Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Melihat Penjualan di Laporan Keuangan

Dalam analisis laporan keuangan, laporan laba rugi adalah salah satu analisis laporan keuangan yang sangat berguna untuk menganalisa kinerja fundamental, dan prospek perusahaan. 



Di dalam laporan laba rugi, salah satu komponen penting yang harus anda analisa adalah PENJUALAN (Di laporan keuangan biasa ditulis sebagai Penjualan Bersih / Penjualan Neto - Net Sales). 

Perusahaan yang mampu menghasilkan penjualan (omzet) yang besar dibandingkan emiten di sektor yang sama, menunjukkan bahwa perusahaan memiliki ketahanan kinerja fundamental yang baik. 

Untuk anda yang masih awam dengan laporan keuangan, berikut cara melihat penjualan di laporan keuangan perusahaan: 

1. Download laporan keuangan perusahaan 

Langkah-langkah mencari laporan keuangan sudah pernah kita bahas disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. Anda bisa pelajari kembali. 

2. Masuk ke laporan laba rugi 

Untuk melihat penjualan bersih, anda bisa masuk ke laporan laba rugi. Disini kita akan menggunakan contoh laporan keuangan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), Perhatikan laporan laba rugi ICBP berikut:  

Cara Melihat Penjualan di Laporan Keuangan

Angka penjualan di laporan keuangan bisa anda lihat pada akun laba rugi paling atas yaitu PENJUALAN NETO. Pada laporan keuangan ICBP, penjualan neto-nya dalam setahun sebesar Rp33.896.887 dan tahun lalu sebesar Rp32.790.339 (Dalam jutaan Rupiah). 

Akun penjualan (omzet) di laporan keuangan selalu ditaruh di posisi paling atas, karena penjualan merupakan sumber pendapatan perusahaan. Setelah itu, penjualan akan dikurangi dengan beban pokok penjualan dan beban-beban lainnya hingga menghasilkan laba (rugi) bersih. 

Anda juga bisa pelajari lebih banyak praktik-praktik bedah analisis laporan keuangan perusahaan buat investasi saham dan analisa fundamental disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert.  

Di dalam laporan keuangan, anda sebenarnya bisa melihat lebih banyak analisa tentang penjualan bersih perusahaan. Yap, anda bisa melihatnya pada Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Misalnya, anda bisa melihat penjualan bersih perusahaan paling besar disumbang dari produk apa saja (jika perusahaan memiliki beberapa lini produk). Anda juga bisa melihat komposisi penjualan lokal dan ekspor. 

Pada laporan laba rugi ICBP diatas, bisa kita lihat  CALK yang menjelaskan tentang Penjualan Neto ada pada CALK nomor 2, 25, 32 dan 33. Biasanya rincian CALK yang lebih detail bisa kita lihat pada CALK yang nomor 20-30-an yaitu 25, 32 dan 33. Berikut rincian CALK ICBP yang menjelaskan mengenai penjualan bersih pada CALK no 32:


Klik gambar untuk memperbesar

Pada CALK anda bisa melihat lebih banyak breakdown penjualan bersih perusahaan didapatkan dari mana saja, baik dari komposisi penjualan ekspor dan lokal, maupun rincian penjualan bersih per produk, sehingga anda bisa mengetahui potensial brand perusahaan di masyarakat.  

Itulah cara melihat penjualan di laporan keuangan.  

PENJUALAN BERSIH DALAM ANALISIS FUNDAMENTAL 

Dalam analisis fundamental, penjualan bersih memiliki banyak manfaat. Penjualan bersih berguna salah satunya untuk melihat size perusahaan di sektor industrinya. Sebagai contoh, jika ada 10 perusahaan di satu sektor industri, let say perusahaan A sampai J. 

Lalu perusahaan A memiliki jumlah penjualan bersih yang jauh lebih besar dibandingkan emiten2 di sektor yang sama. 

Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan A memiliki company size yang lebih besar, dan mampu menjadi market leader, karena bisa menguasai market, yang terbukti dari kemampuan perusahaan meraih omzet lebih besar. 

Faktanya, saham-saham yang punya company size besar, fundamental bagus, market cap besar dan unggul dibandingkan emiten lain di sektor industri, biasanya harga sahamnya lebih likuid, atraktif dan banyak diincar trader ketika sahamnya sudah turun. 

Kita juga sudah pernah membahas tentang ukuran perusahaan disini: Analisis Saham: Ukuran Perusahaan. Anda bisa pelajari kembali. 

Selain itu, analisa penjualan bersih juga bisa anda lihat dalam perbandingan analisis rasio keuangan, untuk melihat kemampuan profitabilitas perusahaan. Anda bisa pelajari disini:  
Semoga pos ini menambah wawasan kita semua tentang analisis fundamental, khususnya untuk membaca, menganalisa dan menginterpretasikan laporan keuangan perusahaan go public. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.