Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Screening Saham yang Efektif

El Heze

Kalau anda pembaca setia web Saham Gain, anda mungkin pernah berkunjug ke halaman watchlist saham disini: Watchlist Saham Harian. Yap, disana kita sering mengulas saham-saham potensi untuk trading. 



Salah satu saham yang pernah kita watchlist beberapa kali ada saham PGAS. Selain di web Saham Gain, kita juga pernah ulas melalui channel Telegram Saham Gain

Kita sempat watchlist PGAS karena saham PGAS ada potensi rebound, walaupun saat itu kenaikannya belum terlalu tinggi. Kita watchlist saham PGAS saat harganya masih di kisaran 1.420-1.425: 

PGAS tertahan di area MA200. Kamis kemarin PGAS fluktuatif di area 1.400-1.43. PGAS masih bisa untuk trading cepat. Area resisten terdekat 1.460 dan 1.500.

Dan keesokan hari saat closing market, saham PGAS berhasil naik 7% lebih ke resisten 1.520.


Chart saham saat naik 7% setelah berhasil rebound (tanda panah) di support kuatnya selama 2 minggu:

Saham PGAS

Well, selamat untuk rekan-rekan trader yang sudah sempat menganalisa dan mentradingkan saham PGAS. Technical rebound saham PGAS cukup tinggi dalam sehari. 

Sebenarnya PGAS sudah beberapa kali masuk watchlist kita, walaupun saham PGAS masih belum naik tinggi saat itu. Karena PGAS memiliki potensi naik jangka pendek. 

Disinilah pentingnya analisa screening saham. Dengan banyaknya jumlah saham yang ada di Bursa Efek, anda tentu tidak mungkin memilih semua saham buat trading maupun watchlist. 

Screening saham yang efektif menjadi salah satu kunci utama supaya anda bisa memilih dan fokus pada saham-saham yang punya pergerakan bagus. Supaya anda bisa menemukan saham-saham yang bagus buat trading, anda bisa terapkan beberapa strategi watchlist dan screening yang efektif: 

1. Fokus dan kawal beberapa saham saja 

Kalau anda menemukan saham yang bagus buat trading. Anda menemukan saham-saham potensial, maka sebaiknya anda fokus untuk kawal saham-saham yang sudah anda pantau tersebut, supaya anda tidak luput momentum trading. 

Pelajari cara-cara screening saham dengan cara simpel & efektif buat menemukan saham-saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus (365 halaman).

Jadi kalau anda sudah menemukan saham yang bagus pola teknikalnya, ada baiknya anda fokus untuk kawal terus sahamnya. Pantau beberapa saham saja yang bagus.

Seperti contoh saham PGAS yang masuk watchlist kita diatas, di mana kita watchlist dan kawal saham ini lebih dari 1 hari sebelum akhirnya PGAS rebound 7%. 

Tapi coba kalau kita meluputkan saham PGAS padahal polanya lagi bagus? Mungkin kita akan terlewat mometum kenaikan saham PGAS ini. 

Mungkin ada tipe trader yang bosan dengan watchlist saham yang kurang lebih sama selama beberapa hari. Mungkin trader akan beranggapan: "Kenapa watchlist saham cuma itu-itu aja? Saya pinginnya bisa watchlist saham lebih banyak"

Tapi ingat, dalam trading, lebih baik KUALITAS daripada KUANTITAS. Pilihlah saham2 yang sedang bagus buat trading, daripada anda fokus untuk melihat terlalu banyak saham. 

Sebab kalau anda memantau terlalu banyak saham di market, anda jadi tidak fokus, apalagi kalau anda punya kesibukan pekerjaan lain (selain trading). 

Anda boleh saja melakukan screening dan banyak watchlist saham. Tetapi sesuaikan juga dengan kemampuan masing-masing. Kalau anda merasa kesulitan memantau banyak saham, kerucutkan pilihan saham anda. 

2. Screening saham sebelum trading 

Karena jumlah saham di Bursa Efek cukup banyak, ada baiknya sebelum trading (entah pagi hari atau malam hari setelah bursa saham tutup), anda melakukan analisa screening saham, untuk melihat saham2 yang potensi naik. 

Dengan cara ini, anda juga akan lebih fokus untuk memantau saham. Anda juga bisa meminimalkan beli saham diluar trading plan anda. Pelajari juga: Cara Screening Saham Bagus.

3. Analisa teknikal yang simpel dan konsisten 

Screening saham (poin 1 dan 2) perlu dibarengi juga dengan pemahaman analisa teknikal. Hal ini karena analisa teknikal berguna untuk melihat momentum trading yang bagus, dan melihat kapan sebaiknya saham dibeli atau dijual (take profit). 

Dari saham-saham bagus yang sudah anda screening, anda tinggal menganalisanya dengan kombinasi analisis teknikal. 

Saran saya, gunakanlah analisa teknikal yang simpel (bisa anda praktikkan untuk analisa saham) dan konsisten (bisa anda gunakan setiap saat), tidak berganti-ganti analisa. 

Salah satu analisa teknikal yang dapat anda gunakan untuk screening saham dan melihat saham2 potensial adalah Moving Average (MA). Anda bisa pelajari analisa-analisa Moving Average yang praktis untuk diterapkan dalam screening saham disini: Moving Average Praktis.

Screening saham ini bisa anda terapkan dalam analisa saham harian anda. Dengan screening saham, kualitas analisa saham dan stock pick anda jadi lebih berkualitas. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.