Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham dengan Dividen Terbesar

El Heze
Anda yang membeli saham dengan tujuan mengincar dividen, anda pasti mencari saham-saham yang bisa memberikan keuntungan dividen maksimal yaitu: Saham dengan dividen terbesar.  



Saham-saham yang mampu memberikan nilai dividen besar dan konsisten setiap tahun, dapat memberikan passive income, khususnya untuk anda yang ingin investasi jangka panjang. 

Jika anda ingin mencari dividen yang nilainya besar, maka anda bisa melihat dua analisa yaitu saham-saham dengan dividen per saham paling besar. Kedua, saham-saham dengan nilai dividend yield besar. 

Sekarang kita coba analisa bersama untuk melihat saham-saham yang membagikan dividen dengan nilai paling besar. Here we go..  

NILAI DIVIDEN PER SAHAM / DIVIDEND PER SHARE (DPS)

1. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). DPS = Rp354,34 per saham 

2.  PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF). DPS = Rp1.054 per saham 

3. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). DPS = Rp455 per saham 

4. PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG). DPS = Rp570 per saham

5. PT United Tractors Tbk (UNTR). DPS = Rp800 per saham

6. PT Indocement Tunggal Prakarsa (INTP). DPS = Rp500 per saham. 

7. PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP). DPS = Rp358 per saham.

8. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). DPS = Rp206 per saham. 

9. PT Hexindo Adiperkasa (HEXA). DPS = Rp507 per saham. 

10. PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF). DPS = Rp333 per saham. 

11. PT Bayan Resources Tbk (BYAN). DPS = Rp1.270 per saham 

12. PT Bukit Asam Tbk (PTBA). DPS = Rp339 per saham. 

13. PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN). DPS = Rp588 per saham. 

Itulah beberapa perusahaan di Bursa Efek yang memiliki saham dengan dividen terbesar dilihat dari nilai jumlah dividen per saham. 

Jika anda memiliki 100 lot saham, di saham A yang membagikan dividen per saham sebesar Rp200 per saham, dan 100 lot di saham B dengan DPS sebesar Rp50 per saham, tentu saja keuntungan dari sisi jumlah dividen yang anda dapatkan lebih besar jika anda berinvestasi di saham A. 

NILAI DIVIDEND YIELD 

Saham yang memiliki nilai dividen besar juga bisa anda lihat dari dividend yieldnya. Kalau anda belum paham apa itu dividend yield, anda bisa pelajari disini: 

Sekarang kita coba lihat saham-saham yang punya persentase dividend yield yang cukup di sektor industrinya: 

1. PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP). Yield: 6,85% 

2. PT Gudang Garam Tbk (GGRM). Yield: 4,80%

3. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). Yield: 4,08%

4. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Yield: 5,79%. 

5. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Yield: 4,72% 

6. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF). Yield: 13,61% 

7. PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG). Yield: 15,55%. 

8. PT United Tractors Tbk (UNTR). Yield: 5,17%. 

9. PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP). Yield: 14,68%. 

10. PT Hexindo Adiperkasa (HEXA). Yield: 14,03% 

11. PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF). Yield: 25,93% 

12. PT Bayan Resources Tbk (BYAN). Yield: 9,35%

13. PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Yield: 15,47%

14. PT Indika Energy Tbk (INDY). Yield: 19,07% 

15. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Yield: 5,14% 

16. PT Asuransi Jasa Tania Tbk (ASJT). Yield: 17,02% 

17. PT Trans Power Marine Tbk (TPMA). Yield: 6,56% 

18. PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Yield: 9,86%

19. PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS). Yield: 17,65%

Itulah beberapa saham di Bursa Efek yang memiliki saham dengan dividen terbesar jika dilihat dari nilai persentase dividend yieldnya. 

INDEKS HIGH DIVIDEND 20

Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah menerbitkan indeks baru, yaitu indeks High Dividend 20. Indeks tersebut berisi daftar 20 saham dengan nilai dividen paling besar. Dilihat dari nilai dividend yield yang paling tinggi dan diperbaharui setiap setahun sekali. 

Jadi kalau anda ingin investasi saham dengan mengincar dividend, indeks High Dividend 20 ini bisa menjadi salah satu acuan anda untuk analisa. Untuk daftar Indeks High Dividend 20, bisa anda Googling daftar-daftar sahamnya. 

DIVIDEN SAHAM BLUE CHIP 

Mayoritas perusahaan yang membagikan dividen besar biasanya adalah saham-saham blue chip. Karena perusahaan blue chip memiliki kinerja yang bagus, sehingga bisa meraih laba bersih yang lebih besar. 

Hal ini juga akan mendongkrak Earning Per Share (EPS) perusahaan. EPS inilah yang akan dibagikan sebagai dividen pada pemegang saham. 

Perusahaan-perusahaan yang saya tuliskan diatas, yang nilai dividen per sahamnya tinggi, memang tidak semua adalah perusahaan blue chip. Kalau anda ingin melihat daftar saham blue chip yang rutin membagikan dividen, anda juga bisa pelajari disini: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen. 

Saham-saham yang kita ulas diatas yang memiliki DPS dan Yield Dividend tinggi, bukanlah rekomendasi saham untuk dibeli. Saham2 diatas juga bukan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut punya kinerja fundamental yang bagus. 

Ulasan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman saham-saham yang bisa memberikan dividen besar, ditinjau dari beberapa hal yaitu dividen per saham dan dividend yieldnya. 

Supaya anda juga bisa membandingkan kinerja fundamental masing-masing emiten.Untuk investasi saham, saya menyarankan pada anda agar tidak hanya melihat nilai dividen yang besar saja. Namun, anda juga harus melihat fundamental secara komprehensif. 

Perusahaan yang bisa memberikan dividen yield sebesar 10% per tahun, belum tentu lebih bagus dibandingkan perusahaan dengan dividen yield 5% per tahun. 

Ada faktor-faktor lain yang juga harus anda perhatikan, yaitu ketahanan laba, company size, brand image, likuiditas saham tersebut, valuasi saham dan masih banyak hal lainnya. 

Jadi dalam investasi saham, analisa fundamental harus anda prioritaskan supaya anda bisa mengetahui saham2 yang bagus untuk diinvestasikan. Sehingga, anda bisa meraih profit jangka panjang dari kenaikan harga saham, beserta dividen sebagai passive income. 

Anda bisa pelajari juga analisa-analisa fundamental untuk memilih saham jangka panjang disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.