Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Blue Chip untuk Trading

El Heze
Di dalam trading saham, ada banyak sekali pilihan saham yang bisa anda beli. Mulai dari saham-saham yang likuid, sampai saham yang paling tidak likuid semuanya bisa menjadi opsi trading anda.

Salah satu jenis saham yang cukup terkenal adalah SAHAM BLUE CHIP. Saham blue chip merupakan saham perusahaan yang punya kinerja bagus dan mapan di sektornya, serta harga sahamnya sangat likuid. Baca juga: Daftar Saham Blue Chip di Indonesia.  

Karena saham blue chip adalah saham yang likuid (banyak peminat) dan kinerja perusahaan bagus, banyak yang menyarankan agar saham blue chip sebaiknya diinvestasikan jangka panjang, ketimbang digunakan untuk trading jangka pendek. 

Saya pribadi juga sering mendengar pendapat2 bahwa saham blue chip justru tidak enak digunakan untuk trading karena pergerakan saham blue chip cukup lambat (semakin likuid suatu saham, pergerakan naik-turunnya akan semakin lama). 

Apakah benar saham blue chip adalah saham yang kurang memberikan profit maksimal untuk trading? Apakah trading saham sebaiknya dilakukan dengan cara mencari saham2 non blue chip?

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, saham blue chip justru adalah saham yang sangat bagus untuk trading. Walaupun fluktuatifnya tidak secepat saham2 gorengan, tetapi kelebihan saham blue chip untuk trading adalah: 

- Risikonya kecil (fluktuatifnya tidak terlalu tinggi)
- Lebih mudah dianalisa pergerakannya
- Return yang stabil 
- Memberikan rasa psikologis yang lebih baik

Itulah kelebihan saham2 blue chip. Para trader pemula saya sarankan untuk selalu memiliki saham-saham blue chip di portofolionya. Justru dengan membeli saham blue chip, anda bisa belajar lebih banyak tentang menganalisa chart, support-resisten, analisa tren dan lain2. 

Pelajari juga strategi2 analisis teknikal disini: Ebook Trading Saham Full Praktik Trading. 

Di satu sisi, fluktuatif saham blue chip tidak 'seburuk' yang anda bayangkan. Banyak saham blue chip juga memiliki fluktuatif yang cukup baik, yang bisa anda manfaatkan untuk meraih profit, baik profit harian, profit mingguan (swing trading) hingga bulanan. Pelajari juga cara mendapatkan profit dari trading harian disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Saham BBRI
Contohnya adalah chart BBRI diatas. Anda bisa perhatikan bahwa BBRI memiliki fluktuatif harga yang bagus (tidak sideways dalam waktu lama), di mana banyak titik harga yang bisa dijadikan sebagai acuan support (lingkaran) dan resisten (persegi) untuk memperoleh profit baik dari trading harian ataupun mingguan.

Kemudian anda bertanya: "Tapi kan Pak Heze, saham2 blue chip biasanya bisa naik jangka panjang. Kenapa nggak diinvestasikan saja?" 

Itu semua kembali lagi pada preferensi anda masing2. Seperti yang sudah sering saya ulas di web Saham Gain, saya sering menuliskan bahwa setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. 

Ada yang ingin dapat untung jangka pendek. Ada yang ingin mendapatkan profit jangka panjang. Kalau tujuan anda untuk mendapatkan profit jangka pendek, maka trading saham adalah strategi yang cocok. Namun jika anda ingin dapat profit jangka panjang, silahkan menginvestasikan saham2 blue chip anda. 

Kesimpulannya, saham blue chip adalah saham yang bagus untuk ditradingkan jangka pendek, tidak hanya cocok untuk investasi. 

Anggapan2 yang mengatakan bahwa saham blue chip kurang cocok untuk trading (karena naik-turunnya lembat) menurut saya pribadi kurang tepat, karena banyak saham blue chip yang memiliki fluktuatif harga yang bagus.

Di dalam trading, target kita tidaklah mencari untung sebesar mungkin dengan membeli saham2 yang berisiko tinggi. Namun mencari saham2 yang pergerakannya bagus itu juga sangat penting. 

Namun dalam membeli saham, apapun jenis sahamnya, harus dilakukan dengan dasar analisa. Kalau anda trading, gunakanlah analisa teknikal. Walaupun saham blue chip punya pergerakan yang bagus dan polanya teratur, tetapi anda harus memperhatikan momentum yang tepat untuk membeli saham2 blue chip. 

Ada banyak strategi bagus untuk membeli saham di harga yang tepat. Anda juga bisa mendapatkan strategi2nya disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah dan Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.