Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari CSR dalam Laporan Keuangan

Perusahaan go public memiliki kewajiban untuk menyampaikan laporan tanggung jawab sosial alias Corporate Social Responsibility (CSR). Sebagai perusahaan go public, investor juga perlu mengetahui kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan yang dapat memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan lingkungan. 



Hal ini karena bisnis yang dijalankan perusahaan go public tidak hanya berorientasi profit, tetapi juga harus dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat. 

Anda mungkin juga ingin mencari laporan CSR perusahaan untuk kepentingan tertentu, misalnya untuk analisa penelitian anda atau hal-hal lainnya. 

Di pos ini kita akan bahas bagaimana cara mencari laporan CSR perusahaan. Berikut cara mencari laporan CSR dalam laporan keuangan: 

1. Buka situs Idx.co.id

2. Masuk ke menu Perusahaan Tercatat --> Laporan Keuangan dan Tahunan


3
. Kemudian muncul tampilan sebagai berikut: 


Perlu anda perhatikan bahwa laporan CSR tidak ditampilkan di laporan keuangan, tetapi ditampilkan pada LAPORAN TAHUNAN (Annual report). Jadi pilihlah menu Laporan Tahunan, bukan laporan keuangan (Laporan tahunan perusahaan di dalamnya sebenarnya juga memuat laporan keuangan). 

Kemudian masukkan kode atau nama perusahaan yang ingin anda cari laporan CSR-nya. Misalnya anda ingin mencari laporan CSR perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), maka ketikkan kode saham AALI atau nama perusahaannya. Setelah anda klik 'Cari', maka akan muncul PDF laporan tahunan perusahaan seperti berikut: 


Anda bisa download langsung PDF Annual Report-nya, setelah itu silahkan buka file-nya. Perlu anda ketahui, bahwa laporan tahunan / annual report bukan hanya berisi laporan CSR, tetapi berisi semua informasi keuangan, tata kelola, kinerja perusahaan dan termasuk laporan CSR itu sendiri.

Untuk memudahkan menemukan laporan CSR, anda bisa masuk ke daftar isi. Biasanya laporan CSR ditampilkan pada bagian akhir sebelum laporan keuangan perusahaan. Sebagai contoh, perhatikan laporan tahunan AALI berikut: 

Cara mencari CSR dalam laporan keuangan

Laporan CSR biasanya ditulis sebagai 'Tanggung Jawab Sosial Perusahaan'. Disitu anda bisa melihat secara lengkap kegiatan-kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Seperti ini contoh laporan CSR-nya: 


Cara mencari laporan CSR juga sama dengan perusahaan-perusahaan lain. Itulah cara mencari CSR dalam laporan keuangan. Semoga bermanfaat untuk anda. 

SUSTAINABILITY REPORT 

Kedepan, perusahaan go public diwajibkan untuk menyusun laporan keberlanjutan (Sustainability report). Laporan keberlanjutan ini sebenarnya hampir sama dengan laporan CSR tetapi jauh lebih lengkap isinya. 

Jadi kalau anda ingin mencari laporan CSR perusahaan yang jauh lebih komplit, anda bisa donwload langsung laporan keberlanjutan perusahaan. Untuk mencari keberlanjutan, anda bisa download melalui website resmi perusahaan masing-masing. 

Misalnya anda ingin mencari laporan CSR keberlanjutan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF). Anda bisa ketikkan Google kata-kata kunci: "Sustainability report Kalbe Farma". Lalu muncul tampilan berikut: 


Lalu anda klik website resminya dan muncullah laporan keberlanjutan yang sudah disusun seperti berikut: 


Anda bisa download laporan CSR / sustainability report sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing. Disitu anda bisa melihat lebih banyak dan lengkap laporan CSR perusahaan, beserta biaya-biaya CSR yang dikeluarkan di tahun berjalan, serta rincian2 kegiatan CSR.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.