Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Memilih Saham: Investasi Saham Dividen

El Heze

Salah satu tujuan investasi saham jangka panjang adalah untuk mendapatkan PASSIVE INCOME. Passive income dalam investasi bisa anda dapatkan melalui dividen yang dibagikan perusahaan secara rutin setelah tutup tahun laporan keuangan. 

 
Kalau anda ingin investasi saham dengan tujuan dapat dividen (passive income), tentu saja rule pertama, anda harus memilih saham yang rajin bagi dividen. 

Namun hanya melihat perusahaan yang rajin bagi dividen saja masih kurang. Karena banyak juga perusahaan yang rutin bagi dividen tiap tahun, tetapi nilai dividennya tidaklah besar. Sehingga, passive income yang anda dapatkan kemungkinan besar tidak ada terasa. 

Oleh karena itu, beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya investasi saham dividen anda bisa membuahkan passive income lebih maksimal, anda bisa pertimbangkan untuk memilih saham-saham yang kriterianya sebagai berikut: 

1. Perusahaan yang rutin membagikan dividen 

Pilihlah perusahaan yang rutin bagi dividen, dengan nilai dividen per saham yang paling tinggi di sektor industrinya. Kita sudah pernah membahasnya disini: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagikan Dividen. 

2. Perusahaan yang membagikan dividen interim 

Anda juga bisa pertimbangkan untuk investasi pada perusahaan yang rutin membagikan dividen interim. Perusahaan yang rajin bagi dividen interim, umumnya adalah perusahaan yang mampu mencetak profit dalam jangka panjang. 

Tidak semua perusahaan punya kemampuan membagikan dividen interim. Kalau anda bisa mendapatkan dividen lebih sekali dalam setahun, tentu passive income anda dari investasi akan menjadi lebih maksimal. 

Di web Saham Gain, kita sudah pernah membahas bersama perusahaan2 apa saja yang rutin membagikan dividen interim. Anda bisa pelajari kembali pos-nya disini: Saham Dividen Besar untuk Investasi.  

3. Perusahaan yang tren dividennya selalu naik 

Jika tujuan anda investasi adalah untuk mendapatkan dividen, anda bisa menganalisa saham-saham kinerja bagus yang tren dividennya selama 4-5 tahun selalu naik. Anda bisa melihatnya dari nilai dividen per saham-nya. 

Karena perusahaan yang selalu membagikan kenaikan dividen setiap tahun menunjukkan bahwa perusahaan tersebut mampu mencetak tren laba yang baik. Perusahaan juga mampu membagikan kenaikan dividen adalah perusahaan yang care terhadap investor. 

Sehingga, perusahaan2 seperti ini memang memiliki Good Corporate Governance (GCG) yang bagus. Nah, sebagai investor jangka panjang, anda bisa pertimbangkan investasi di perusahaan2 yang dividennya selalu. 

Untuk melihat perusahaan2 yang membagikan kenaikan dividen per saham yang selalu naik selama 5 tahun, anda bisa coba lakukan screening saham dari saham2 di indeks LQ45 atau indeks IDX High Dividend 20. 

Karena perusahaan2 di indeks tersebut, mayoritas memiliki kinerja fundamental yang bagus. Oke, sekarang kita coba lakukan screening saham2 LQ45, untuk melihat perusahaan2 apa saja yang membagikan kenaikan dividen selama 5 tahun... 

Dari hasil pemilihan saham2 LQ45, saya mendapatkan ada dua perusahaan yang membagikan kenaikan dividen dalam 5 tahun berturut-turut, yaitu saham BBRI dan saham BBCA. Anda bisa perhatikan tren dividen per sahamnya berikut: 

Investasi saham dividen

Saham BBRI selama 5 tahun selalu membagikan kenaikan dividen. Kita bisa lihat dari nilai dividen per sahamnya (Dalam rupiah) yang tidak pernah turun.  

Catatan: Untuk tahun 2018 dan 2018 nilai dividen per saham BBRI kita kalikan 5, karena pada tahun tersebut, BBRI melakukan stock split 1:5 sehingga berpengaruh terhadap nilai dividen per sahamnya. 

Demikian juga dengan saham BBCA, di mana selama 5 tahun selalu membagikan kenaikan dividen. BBCA juga membagikan dividen interim (untuk tren dividen diatas, adalah penjumlahan dari dividen tahunan + dividen interim).

"Bung Heze, cuma ada 2 perusahaan yang bagi dividen naik terus selama 5 tahun?" Tanya anda. 

Yap, hanya ada 2. Tapi tidak menutup kemungkinan nantinya ada saham2 yang bagi kenaikan dividen selama tren 5 tahun. Nah, kalau anda ingin melihat lebih banyak pilihan dividen yang bagi dividen dengan kenaikan tren, anda bisa screening lagi perusahaan yang membagikan kenaikan dividen selama 4 tahun. 

Kita coba screening lagi dari saham2 LQ45, dan didapatkanlah saham TLKM dan UNVR yang membagikan kenaikan dividen selama 4 tahun. Perhatikan tren dividen TLKM dan UNVR berikut:  



Kalau anda perhatikan, baik saham UNVR maupun TLKM dalam 1 tahun terdapat penurunan nilai dividen yang dibayarkan pada investor. Namun secara tren, dividennya tetap naik, dan penurunan dividen per saham tidak signifikan. 

Selama tren, nilai dividen tetap mengalami kenaikan. Sehingga, untuk anda yang ingin investasi saham dengan tujuan meraih dividen, anda bisa pertimbangkan saham-saham yang membagikan dividen dengan tren yang naik tersebut. 

Itulah beberapa tips investasi saham dividen.... Tips ini khusus untuk anda yang ingin meraih passive income dari dividen. Dengan tiga tips tersebut, anda bisa memilih saham secara lebih akurat untuk diinvestasikan. 

Ingat bahwa tidak semua perusahaan memiliki nilai dan tren dividen yang menguntungkan. Praktikkan cara-cara di pos ini untuk memilih saham2 yang dividennya besar. SALAM PROFIT.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.