Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Support Saham: Analisis Saham Unilever

Dalam analisis teknikal saham, kita mengenal GARIS SUPPORT dan RESISTEN. Di web Saham Gain, kita sudah membahas contoh-contoh cara menentukan titik support resisten saham. 

 



Banyak trader saham yang mengabaikan analisis support resisten, karena tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit yang belum memahami kegunaan support resisten dalam praktik trading lanjutan. Pelajari juga: Menemukan Saham Naik dengan Variasi Support Resisten. 

Ingat bahwa garis support resisten itu bukan hanya sekedar garis horizontal biasa. Support resisten memiliki banyak manfaat untuk trading. 

Di pos ini, kita akan menjabarkan contoh pentingnya analisa support resisten untuk mengambil keputusan trading yang benar berdasarkan studi kasus riil analisa teknikal di market. 

Yap, kita akan bahas contoh pentingnya analisis support sebelum memutuskan buy pada analisa teknikal saham Unilever (UNVR). Kalau anda sering membaca ulasan di web Saham Gain, maupun di channel Telegram Saham Gain, kita sempat mengulas pergerakan teknikal saham UNVR: 

Analisis saham Unilever

Karena saham UNVR harganya cenderung turun terus, sampai ke level 6.800. Padahal biasanya UNVR ini harga sahamnya cukup atraktif. Namun beberapa waktu terakhir, tren UNVR turun. Anda bisa perhatikan chart UNVR berikut: 

Analisis Saham Unilever

Kalau anda perhatikan chart UNVR diatas (chart 6 bulanan), harga saham UNVR jatuh dan mulai menyentuh support terendahnya selama 6 bulan di harga 6.800 (perhatikan tanda lingkaran). Tetapi ketika UNVR support 6.800 sebelumnya, UNVR berhasil rebound lagi. 

Disinilah kemudian muncul banyak pertanyaan: Apakah saham UNVR kali ini bisa rebound, atau malah turun lagi? Di channel Telegram Saham Gain saat itu saya mengulas saham UNVR sebagai berikut: 

UNVR merupakan salah satu saham blue chip yang fundamental dan teknikalnya cukup bagus. Tapi belakangan ini, saham UNVR cenderung turun (downtrend). Walaupun tetap ada momen-momen rebound jangka pendek, tapi secara chart 6 bulanan, saham UNVR downtrend. 

Beberapa penyebab turunnya saham UNVR karena belum ada sentimen positif apapun terkait sektor2 consumer goods, plus beberapa waktu lalu UNVR juga terkena kasus dengan Orang Tua Group, yang membuat saham UNVR menjadi kurang atraktif belakangan ini. 

Sekarang kalau kita lihat secara teknikal (chart, lihat grafik diatas), harga saham UNVR terakhir menguji support terendahnya selama 6 bulan, yaitu di support 6.800. Kalau kita lihat chartnya, ada pola double bottom (dua tanda lingkaran). 

Pola bottom 6.800 pertama (lingkaran pertama), UNVR berhasil rebound. Sehingga kalau hari ini UNVR berhasil bertahan diatas 6.800, kemungkinan besar UNVR ada technical rebound yang bisa rekan-rekan manfaatkan buat trading jangka pendek. 

Dan kalau kita panjangkan lagi chart-nya selama 1 tahun, support 6.800 ternyata juga menjadi support2 krusialnya (tanda2 persegi), di mana beberapa kali setelah turun dan menyentuh 6.800, UNVR berhasil rebound. Perhatikan chart UNVR 1 tahun berikut: 


Jadi buat rekan-rekan yang ingin trading UNVR, support 6.800 adalah support yang perlu diperhatikan saat ini. 

Dan benar saja, ketika UNVR jatuh lagi dari support krusialnya 6.800, saham UNVR turun sampai ke 6.700. Perhatikan lagi chart UNVR dua hari setelahnya: 


Namun sebenarnya UNVR masih cukup tertahan di sekitar area 6.800, karena UNVR hanya koreksi sedikit ke 6.725-6.775. Dan benar saja, sehari setelah UNVR koreksi pendek dan ketika UNVR mulai kembali ke area 6.800, UNVR berhasil rebound signifikan. Perhatikan lagi chart UNVR keesokan harinya: 


Dan benar saja, UNVR berhasil naik 4% sampai ke level 7.000: 


Sehingga, dapat dikatakan support 6.800 UNVR ini bisa menjadi acuan untuk mengambil keputusan trading. Kalau support 6.800 jatuh, maka sebagai trader anda harus lebih waspada mengambil posisi. 

Sebaliknya, jika saham UNVR berhasil tahan di support 6.800, dan mulai rebound, anda bisa pertimbangkan buat mengambil posisi beli (trading buy). Karena support 6.800 merupakan support krusial UNVR di chart yang menjadi titik rebound, maka anda perlu memperhatikan support tersebut sebelum trading. 

Pos ini juga menekankan pada trader mengenai pentingnya analisa support resisten dalam trading. Pada contoh saham UNVR ini, kita memang 'hanya' contohkan analisa support. 

Namun untuk analisa resisten saham, cara menganalisanya kurang lebih juga sama. Jadi jangan lupa untuk selalu menggunakan dan menambahkan analisa support resisten dalam trading yang anda jalani. 

Karena support resisten saham, bisa memberikan banyak petunjuk pada trader. Support resisten juga merupakan cerminan psikologis market. Kombinasi analisa support resisten ini juga merupakan 'kompas' trading dalam analisa teknikal. 

Anda yang ingin mendalami lebih banyak materi2 analisa teknikal yang langsung masuk ke praktik trading, anda bisa pelajari materi2 analisa teknikal pada ebook trading saham berikut: Buku Saham Full Analisis Teknikal + Strategi Trading.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.