Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Contoh Laporan Keuangan Lengkap

Kalau anda sedang belajar analisa laporan keuangan perusahaan, anda harus mencari laporan keuangan yang lengkap. Karena laporan keuangan dapat memberikan banyak informasi penting pada investor saham. 



Laporan keuangan perusahaan terdiri dari pos dan komponen-kompnen penting yang perlu anda perhatikan. Anda yang masih baru pertama kali membuka laporan keuangan, anda mungkin masih bingung dengan komponen2 laporan keuangan. 

[Buat anda yang ingin belajar analisa laporan keuangan untuk investasi saham, anda bisa pelajari full praktiknya disini: Ebook Analisa Fundamental + Analisa Laporan Keuangan].

Terutama buat anda yang bukan berasal dari background ekonomi. Jadi pertama-tama, perlu anda pahami mengenai komponen laporan keuangan perusahaan. Terdapai 5 komponen laporan keuangan agar suatu laporan keuangan perusahaan dapat dikatakan lengkap: 

1. Laporan posisi keuangan (neraca) 

Laporan keuangan perusahaan dimulai dari laporan posisi keuangan. Laporan neraca memberikan informasi mengenai aset, kewajiban dan ekuitas yang dimiliki perusahaan. Jadi laporan neraca berisi informasi PENDANAAN dan ASET. 

Perusahaan bisa berdiri karena memiliki dana. Pendanaan bisa diperoleh dari dua cara, yaitu melalui utang (kewajiban) dan modal sendiri (ekuitas). Pendanaan juga mengukur tingkat risiko perusahaan. 

Apabila perusahaan memiliki tingkat utang yang terlalu besar dalam struktur modal, investor harus waspada. Pelajari juga: Debt to Equity Ratio (DER) yang Bagus. 

Laporan posisi keuangan juga dapat digunakan untuk melihat seberapa besar ukuran perusahaan di sektor industrinya, yaitu melalui total aset. Di pasar saham, perusahaan dengan keunggulan company size, umumnya harga sahamnya juga lebih diminati dibandingkan perusahaan2 dengan skala kecil. 

ASET 

Dalam laporan posisi keuangan, aset terdiri dari aset lancar (Aset yang habis pakai dibawah 1 tahun) contohnya seperti kas & setara kas, piutang usaha, persediaan dan lain-lain. Kemudian ada juga aset tidak lancar yaitu aset jangka panjang dengan masa manfaat diatas 1 tahun. 

Contoh aset tetap seperti tanah, bangunan, mesin, kendaraan yang masa manfaatnya tidak akan habis dalam 1 tahun, dan memiliki nilai penyusutan. Kemudian ada total aset yaitu jumlah aset lancar + aset tidak lancar. 

KEWAJIBAN / LIABILITAS 

Kewajiban atau liabilitas adalah utang, yaitu pendanaan perusahaan yang didapatkan dengan cara utang melalui pihak ketiga seperti perbankan (bank). Kewajiban dibagi menjadi kewajiban lancar, yaitu kewajiban yang memiliki jatuh tempo maksimal 1 tahun (jangka pendek). 

Serta kewajiban tidak lancar / jangka panjang, yaitu kewajiban yang memiliki jatuh tempo diatas 1 tahun. 

EKUITAS 

Ekuitas adalah penggunaan modal sendiri, yaitu pemilik yang diperoleh tanpa utang. Ekuitas bisa terdiri dari penerbitan saham baru, modal pribadi pemilik, dan dari laba bersih yang diperoleh setiap periode. 

2. Laporan laba rugi komprehensif 

Setelah laporan posisi keuangan, ada laporan laba rugi komprehensif, yaitu laporan keuangan yang menampilkan informasi profitabilitas perusahaan. 

Laba rugi komprehensif terdiri dari komponen-komponen: PENDAPATAN dan BEBAN. Pendapatan adalah hasil penjualan produk atau jasa sesuai dengan business line yang dijalankan oleh perusahaan. 

Setelah pendapatan, ada informasi tentang beban dan biaya yang dikeluarkan, seperti beban usaha, beban gaji, beban administrasi, beban pemasaran, beban bunga, beban pajak dan lain-lain. 

Dalam laporan laba rugi, terdapat komponen laba kotor, laba usaha dan laba bersih. Anda bisa pelajari disini perbedaannya: Analisis Keuangan: Laba Kotor, Laba Usaha dan Laba Bersih. 

3. Laporan perubahan modal / ekuitas 

Laba bersih atau rugi bersih yang tercatat di laporan laba rugi, akan masuk ke laporan perubahan modal / ekuitas. Laporan perubahan modal berisi tentang informasi ekuitas yang diperoleh perusahaan atau lebih tepatnya sumber dana ekuitas dari sejak perusahaan pertama berdiri sampai periode berjalan. 

Dalam laporan perubahan modal, akan lebih dirinci penambahan dan pengurangan ekuitas perusahaan, sehingga anda bisa melihat lebih rinci arus ekuitas perusahaan, dan komponen yang paling besar pengaruhnya terhadap perubahan ekuitas.  

4. Laporan arus kas 

Laporan arus kas berisi informasi penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan. Kas adalah aset yang paling likuid, sehingga investor juga perlu mengetahui sumber dana dan pengeluaran kas perusahaan serta tujuannya. 

Laporan arus terdiri dari arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi dan arus kas dari aktivitas pendanaan. Anda bisa pelajari disini: Analisis Fundamental: Laporan Arus Kas dan Net Cash Flow. 

Dengan laporan arus kas, anda bisa melihat kesehatan kas perusahaan, karena tanpa memiliki kas yang cukup, operasional perusahaan juga akan terganggu. 

5. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Catatan Atas Laporan Keuangan berisi tentang informasi dan catatan angka-angka yang ada di laporan posisi keuangan, laba rugi dan ekuitas. Kalau anda ingin mengetahui darimana angka-angka di laporan keuangan, anda bisa membacanya melalui CALK. 

Baca juga cara-cara membaca CALK laporan keuangan disini: Pengertian dan Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan.

Itulah urutan-urutan laporan keuangan perusahaan yang lengkap. Jadi penyusunan laporan keuangan harus dimulai dari laporan posisi keuangan, laba rugi, ekuitas, arus kas dan kemudian Catatan Atas Laporan Keuangan. 

Buat anda yang masih awam dengan laporan keuangan, di pos ini setidaknya anda sudah ada gambaran tentang komponen penting dalam laporan keuangan yang lengkap

CONTOH LAPORAN KEUANGAN LENGKAP  

Contoh laporan keuangan lengkap bisa anda download di situs Idx.co.id. Baca juga: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. Kita coba ambil satu contoh laporan keuangan lengkap, yaitu laporan keuangan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI):

Laporan Neraca - Aset
Laporan Laba Rugi

Laporan Neraca - Kewajiban dan Ekuitas

Laporan Arus Kas

Laporan Perubahan Ekuitas 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.