dengan IHSG dikarenakan BBCA adalah saham market cap besar yang dapat memberikan pengaruh signifikan pada IHSG.  

Tapi kalau anda bertujuan investasi jangka panjang, anda bisa terapkan strategi nabung saham, yaitu ketika harga saham BBCA sudah mulai turun anda bisa buy sahamnya secara bertahap, sehingga harga rata-rata anda lebih murah. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.