Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Investasi Saham Bank

El Heze

Di Bursa Efek, ada banyak perusahaan yang rajin membagikan dividen, dengan nilai nominal dividen cukup besar. Salah satu perusahaan yang memiliki jumlah emiten cukup banyak adalah perusahaan perbankan (bank).



Bank merupakan salah satu sektor saham di BEI yang sering menjadi perhatian investor dan trader, karena salah satu ukuran ekonomi suatu negara ditentukan juga dari sehat tidaknya perbankan. 

Buat investor yang ingin membeli saham-saham bank untuk disimpan jangka panjang, ada baiknya anda memilih / menyeleksi saham-saham bank yang rajin membagikan dividen, dengan nominal dividen besar, disamping melihat kinerja fundamentalnya. 

Karena dari jumlah saham perbankan yang cukup banyak, tidak semua perusahaan perbankan membagikan dividen dengan nominal besar. Faktanya, banyak juga perusahaan perbankan dengan company size kecil, sehingga nominal dividen yang dibagikan juga tidak terlalu besar. 

Saham dengan dividen besar, akan lebih menguntungkan untuk investor jangka panjang, ketimbang anda membeli saham2 bank yang jarang bagi dividen. Perusahaan yang bisa membagikan dividen besar, juga menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki ketahanan laba dalam jangka panjang. 

Lalu saham-saham bank apa saja yang membagikan dividen dengan nominal Dividen per Saham (DPS) yang besar? Berikut adalah daftar perusahaan perbankan yang rajin membagikan dividen:     
Investasi Saham Bank

Buat anda yang investasi di saham perbankan, saran saya selain memperhatikan analisa fundamentalnya, perhatikan juga dividen yang dibagikan. Karena dividen bisa menjadi passive income untuk investor. 

Dari sekian banyak perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI, hanya ada sekitar 15 perusahaan bank yang sering bagi dividen. Tapi dari 15 perusahaan tersebut, tidak semua perusahaan membagikan dividen per saham (DPS) yang tinggi. 

Kita akan coba klasifikasikan lagi saham-saham bank dengan dividen tinggi, mengacu pada nilai Dividen Per Saham (DPS)-nya:

Bank dengan dividen besar

Jika kita urutkan, maka lima perusahaan perbankan yang membagikan dividen paling besar adalah:

1. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) 
2. PT Bank Mandiri Indonesia (Persero) Tbk (BMRI) 
3. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) 
4. PT Bank Dananom Tbk (BDMN) 
5. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) 

BBCA memiliki nilai dividen per saham yang paling besar diantara saham2 bank lainnya, dengan nilai dividen per saham yang dibagikan diatas Rp400 per saham. Dari seluruh saham perbankan, dan hanya BBCA yang rajin membagikan dividen interim. 

Kalau anda belum paham tentang dividen interim, anda bisa pelajari pos-nya disini: Pengertian & Contoh Dividen Interim. Dari kelima perusahaan bank diatas, ada 4 perusahaan perbankan blue chip yaitu BBCA, BMRI, BBNI dan BBRI. Sedangkan BDMN adalah saham second liner. 

Saham blue chip adalah saham2 dengan market cap diatas Rp100 triliun dan merupakan market leader di sektor industrinya. Perusahaan market leader merupakan perusahaan yang memiliki kinerja paling mapan dan company size paling besar di sektor industri. 

Sedangkan saham BDMN walaupun rajin bagi dividen, tetapi market cap-nya masih jauh dibawah Rp100 triliun. Yap, market cap BDMN hanya sekitar Rp26 triliun. 

SAHAM DENGAN DIVIDEND YIELD TERTINGGI 

Jika anda ingin mencari perusahaan yang memiliki dividend yield besar, anda bisa lihat pada saham-saham yang saya beri stabilo biru yaitu: 

1. PT Bank Danamon Tbk (BDMN) 
2. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk (BJBR) 
3. PT Bank Jatim Tbk (BJTM) 
4. PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) 

Jika anda belum paham dividend yield, anda bisa baca disini: Kegunaan dan Cara Menghitung Dividend Yield. Keempat saham diatas memiliki rasio dividend yield yang paling besar diatas 6% dan BNGA mencapai 5,35%. 

Kesimpulannya, buat anda yang ingin investasi saham bank, khususnya buat yang bertujuan menyimpan dalam waktu cukup panjang (diatas 3 tahun), ada baiknya anda pertimbangkan buat membeli saham-saham bank yang rajin bagi dividen besar. 

Anda bisa pertimbangkan investasi dari dua sisi sesuai preferensi anda yaitu memilih antara perusahaan yang bagi dividen per saham besar, atau memilih perusahaan yang dividend yield-nya tinggi. 

Ada baiknya anda juga memperhatikan valuasi dan fundamental masing-masing perusahaan selain daripada dividennya itu sendiri. Kalau anda ingin membeli saham-saham bank yang sudah mapan (mature company), pilihlah saham2 blue chip yaitu BBCA BBRI BBNI BMRI. 

Sebnarnya masih banyak daftar saham perbankan di Bursa Efek. Namun tidak kita tampilkan di pos ini, karena mayoritas perusahaan perbankan sisanya jarang membagikan dividen. 

Umumnya perusahaan2 bank tersebut adalah perbankan dengan kapitalisasi pasar & company size yang kecil seperti BANK, BACA, INPC, BCIC, BEKS, BGTG, BVIC, DNAR, NISP, NOBU dan lain-lain. Saham2 tersebut memiliki market cap dibawah Rp10 triliun. 

Walaupun saham2 bank kecil ini pernah naik tinggi selama 1 bulan karena sentimen positif bank digital, tetapi fundamentalnya masih belum se-menarik saham2 blue chip. 

Jadi jika anda ingin investasi jangka panjang, pilihlah perusahaan bank yang kinerjanya sudah bertahan lama dan rajin membagikan dividen.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.