Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Market Value of Equity di Laporan Keuangan

Market Value of Equity (MVE) merupakan salah satu analisa fundamental yang sering dicari oleh investor saham maupun untuk kepentingan data-data lainnya. 

Banyak pertanyaan yang saya terima tentang bagaimana cara mencari market value of equity di laporan keuangan. Sebelum kita membahas lebih lanjut, anda perlu memahami terlebih dahulu rumus MVE. 

Dalam Bahasa Indonesia, market value of equity adalah nilai pasar dari ekuitas. Dengan kata lain, MVE ini sama dengan KAPITALISASI PASAR. Nah, rumus kapitalisasi pasar itu sendiri adalah: Harga saham  x jumlah saham beredar. 

Jadi kalau anda bertanya apa rumus MVE, maka rumus MVE cara menghitungnya sama dengan rumus kapitalisasi pasar. Lalu, dimanakah letak market value of equity di laporan keuangan

Sebenarnya nilai MVE secara langsung tidak ditampilkan di dalam laporan keuangan perusahaan. Maka dari itu, anda harus mencarinya sendiri. Tetapi, beberapa angka untuk perhitungan MVE memang sudah tersedia pada laporan keuangan. 

Jadi anda perlu sedikit olah data dari laporan keuangan agar anda bisa mendapatkan nilai market value of equity. Berikut adalah langkah2 cara mencari market value of equity di laporan keuangan (Disini saya menggunakan contoh laporan keuangan ACE Hardware atau kode sahamnya ACES). 

1. Cari nilai jumlah saham beredar di laporan keuangan 

Saham beredar bisa anda lihat pada laporan perubahn ekuitas atau laporan neraca (posisi keuangan) bagian ekuitas. Anda bisa baca langkah2nya disini: Cara Mencari Jumlah Saham Beredar di Laporan Keuangan. Untuk ACES, jumlah saham beredarnya di laporan keuangan adalah sebagai berikut: 

Cara mencari market value of equity di laporan keuangan
Pada laporan keuangan ACES, jumlah saham beredar adalah sebesar 17.150.000.000 saham (pakai angka modal ditempatkan dan disetor penuh). 

2. Cari harga saham 

Selanjutnya, anda harus mencari harga saham ACES. Anda bisa mencari data harga saham terbaru (hari ini), atau data harga saham per kuartal atau per tahun sesuai dengan kebutuhan anda. Anda bisa pelajari beberapa cara mencari harga saham disini: 


Untuk mencari data harga saham, memang anda tidak akan menemukannya di laporan keuangan. Namun anda bisa menemukannya pada laporan tahunan (annual report) audited di bagian ikhtisar saham. 

Untuk annual report, hanya menampilkan data harga saham kuartal I-III dan data harga saham penutupan akhir tahun. Baca juga: Cara Mencari Annual Report di IDX

Jadi buat anda yang ingin mencari data harga saham harian, maka cara paling mudah, anda bisa mencarinya melalui Yahoo Finance, atau melalui Google (ketikkan kode sahamnya untuk melihat harga saham terakhir). 

Di contoh ini, saya akan memberikan contoh mencari harga saham harian (harga saham terakhir) melalui Google. Jadi kita temukan harga saham ACES terakhir adalah 1.750. Perhatikan tampilan berikut: 


3. Market value of equity di laporan keuangan 

Jadi kita sudah menemukan jumlah saham beredar di laporan keuangan dan juga harga saham. Maka MVE ACES dihitung sebagai berikut: 1.750 x 17.150.000.000 = Rp30.012.500.000.000 (Sekitar Rp30 triliun).

Itulah cara menghitung dan mencari market value of equity di laporan keuangan

2 komentar:

  1. saya mau tanya, angka Market Value oF Equity itu dari saham biasa saja ?
    atau dari saham biasa + saham preferen ?

    ReplyDelete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.