Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Mencari Data di Trading Economics

Kalau anda sedang mencari tren harga komoditas seperti minyak mentah (crude oil), batu bara (coal), emas (gold), nikel, pakan ternak (poultry) dan lain-lain, maka anda bisa mencarinya melalui situs Trading Economics. 



Selain itu, untuk anda yang ingin melihat pergerakan indeks saham seluruh dunia, termasuk Bursa saham Wall Street, indeks saham Asia, anda juga dapat melihatnya melalui Trading Economics. 

Ada banyak menu yang tersedia pada situs Trading Economics. Namun di pos ini, kita tidak akan membahas semuanya. Kita hanya akan membahas cara-cara mencari data di Trading Economics yang berguna untuk trader saham, yaitu mencari: 
  • Harga komoditas
  • Harga indeks saham dunia 
Karena pada situs tersebut, seorang trader juga bisa mendapatkan tambahan informasi untuk menganalisa saham dan market. Berikut cara mencari data di situs Trading Economics:  

MENCARI HARGA COMMODITIES DI TRADING ECONOMICS

1. Buka situs Tradingeconomics.com

2. Pilih menu --> Market --> Commodities. Untuk lebih mudahnya, anda bisa klik link berikut: Trading Economics Commodities.  

Kemudian anda bisa melihat menu-menu harga komoditas seperti berikut contohnya: 

Trading economics commodities 

Di trading economics anda bisa melihat semua harga komoditas seperti coal, gold, poultry, nikel, minyak mentah dan masih banyak lainnya. 

MENCARI INDEKS SAHAM DI TRADING ECONOMICS

Di situs trading economics, anda juga bisa melihat harga indeks bursa saham dunia mulai indeks wall street (Dow Jones, Nasdaq, SP500) yang merupakan indeks bursa saham utama dunia, indeks Asia, dan lain-lain. 

Caranya, anda bisa buka situs Tradingeconomics.com --> Market --> Stocks. Untuk lebih mudahnya, anda bisa buka menu Stocks disini: Trading Economics Stocks. Tampilannya seperti berikut: 


Trading economics stocks 

Anda bisa melihat pergerakan bursa saham global dalam satu situs secara real time, sehingga anda tidak perlu googling harga indeks saham satu per satu. 

Di web Trading Economics juga ditampilkan klasifikasi pergerakan bursa saham global berdasarkan wilayah (indeks Asia, indeks Wall Street dan lain2), sehingga anda bisa melihat kecenderungan pergerakan indeks saham di suatu wilayah.

PENTINGNYA HARGA COMMODITIES UNTUK TRADER 

Beberapa harga komoditas seperti batu bara (coal), minyak mentah (crude oil), CPO penting untuk trader yang sedang mengincar saham2 di sektor tersebut. Terkadang kita juga perlu melihat tren harga komoditas tersebut. 

Hal ini karena biasanya pergerakan harga saham komoditas juga mengikuti harga komoditasnya. Ketika harga komoditas katakanlah coal lagi jatuh, maka mayoritas saham komoditas seperti INDY, HRUM, PTBA, ADRO, ITMG juga berpotensi turun. Demikian sebaliknya. 

Apalagi ketika saham-saham komoditas sudah murah, dan haga komoditasnya lagi naik /rebound, maka hal ini juga merupakan peluang yang bagus bagi saham2 di sektor tersebut. 

Salah satunya pernah kita bahas di Channel Telegram Saham Gain mengenai potensi rebound saham-saham mining seperti ADRO PTBA UNTR (penyedia alat2 berat untuk tambang). Saya menggunakan analisa dari data Trading Economics: 


Saat itu, kita bahas mengenai potensi rebound saham2 mining karena selain saham2 mining yang masih murah secara teknikal, harga coal juga lagi rebound. Dan keesokan hari saat closing market, beberapa saham coal seperti PTBA UNTR naik tinggi: 


Walaupun naik turunnya harga saham komoditas tidak selalu mengikuti harga komoditasnya tetapi harga komoditas ini bisa menjadi alat untuk CROSS CHECK, analisa dan referensi tambahan buat meyakinkan anda untuk mentradingkan saham2 komoditas, terutama kalau tren saham2 komoditas sedang fluktuatif. 

PENTINGNYA MELIHAT INDEKS SAHAM UNTUK TRADER   

Indeks saham berguna bagi trader untuk melihat kompas market. Karena pergerakan IHSG terkadang mengikut indeks Wall Street dan mayoritas Bursa Asia, maka ketika semalam indeks Wall Street dan Asia melemah, kemungkinan besar IHSG akan cenderung koreksi. 

Demikian juga sebaliknya. Sehingga dengan melihat mayoritas pergerakan indeks gbobal, anda bisa memperkirakan arah IHSG, dan menyusun strategi trading. 

Kalau IHSG lagi turun, tunggulah saham2 di support, jangan membeli dalam jumlah besar terutama pada saham2 yang sebelumnya udah naik banyak. 

Kita juga sudah pernah membahas tentang pentingnya indeks saham untuk trader saham disini: Makna Indeks Saham Dunia Bagi Pemain Saham dan Cara Analisa Indeks  Saham Amerika. Anda bisa review dan pelajari kembali. 

Itulah cara mencari data di situs Trading Economics, terutama data-data yang dapat digunakan untuk menganalisa market dan saham untuk para trader. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.