Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Berapa Untung Saham Sehari?

El Heze

Saya pernah mendapatkan pertanyaan dari rekan trader. Pertanyaan-nya sebenarnya nggak terlalu asing: "Pak, berapa untung saham sehari yang bisa saya dapatkan di saham? Kalau saya pingin trading tiap hari, potensi profit hariannya berapa persen".



Sebagai trader saham, saya juga pernah mengalami analisa-analisa dan cara-cara mencari metode terbaik supaya bisa mendapatkan untung saham setiap hari dari trading.  

Lalu apa yang saya dapatkan? Saya bisa menyimpulkan kalau untung saham sehari tidak bisa DIUKUR dengan angka atau persentase yang pasti. Saya sering mendengar trader mengatakan: 

"Untung 1% saham udah cukup, tapi untungnya bisa dapat setiap hari".
"Saya mau incar untung Rp100 ribu tiap hari di saham"
"Saya pingin profit 3-5% harian di market" 

Memang trading harian (intraday) adalah strategi trading yang sangat bagus untuk anda yang ingin mengincar profit cepat di pasar saham. Dengan strategi yang benar, trading harian juga bisa menghasilkan profit konsisten, sama seperti strategi trading lainnya. 

[Anda bisa pelajari strategi2 dan full praktik meraih profit konsisten dari trading harian pada Ebook Trading Harian disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.

Tetapi bagaimanapun juga, kita tidak bisa menjawab dengan ukuran pasti mengenai berapa persen profit saham sehari yang bisa anda dapatkan. Apakah untung saham sehari itu bisa diraih dengan 1%, 3%, 5% net profit setiap harinya? 

Tidak ada jawaban pasti. Ada beberapa hal yang ingin saya sharing mengapa untung saham sehari tidak bisa dijawab dengan ukuran / angka pasti: 

1. Kondisi market bisa berubah 

Ini adalah jawaban utama mengapa profit saham sehari tidak bisa dijawab dengna ukuran pasti. Yap, karena kondisi pasar saham itu bisa berubah. Hari ini banyak saham naik. Karena saham2 sudah pada naik tinggi, besoknya saham2 pada turun / koreksi. 

Hari ini mungkin anda lebih mudah mencari saham-saham untuk trading harian, karena market lagi bagus dan rebound. Hari ini mungkin anda menemukan saham2 yang analisa teknikalnya bagus. 

Tapi besoknya saham-saham pada turun karena sebelumnya sudah naik tinggi. Sehingga anda harus lebih banyak wait and see untuk menunggu lagi saham2 bagug yang harganya murah. 

Apalagi kalau kondisi market lagi strong bearish seperti tahun 2008, 2015 atau 2020 (Maret), maka banyak saham yang harganya turun terus. Kalau anda memaksakan trading harian setiap hari, hal ini ibarat anda menangkap pisau jatuh. 

Nah, kondisi market yang fluktuatif ini membuat besar kecilnya profit yang bisa anda dapatkan dari trading harian bisa berbeda-beda. Hari ini anda mungkin bisa profit 3%. 

Namun keesokan harinya anda mungkin harus banyak wait and see karena saham2 pilihan lagi turun, sehingga di hari itu bisa saja anda belum dapat profit (karena tidak trading), karena momentum tradingnya belum pas. 

Sudah paham sampai disini? 

2. Pengalaman trading yang berbeda-beda 

Selain itu, besar kecilnya profit sehari yang bisa anda peroleh juga sangat tergantung dari pengalaman trading. Semakin pengalaman anda dalam menganalisa dan praktik trading, anda mungkin bisa mendapatkan profit yang lebih besar dibandingkan trader yang baru pertama mencoba trading. 

Besar kecilnya modal yang digunakan tentu juga sangat mempengaruhi jumlah profit yang bisa anda dapatkan di market. Sehingga kita tidak bisa mengukur besar kecilnya profit harian dengan angka pasti. 

3. Psikologis anda setiap hari belum tentu sama 

Buat anda yang ingin trading setiap hari, apakah psikologis anda siap? Apakah ketika mood anda sedang kurang baik, anda akan tetap memaksakan trading? 

Apalagi tidak setiap hari pasar saham itu bagus buat trading. Kalau saham2 sedang turun dan anda membeli banyak saham, lalu saham anda turun setelah dibeli, apakah anda tetap bisa mengelola emosi trading dengan baik? 

Kondisi psikologis yang bisa berubah dari seorang trader sebenarnya juga mempengaruhi kualitas analisa dan keputusan trading, sehingga besar kecilnya untung saham dalam sehari juga pasti bervariasi tiap trader. 

Mengincar profit trading setiap hari juga tidak disarankan karena anda bisa berpotensi overtrading, di mana overtrading sangat berisiko buat karir trading. Kita sudah pernah membahasnya disini: Cara Mengatasi Overtrading Saham. 

UNTUNG SAHAM SEHARI 

Kesimpulannya, kalau anda ingin tahu berapa besar untung saham sehari yang bisa didapatkan, saran saya anda harus PRAKTIK TRADING sendiri, karena hanya dengan trading mandiri, anda bisa mengetahui hasil yang anda peroleh. 

Sekali lagi, kita tidak bisa mematok dengan ukuran pasti mengenai besar kecilnya profit saham harian, karena kondisi market fluktuatif, dan ada juga saat-saat di mana market kurang bagus untuk trading (terutama saat saham2 lagi pada turun). 

Sehingga, dalam trading saham kita juga mengenal analisa dan momentum trading. Bukan hanya sekedar beli saham tanpa melihat arah dan analisa. Keputusan wait and see terkadang juga diperlukan untuk mendapatkan momen harga beli yang bagus.    
Dalam trading, fokuslah pada ANALISIS, jangan fokus pada nominal profit. Profit akan mengikuti dari hasil proses analisa yang anda lakukan - Sahamgain.com
Diatas adalah satu quote yang ingin saya sharing pada rekan-rekan trader semua. Dalam trading harian, kita tidak perlu terlalu fokus untuk mengejar nominal profit (ingin untung 5% sehari, ingin dapat profit Rp500 ribu setiap hari). 

Fokuslah pada analisa yang benar, maka hasil (profit) pasti akan mengikuti. Tapi kalau anda hanya fokus pada frekuensi trading dan jumlah profit, anda berpotensi mengabaikan analisa2 yang harusnya merupakan senjata utama anda.  

Buat anda yang ingin mempraktikkan full strategi trading harian saham, anda bisa pelajari analisa2 dan strategi simpel memilih saham buat intraday trading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.