Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham HOKI: Strategi Trading setelah Stock Split

El Heze

Kalau anda sering membaca ulasan-ulasan saham di web ini, kita pernah membahas analisa saham HOKI, di mana saham HOKI sempat ramai karena akan melakukan stock split.



Beberapa hari sebelum stock split, saham HOKI naik signifikan. Hal ini menunjukkan minat pelaku pasar yang besar terhadap saham HOKI. Apalagi HOKI ini termasuk saham yang cukup likuid. 

Banyak pendapat yang mengatakan setelah stock split saham HOKI harganya bakalan terbang. Tapi seperti kita ketahui, fakta di market justru berbanding terbalik. Saham HOKI setelah stock split langsung turun karena HOKI sudah mencapai titik jenuh beli-nya sebelum stock split. 

Berhubung setelah stock split, saham HOKI cukup murah, maka anda tetap bisa memanfaatkan fluktuatif HOKI buat meraih profit jangka pendek. 

Tapi sebelum memutuskan trading di saham2 yang stock split, kita harus melakukan analisa teknikalnya terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk melihat kecenderungan pola pergerakan sahamnya, sehingga anda bisa memutuskan strategi trading dan titik-titik harga beli-take profit yang tepat. 

Idealnya sekitar 2 minggu setelah stock split, pola pergerakan suatu saham itu akan terbentuk, dan mulai bisa kita lihat kecenderungan pergerakan support resistennya yang baru. 

Oke, sekarang kita coba lihat chart saham HOKI beberapa minggi setelah stock split:       

Saham HOKI

Setelah stock split, tren HOKI membentuk pola downtrend (turun) dari harga 350 turun hingga kisaran 250. Namun kalau kita perhatikan pola trennya, HOKI cenderung sideways dengan tingkat fluktuatif sedang (masih ada fluktuatif support resisten namun tidak terlalu sempit). 

Nah, dari sinilah anda bisa memanfaatkan area support resisten di tren sidewaysnya buat trading. Pada chart diatas area trading pendek yang bisa dimanfaatkan adalah 250-262. Pelajari juga: Full Praktik Strategi Trading Saham Sideways. 

Karena HOKI seringkali bergerak di range support resisten tersebut. Walaupun tren HOKI turun setelah stock split, tetapi bukan berarti sahamnya harus dihindari, karena pola sideways yang terbentuk bisa dimanfaatkan buat trading. 

Catatan: Suatu saat tren HOKI bisa saja berubah. Entah sahamnya turun lagi setelah sideways. Atau malah naik drastis. Strategi trading anda harus selalu menyesuaikan dengan pola yang terjadi saat ini. 

Itulah contoh cara menganalisa pola pergerakan saham setelah stock split, untuk memutuskan strategi trading apa yang akan anda gunakan. Cara-cara ini bisa digunakan untuk menganalisa saham2 lain yang akan stock split. 

Kesimpulannya, ada beberapa cara menganalisa saham setelah stock split, untuk menentukan strategi tradingnya: 

1. Menunggu sekitar 2 minggu setelah stock split 

Setelah stock split, harga saham biasanya akan cenderung volatil dan ketidakpastian trennya cukup tinggi. Hal ini karena market masih mencari arah tren yang baru. 

Kalau hari pertama stock split anda terburu beli sahamnya, risikonya jika saham tersebut ternyata masih turun signifikan, saham anda bisa nyangkut di harga puncak. 

Tapi kalau sudah 2 mingguan, maka pola2 dan trennya mulai terbentuk. Seperti contoh saham HOKI ini tadi, di mana setelah 2 mingguan trading, pola support resistennya mulai terbentuk dengan jelas. 

2. Menentukan tren saham 

Setelah pola saham terbentuk, anda bisa tentukan apakah trennya downtrend (turun), sideways (mendatar) atau uptrend (naik). Pentingnya melihat tren saham adalah supaya anda bisa memutuskan apakah akan trading di saham tersebut atau tidak. 

Karena faktanya banyak juga saham yang setelah stock split harganya turun terus, tidak diangkat lagi. Hal ini sering terjadi pada saham2 yang kurang likuid. 

Pada contoh saha HOKI diatas, bisa kita lihat pola sahamnya setelah stock split cenderung sideways dengan range yang tidak terlalu sempit, sehingga setelah stock split sahamnya tetap bisa dimanfaatkan buat trading.  

3. Menentukan support resisten 

Jika anda menganggap saham layak trading, anda bisa mulai tentukan titik support resisten terdekat. Titik support sebagai acuan beli dan resisten sebagai acuan buat take profit. 

Pada saham HOKI, terlihat jelas ada support resisten berulang di area 250-262. Area-area ini bisa anda manfaatkan untuk trading pendek. Analisa support resisten juga berfungsi untuk melihat kecenderungan pola range harga saham setelah stock split, sehingga anda punya acuan buat trading. 

4. Menentukan strategi trading yang tepat 

Dari pola saham yang terbentuk, anda bisa menentukan strategi trading yang tepat. Kalau pola saham setelah stock split sideways, anda bisa manfaatkan support resisten berulang untuk trading jangka pendek. 

Kalau ternyata sahamnya turun terus dan tidak atraktif, ada baiknya anda hindari sahamnya. Ingat, tidak semua saham yang habis stock split pasti bagus buat trading. 

Kalau sahamnya mulai bergerak uptrend setelah turun, anda bisa manfaatkan untuk strategi swing trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.