Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham: Apa Itu Trading Saham?

Istilah TRADING tentu tidak asing bagi kita. Trading bisa mengacu pada banyak hal, yaitu trading saham, trading forex, trading komoditas dan lain-lain. 



Trading merupakan istilah dalam Bahasa Inggris yang artinya 'perdagangan'. Berdagang berarti anda membeli dan menjual suatu barang dalam jangka waktu pendek. 

Kalau anda pergi ke pasar tradisional, minimarket atau supermarket disitulah anda bisa melihat contoh riil perdagangan. Ada banyak orang membeli barang, orang antri di kasir dan para penjual. 

Transaksi dagang biasanya terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Orang membeli dan menawar barang. Kemudian setelah deal, barang akan diterima pembeli dan uang akan diterima oleh penjual. 

APA ITU TRADING SAHAM? 

Jadi trading saham itu merupakan aktivitas beli jual saham dalam jangka pendek. Seperti anda berdagang di pasar saham tradisional, trading saham pun analoginya juga demikian. 
TRADING SAHAM = BERDAGANG SAHAM
Dengan kata lain, trading saham berarti anda memperdagangkan saham-saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham-saham yang ada di BEI ibarat barang-barang yang bisa anda jual belikan. 

Anda dan para trader saham lainnya berperan sebagai pembeli (untuk yang ingin mengincar saham2 tertentu) dan juga berperan sebagai penjual (para trader yang sudah punya saham dan ingin menjualnya). 

Bursa Efek Indonesia ibarat tempat (seperti mall, minimarket atau pasar tradisional) yang mewadahi seluruh trader yang ingin berdagang saham). 

Dari sini, anda sudah dapat gambaran tentang apa itu trading saham. Karena trading saham itu adalah aktivitas memperdagangkan saham jangka pendek, maka jangka pendek yang dimaksud ini adalah untuk jangka waktu: 
  • Menitan (beli jual saham menitan)
  • Harian (beli jual saham di hari yang sama) 
  • Beberapa hari - mingguan
  • Trading dengan jangka waktu maksimal 1 bulan 
Jangka waktu diatas merupakan jangka waktu trading saham. Jika anda membeli dan menjual saham dalam waktu tiga hari, atau jual saham di hari yang sama setelah membeli, atau jual saham tiga minggu kemudian, maka dapat dikatakan anda sedang melakukan aktivitas trading saham. 

Jadi ingat bahwa trading saham itu tidak sama dengan investasi. Banyak orang yang masih salah dengan persepsi. Ada pemula yang ingin investasi saham tapi untuk jangka pendek. Kalau tujuan anda buat jangka pendek, itu namanya trading alias berdagang, bukan investasi. 

Investasi saham itu kebalikan dari trading. Pada investasi, anda tidak berdagang saham, namun anda "membeli perusahaan". Anda menyimpan saham dalam jangka menengah - panjang (diatas 6 bulan), dengan tujuan mendapatkan kenaikan harga saham lebih besar dalam jangka waktu lebih lama. 

APA ITU TRADING SAHAM ONLINE? 

Saat ini, trading saham dilakukan dengan cara online trading. Jadi perbedaan trading (berdagang) saham dengan berdagang di pasar tradisional adalah, kalau anda berdagang saham, semua dilakukan secara online trading. 

Anda tidak bertemu pembeli dan penjual secara langsung, karena aktivitas trading dilakukan menggunakan software online trading dari kantor sekuritas yang terhubung dengan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Trading saham online memberikan banyak kemudahan, karena anda bisa mencari profit dari trading saham dimanapun. Anda bisa trading saham di rumah. Anda bisa mencari keuntungan dari saham tanpa harus pergi ke kantor sekuritas atau ke Bursa Efek. 

Asalkan anda memiliki koneksi internet, sudah mendaftar di kantor sekuritas, dan memiliki modal (Rp1-3 juta sudah bisa) untuk trading, anda bisa berdagang saham.  

BERDAGANG TIDAK SAMA DENGAN GAMBLING 

Karena trading saham itu adalah dagang saham, maka trading saham tidak bisa disamakan dengan gambling (judi). Banyak orang salah persepsi bahwa trading saham itu ibarat judi, yang hanya mengandalkan untung-untungan dari fluktuatif harga saham. 

Big no... Dagang bukanlah gambling. Kalau anda ingin dapat untung dari dagang, anda harus punya analisa, pertimbangan, memasang harga yang bagus. Demikian juga dengan dagang saham. 

Anda ingin untung dalam trading, maka anda perlu menguasai analisis teknikal, membeli saham di harga dan momentum yang baik, memilih saham2 yang kualitasnya bagus. Semua itu ada analisa yang bisa dipelajari. 

CARA DAPAT UNTUNG DARI TRADING SAHAM 

Dalam trading saham, analisa utama yang harus anda pelajari supaya bisa meraih profit adalah ANALISIS TEKNIKAL. Karena analisis teknikal memberikan banyak informasi banyak trader mengenai saham2 yang bagus dan potensi naik jangka pendek. 

Dalam analisa teknikal, anda akan belajar lebih banyak menganalisa grafik, dan membaca pola2 saham yang bagus. Anda bisa pelajari materi2 analisa teknikal buat trading saham disini: Buku Saham Full Praktik Trading. 

Sebelum anda memulai trading saham, anda perlu memulai langkah awalnya terlebih dahulu, yaitu membuka akun saham di kantor sekuritas, memilih kantor sekuritas terbaik dan pelajari juga mekanisme perdagangan saham. 

Anda bisa pelajari beberapa pos di web Saham Gain ini untuk mendapatkan lebih banyak panduan awal buat memulai trading saham disini: 
Anda bisa pelajari basic-basic dan langkah2 pada pos2 diatas untuk memulai belajar saham supaya anda bisa trading saham dan meraih profit di market. 

SALAM PROFIT 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.