Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Kode Broker Saham akan Dihapus?

El Heze

Belum lama ini, kalangan trader sempat heboh dengan kebijakan Bursa Efek yang akan menghapus kode broker saham running trade dan juga tipe investor saham (lokal dan asing). 

 

Penutupan kode broker saham akan dilakukan per 26 Juli 2021, sedangkan penutupan tipe akan dilakukan 6 bulan setelah kode broker saham. Kebijakan ini tentu menuai protes dari mayoritas pelaku pasar (khususnya para trader saham). 

Karena dengan penutupan kode broker dan tipe investor, otomatis anda tidak akan bisa melihat broker summary (kode broker) selama jam trading. Ini artinya anda tidak akan bisa melihat sekuritas-sekuritas mana saja (lokal & asing) yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi saham. 

Demikian juga, anda tidak bisa melihat komposisi investor domestic (lokal) dan foreign (asing) yang membeli saham. Oh ya, broker summary dan tipe investor di aplikasi saham itu tampilannya kurang lebih seperti ini:  

Net Stock Summary - Broker Summary

Tipe Investor - Domestic & Foreign

Padahal kita tahu sendiri bahwa informasi2 yang ada pada broker summary & tipe investor sangat berguna bagi trader untuk melihat kecenderungan arah pergerakan saham. 

Analisa2 broker summary juga kerap digunakan untuk ANALISIS BANDARMOLOGI, karena dengan melihat net buy sell broker, kita bisa mengetahui sekuritas2 besar yang sedang akumulasi atau distribusi saham. 

Sederhananya, ketika banyak broker dan investor melakukan akumulasi, secara bandarmologi saham ada potensi naik. Demikian juga sebaliknya. 

Dengan menghapus kode broker, hal ini juga akan memberikan dampak khususnya untuk trader saham harian, yaitu trader yang hobi beli pagi jual sore, atau beli sore jual pagi. Pelajari juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. 

Karena analisa broker summary kerap kali digunakan sebagai salah satu tool analisa untuk trading cepat, bagi trader harian maupun trader2 dibawah 1 minggu. 

Oke, lalu apa pertimbangan BEI menghapus kode broker tersebut? Apakah hal ini akan menurunkan frekuensi trading di Bursa Efek nantinya? Bagaimana STRATEGI TRADING SELANJUNTYA? 

Salah satu pertimbangan utama rencana BEI menghapus kode broker dan tipe investor adalah untuk mengurangi Herding Behaviour, yaitu kebiasaan menggiring  pelaku pasar untuk membeli atau menjual saham-saham tertentu. 

Sebagai contoh, akumulasi broker yang tinggi seringkali digunakan untuk "mengecoh" dan "menggiring" trader ritel supaya ikut membeli saham tersebut. 

Para bandar saham seringkali juga memiliki 'link' dengan sekuritas untuk menaikkan atau menurunkan saham2 tertentu. 

Sehingga kita juga sempat dengar pendapat2 kalau kode broker dihapus hal ini akan membuat bandar semakin berjaya, karena pergerakannya semakin nggak terdeteksi. 

Di satu sisi, analisa hanya dengan broker summary seringkali juga mengecoh trader. Hal inilah yang membuat BEI berencana menghapus kode broker saham, sehingga tata kelola market menjadi lebih baik dan transparan. 

Dalam praktikknya nanti, broker summary ini tidak benar2 hilang / tidak bisa dilihat. Anda tetap bisa meng-aksesnya saat akhir perdagangan Bursa. Hal ini juga sudah diterapkan di bursa-bursa saham dunia.     

STRATEGI TRADING HARIAN TANPA KODE BROKER SAHAM 

Bagaimanapun juga, informasi broker summary ini sangat berguna untuk trader. Walaupun saya sendiri tidak serta merta menggunakan informasi broker summary untuk mengambil keputusan trading harian, namun saya terkadang juga melihat informasi2 melalui broker saham sebagai tambahan analisa. 

Sebagai trader saham, khususnya trader harian, anda tidak harus selalu mengandalkan analisa broker saham untuk mengambil keputusan trading. Karena broker summary hanyalah ANALISA TAMBAHA, bukan analisis utama. 

Hanya mengandalkan broker summary juga berisiko mengecoh trader, karena bandar juga tidak dengan mudah memasang titik-titik harga yang mudah ditebak oleh trader. 

Kalau kode broker ini nantinya benar-benar dihapus, maka strategi tradingnya anda bisa menggunakan ANALISIS TEKNIKAL plus kombinasi analisa TAPE READING dan MOMENTUM MARKET. 

Pola2 analisa teknikal yang simpel dan analisa tape reading dapat digunakan untuk melihat saham-saham yang berpotensi naik cepat di hari itu, plus melihat kekuatan bid dan offer di suatu saham. 

Anda bisa pelajari analisa-analisa simpel buat trading harian, yang bisa diterapkan semua level trader untuk meraih profit disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Penghapusan kode broker saham ini masih dalam tahapan pelaksanaan. Artinya, tetap ada peluang kode saham tidak jadi dihapus oleh BEI. Jadi sekarang kemungkinanya ada dua skenario: 

SKENARIO 1: KODE BROKER DIHAPUS 

Jika kode broker benar-benar dihapus, maka anda tetap bisa melakukan analisis broker summary di akhir perdagangan saham. Analisa broker summary ini tetap bisa anda gunakan untuk menganalisa saham buat keesokan harinya. 

Dan strategi trading jika kode broker dihapus, anda bisa terapkan strategi trading harian yang simpel dengan kombinasi chart dan analisa tape reading, pemilihan saham2 bagus disini: 
Ebook Intraday & One Day Trading Saham.  

SKENARIO 2: KODE BROKER TIDAK DIHAPUS

Namun jika kode broker saham tidak dihapus, berarti anda tetap bisa memantau broker summary kapanpun selama jam trading, sama seperti aktivitas2 trading sebelumnya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.