Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Profit Trading Cepat Saham

El Heze

Dalam praktik trading saham, ada beberapa strategi trading cepat, termasuk time frame trading yang bisa anda terapkan. Pada umunya, trading cepat memiliki risiko lebih tinggi (high risk).


Hal ini karena dalam trading cepat anda harus bisa mencari saham yang punya peluang naik di hari yang sama (sampai 2 harian trading). Di satu sisi, pada trading cepat anda juga berhadapan lebih banyak dengan fluktuatif saham. 

Dari sisi psikologi, menerapkan trading cepat lebih menguras energi ketimbang anda investasi jangka panjang atau melakukan swing trading misalnya. 

Namun tidak semua trading cepat itu high risk dan berisiko untuk trader. Selama anda memahami strategi trading cepat saham dengan benar, trading cepat (harian) juga bisa menghasilkan profit konsisten.

Strategi trading harian juga bisa diterapkan dengan cara memilih saham yang punya pergerakan bagus, sehingga profit yang anda peroleh lebih konsisten, dan anda juga lebih nyaman trading dari sisi psikologis. 

Di web Saham Gain ini, kita juga sudah membahas full praktik memilih saham yang bagus, potensi naik buat trading cepat pada Ebook Trading Harian. Anda bisa mendapatkannya untuk praktik trading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (281 halaman). 

Salah satu contoh trading harian dengan risiko kecil, dan menetapkan target profit realistis, saya terapkan pada saham AALI. 

Saya mentradingkan saham AALI. Buy di harga 11.150 tanggal 5 Februari (Hari Jumat) sore hari. Dan kemudian jual sebagian saham AALI tanggal 8 Februari (Hari Senin) pagi hari. Berikut rincian trading harian saham AALI yang saya praktikkan: 

Trading cepat

Net profit AALI (Setelah dikurangi fee beli dan fee jual) adalah sebesar 1,12% dalam jangka waktu 1 hari trading. Itulah contoh cara menerapkan profit trading cepat di saham, di mana kita memilih saham2 yang pergerakannya bagus dan memasang target profit realistis di market. 

Pelajari juga cara-cara memilih saham yang berpotensi naik cepat dalam sehari disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Supaya anda bisa meraih profit konsisten dalam trading cepat, saran saya anda bisa terapkan beberapa strategi trading berikut: 

1. Pilih saham2 yang pergerakannya bagus dan likuid

Banyak trader beranggapan bahwa trading cepat dilakukan dengam memilih saham2 gorengan, atau saham2 yang pergerakannya tidak stabil seperti 'roller coaster'. 

Padahal saham2 seperti ini risikonya sangat besar. Anda bisa mendapatkan profit besar dalam waktu singkat. Tetapi sebaliknya, saham2 gorengan bisa turun drastis dalam waktu cepat, dan tidak ditradingkan lagi. 

Jadi kalau anda ingin meraih profit lebih konsisten dari trading cepat, ada baiknya anda memilih saham2 yang lebih likuid dan punya pergerakan fluktuatif bagus. Di market ada banyak saham likuid yang bisa naik harian. 

Kalau anda ingin trading harian dengan risiko lebih kecil, anda bisa mempraktikkan strategi2 memilih saham yang pergerakan teknikalnya bagus.

2. Perhatikan momentum trading 

Trading cepat sangat berkaitan erat dengan momentum. Hal ini karena anda harus bisa mencari saham2 yang naik dalam waktu cepat. Kombinasi analisa teknikal, tape reading, momentum market dapat anda gunakan untuk melihat saham2 dan momentum yang baik buat trading. 

Anda bisa pelajari strategi2 simpel trading harian dan praktik tape reading saham disini: Cara Sukses Trading Harian Saham Pemula dan Tape Reading untuk Trading Harian Saham. 

3. Tidak perlu trading setiap hari

Kalau anda melihat contoh trading saham AALI yang saya terapkan, maka jangka waktu trading hanya 1 hari kurang (beli sore jual pagi). Namun jangan beranggapan bahwa trading cepat itu harus dilakukan setiap hari. 

Saya akui, ada saat-saat tertentu di mana saya juga nggak trading karena kondisi market dan saham2 lagi turun, sehingga saya menunggu dulu momentum trading yang tepat. 

Trading cepat memang tidak perlu dilakukan setiap hari, setiap saat, karena tidak setiap saat kondisi market dan saham bagus untuk trading cepat. 

Di satu sisi, anda juga butuh istirahat trading, 'menetralkan' emosi dan menenangkan pikiran setelah anda menganalisa, trading, memantau market. Kalau anda trading setiap hari, justru anda akan kesulitan mendapatkan profit konsisten. 

Ketika pikiran anda sedang capek, atau anda berada dalam kondisi ingin profit terus dan anda memaksakan trading, maka keputusan trading anda tidak akan jernih. Inilah yang membuat anda salah mengambil keputusan membeli saham. 

4. Memasang target profit realistis 

Risiko trading cepat menjadi besar (high risk) karena banyak trader yang mengincar profit puluhan persen dalam waktu singkat. Sehingga, trader akhirnya kerap kali memilih saham2 gorengan yang fluktuatifnya sangat tinggi dan tidak stabil. 

Nah, kalau anda ingin meraih profit lebih konsisten, tetapkan profit yang realistis disamping memilih saham2 yang baik. 

Target trading harian yang ideal adalah kisaran kenaikan 1-3% dari harga beli anda (setelah dikurangi fee beli jual) dan bisa 4-5% saat market bullish. Dengan target tersebut, maka target trading cepat akan lebih mudah diraih ketimbang anda memaksakan target yang terlalu tinggi. 

Itulah beberapa hal penting tentang strategi trading cepat saham yang perlu anda terapkan. Salam profit.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.