Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Beli Saham 1 Lot, Why Not?

Beberapa waktu lalu, saya dapat pertanyaan cukup menarik dari rekan trader. Trader bertanya: Pak, saya sudah belajar analisa saham dan ingin mulai trading. Tapi sepertinya psikologis masih belum berani untuk beli saham dengan modal saya, walaupun modal cuma sekitar 1,5 juta. 



Well, kondisi setiap orang memang bisa berbeda-beda. Ada trader yang secara mental sudah siap membeli saham setelah mempelajari analisa2 saham. Tetapi banyak juga trader yang belum siap membeli saham walaupun sudah ada modal. Di satu sisi, anda memang ingin mencoba untuk trading? 

Lalu bagaimana solusinya? 

Buat anda yang ingin beli saham, tetapi dari sisi psikologis anda masih ada rasa takut untuk mengeluarkan modal, saran saya anda bisa mulai lakukan action yaitu dengan beli saham 1 lot. 

Cuma 1 lot? 

Ya. Why not? 

Dengan beli saham 1 lot, tentu anda hanya mengeluarkan modal sangat kecil, sehingga anda akan lebih merasa nyaman ketika beli saham. 

Kalau saham yang anda beli naik, mungkin untung anda cuma ratusan Rupiah. Tapi kalau saham anda turun, rugi anda juga cuma ratusan rupiah. Hampir nggak ada nominalnya, sehingga trading saham 1 lot ini hampir tidak mempengaruhi psikologis anda sama sekali.  

Di satu sisi, anda juga sudah melakukan action, yaitu dengan menganalisa dan membeli saham. Daripada anda ingin coba beli saham tapi psikologis tidak siap dan akhirnya anda nggak action sama sekali, jauh lebih baik anda membeli saham walaupun hanya 1 lot.  

Memang beli saham 1 lot, tujuannya bukan untuk dapat profit besar. Tapi tujuannya adalah untuk: BELAJAR. Belajar untuk meminimalkan kerugian (dengan modal kecil dulu). Belajar untuk meningkatkan keberanian trading anda (karena anda sudah mulai action). Belajar untuk langsung terjun ke market. 

Nah, kalau anda sudah terbiasa beli saham dengan 1 lot, anda sudah mulai banyak belajar menganalisa saham. Anda semakin sering mengamati pergerakan saham, analisa market.

Anda mulai bisa memilih saham sendiri. Anda sudah mulai memiliki sistem trading sendiri. Anda mulai paham meminimalkan cut loss. Baru anda bisa pertimbangkan untuk menambah jumlah lot lebih banyak. 

Jadi buat anda yang masih ragu untuk beli saham, cobalah untuk membeli saham sebanyak 1 lot terlebih dahulu, dan anda bisa diversifikasikan ke dalam 2 saham. Jadi total anda beli saham adalah 2 lot ( 1 lot untuk 1 saham). 

Tapi jika anda belum siap dengan lot lebih banyak dan anda memaksakan beli saham dengan lot besar, yang terjadi psikologis anda tidak siap, akhirnya anda tidak bisa mengambil keputusan trading dengan baik. 

Cara ini saya terapkan pada beberapa rekan pemula yang konsultasi saham. Dan hasilnya terbukti memuaskan, di mana banyak rekan pemula yang akhirnya berhasil mengembangkan modal trading, meningkatkan psikologis & keberanian trading setelah memulai beli saham 1 lot. 

Di satu sisi, beli saham satu lot ini juga merupakan solusi untuk anda yang habis mengalami kerugian (cut loss) di saham. Entah karena anda salah membeli saham, salah menganalisa sehingga menyebabkan anda harus melakukan cut loss dan mengalami rugi yang mungkin menurut anda cukup signifikan jumlahnya.

Mungkin dari segi mental dan psikologis anda down karena habis melakukan cut loss. Kalau diharuskan trading dengan modal besar, risikonya juga semakin besar, karena dalam kondisi mental yang sedang down, pasti juga akan mempengaruhi pengambilan keputusan trading yang anda lakukan. 

Nah, cara mengembalikan psikologis dan kepercayaan diri buat trading, salah satunya bisa anda lakukan dengan trading saham 1 lot dulu secara bertahap. 

Trading saham 1 lot juga berfungsi untuk tetap "memanaskan analisa", supaya tidak "mati". Karena kalau anda terlalu lama nggak trading, nggak menganalisa, nggak memantau market, mungkin anda ketinggalan banyak momentum. 

Setelah anda bisa mulai profit dengan beli saham 1 lot, anda sudah mengevaluasi penyebab kerugian anda, psikologis anda mulai pulih, anda bisa mulai menambah jumlah lot saham yang ingin dibeli. 

HARUSKAH BELI SAHAM 1 LOT UNTUK PEMULA?  

Para trader pemula yang baca pos ini mungkin bertanya: "Kalau saya pemula, apakah saya harus beli saham 1 lot dulu, baru setelah itu nambah porsi saham lagi Pak Heze?"

Jawabannya: Tidak harus. 

Kalau anda punya modal Rp1-3 juta sebagai modal awal trading, tentu saja anda bisa beli saham jauh lebih banyak daripada 1 lot, sehingga anda bisa sesuaikan trading dengan modal masing-masing. Tidak harus beli saham 1 lot. Beli saham 1 lot saya anjurkan untuk trader saham yang: 
  • Secara psikologis belum siap beli saham, walaupun sudah ada keinginan dan sudah mempelajari analisa saham. Beli saham 1 lot bisa digunakan untuk menguji sistem trading dan analisa, tanpa menganggu psikologis sama sekali. 
  • Trader yang baru mengalami kerugian, sehingga psikologis belum siap memulai trading dengan modal lebih besar. 
  • Trader yang ingin menguji new system trading. Jika anda belum yakin 100% dengan sistem trading anda yang baru, anda bisa mulai mengujinya dengan beli saham 1 lot selama beberapa kali pengujian.  
Kesimpulannya, dalam trading saham, anda tidak harus melulu beli saham dengan modal jumbo. Beli saham modal kecil juga sangat dibutuhkan buat pemula untuk meningkatkan kepercayaan diri, dengan tetap menjaga psikologis. 

Beli saham modal kecil juga berguna untuk menguji trading plan. Ketika anda sudah terbiasa dengan modal kecil, barulah anda bisa naik level beli saham dengan duit lebih banyak.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.