Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Gap Up Saham: Kasus Saham ICBP

Beberapa waktu lalu, pergerakan saham ICBP sempat menarik perhatian. Karena saham ICBP ini berhasil rebound beberapa hari berturut-turut.  

 


Saham ICBP setelah bukannya turun / koreksi, keesokan harinya saham ICBP saat opening naik drastis hingga membentuk GAP UP. Anda bisa pelajari tentang apa itu gap up disini: Gap Up Saham: Kenapa Harus Ditutup? 

Gap up merupakan lonjakan harga saham, sehingga mengakibatkan adanya kekosongan harga (gap) di rentang harga saham tertentu. Berikut pola gap yang terjadi pada saham ICBP:   

Gap Up Saham

Perhatikan tanda lingkaran. Yap, itu adalah gap up yang terjadi di saham ICBP. Gap up umumnya terjadi karena adanya EUFORIA MARKET di saham tersebut, karena sentimen positif, market lagi bagus, atau hal2 lainnya yang membuat pelaku pasar memborong saham di awal sesi perdagangan saham. 

Pada saat ICBP naik tinggi saat open market, banyak trader bertanya: "Bung Heze apakah masih bagus kalau trading ICBP sekarang? Mumpung masih awal jam Bursa, takutnya naik lagi."

Jika anda menemukan saham yang naik tinggi di awal jam market, dan membentuk gap up sebaiknya anda tidak terburu untuk mengambil posisi beli, apalagi anda langsung ambil posisi Hajar Kanan (HAKA). 

Karena gap up (maupun gap down) yang terjadi pada chart biasanya akan ditutup. Apalagi kalau saham tersebut adalah saham-saham likuid seperti saham blue chip, biasanya tidak butuh waktu lama untuk menutup gapnya lagi. 

Kita sudah membahas alasan mengapa gap saham biasanya ditutup. Anda bisa pelajari kembali disini: Gap Up Saham: Kenapa Harus Ditutup? 

Apabila terjadi lonjakan harga (gap up), biasanya harga saham cepat atau lama rentan untuk TURUN LAGI menutup area gap yang ada dibawahnya. Kalau anda membeli sahamnya saat terjadi lonjakan harga pertama kali, saham anda akan potensi nyangkut. 

Pertanyaannya: Kapan gap up saham ini akan ditutup lagi? Apakah butuh waktu 1 hari? 1 minggu? Atau bahkan lebih lama dari itu? 

Kita coba uji pada saham ICBP. Berhubung ICBP ada gap up, kita lihat butuh berapa lama bagi ICBP untuk turun / koreksi dan menutup kembali gap-nya. Perhatikan kembali chart ICBP keesokan harinya: 


Saham ICBP butuh 3 hari untuk menutup kembali gap-nya. Perhatikan setelah gap up, ICBP masih sideways 2 hari. Namun pada hari ketiga saat harga saham ICBP mulai turun / koreksi, saham ICBP langsung nutup gap-nya lagi. 

Apa yang kita pelajari dari pos ini? 

Di pos ini, sekali lagi kita membuktikan bahwa ketika saham naik disertai lompatan harga yang menimbulkan gap (gap up), cepat atau lama harga saham biasanya akan turun lagi buat menutup gap-nya. 

Suatu saat kalau anda menemukan kasus serupa, di mana saham-saham pada terbang, tapi ternyata setelah anda lihat chartnya ada gap up, jangan dikejar sahamnya. 

Ada baiknya anda menunggu saham koreksi / turun dulu minimal nutup gap-nya, baru setelah itu anda bisa buy saham tersebut, sesuaikan dengan kondisi market juga. 

Umumnya gap up biasanya disebabkan euforia market, maka gap up akan cepat tertutup. Yang namanya euforia, hanya terjadi jangka pendek, tidak bertahan lama. 

Dan buat saham-saham blue chip, gap up maupun gap down yang muncul di chart biasanya hanya butuh waktu beberapa hari untuk ditutup kembali (dibawah 1 minggu).  

Sebagai catatan tambahan, gap up biasanya terjadi di awal sesi opening perdagangan bursa saham (Bursa saham buka pukul 09.00). Pada saat sesi awal perdagangan saham, euforia market umumnya cukup besar. Fluktuatif saham di awal jam bursa juga cukup tinggi. 

Sehingga, di jam awal market psikologis trading anda akan diuji. Jangan mudah terpengaruh dengan saham yang naik karena gap up. 

Banyak juga saham yang membentuk pola gap up, dan di hari itu juga sahamnya langsung turun nutup gap. Supaya anda tidak mudah terjebak membeli saham di harga puncak, hindarilah saham yang sedang ada pola gap up pada chart.

Cepat lamanya gap tertutup mungkin akan berbeda untuk setiap saham. Namun kebanyakan gap biasanya ditutup antara 1-3 hari, sampai dengan satu minggu. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.