Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membuat Analisa Saham Harian

El Heze

Sebagai trader saham, anda harus memiliki saham-saham pilihan. Apalagi seorang trader memiliki frekuensi beli jual saham yang lebih ketimbang investor, maka trader saham akan semakin komplit jika punya analisa saham harian. 



Pertanyaannya: Sulitkah membuat analisa saham harian? Apakah melakukan analisa saham harian itu rumit dan menyita banyak waktu? Lalu bagaimana buat para trader part time yang punya kesibukan pekerjaan lain?

Membuat analisa saham harian bukanlah sesuatu yang sulit, apalagi memakan banyak waktu apabila anda paham caranya. 

Mengingat pentingnya memiliki analisa saham harian, maka di pos ini kita akan bahas. Berikut 4 cara membuat analisa saham harian: 

1. Buatlah daftar watchlist saham 

Anda tentu tidak mungkin menganalisa seluruh saham yang ada di Bursa Efek. Maka dari itu, sebaiknya anda membuat daftar watchlist yang berisi saham-saham pilihan. 

Saran saya, buat anda yang mencoba mulai melakukan watchlist saham, sebagai langkah awal, anda bisa lakukan watchlist saham yang ada di indeks LQ45 atau IDX80, karena saham2 tersebut merupakan daftar saham yang paling likuid di Bursa Efek. 

Sehingga anda nggak perlu memantau semua saham, kecuali kalau anda memang sudah punya pilihan saham diluar indeks2 tersebut yang menurut anda menarik buat trading, maka bisa anda tambahkan di menu watchlist saham. 

Selain itu, pilihlah saham-saham yang paling bagus buat trading, sehingga nantinya anda hanya punya beberapa daftar saham bagus alias STOCK PICK yang siap buat ditradingkan. 

Anda bisa pelajari cara-cara membuat watchlist dan screening saham bagus dengan cara-cara simpel disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Pada saat jam trading nanti, anda nggak perlu memantau semua saham. Anda cukup memantau beberapa saham pilihan anda yang sudah masuk di stock pick itu tadi. Cara ini juga selalu saya lakukan, untuk menyeleksi saham2 yang bagus buat trading jangka pendek.

2. Ambil waktu paling luang untuk analisa 

Analisa saham harian tidak harus dilakukan setiap saat pada jam trading / open market. Nah karena profesi saya seorang trader, maka saya juga menganalisa saham pada saat jam trading. 

Tapi bukan berarti anda harus meniru saya. Karena setiap orang memiliki aktivitas dan kesibukan lain yang berbeda-beda. 

Trading dan menganalisa saham itu fleksibel. Ada baiknya, anda mengambil waktu paling luang untuk melakuan analisa saham secara rutin. Kalau anda punya waktu luang sebelum berangkat ngantor, lakukan analisa dan screening saham di saat2 tersebut. 

Kalau anda punya waktu luang saat malam hari setelah pulang kerja dan setelah Bursa saham tutup, lakukan analisa chart pada saat tersebut. 

Yang paling penting dalam membuat analisa saham harian ada kekonsistenan anda. Anda harus konsisten melakukan analisa sesuai dengan waktu yang anda punya. Karena kalau anda tidak konsisten melakukan analisa, artinya belajar saham anda 'nanggung', karenya hanya setengah-setengah. 

3. Gunakan metode analisa yang konsisten 

Karena analisa saham harian dilakukan secara rutin, maka ada baiknya anda memiliki metode-metode analisa yang simpel dan bisa anda terapkan buat menganalisa saham. 

Milikilah kombinasi analisa saham pribadi, di mana analisa-analisa yang anda miliki dapat anda gunakan secara konsisten buat menganalisa rutin. Karena jika anda sudah memiliki trading plan dan analisa saham pribadi, tidak akan sulit untuk mencari dan menyeleksi saham2 yang sinyalnya bagus buat trading. 

Cara-cara menemukan analisa saham yang simpel dan mudah dipraktikkan bisa anda pelajari disini: Buku Saham Full Praktik Trading.

4. Gunakan analisa support resisten

Anda akan lebih mudah menemukan saham-saham potensi di hari itu, jika anda menggunakan analisa support resisten, analisa tren (analisa teknikal klasik). 

Analisa support resisten juga bisa dilakukan menggunakan indikator Moving Average (MA). MA dapat membantu trader cukup banyak dalam menemukan saham2 yang punya potensi naik jangka pendek. 

Anda bisa pelajari kombinasi analisa Moving Average yang mudah diterapkan oleh trader pemula - expert disini: Moving Average Praktis. 

Yap, analisa Moving Average ini juga sering saya gunakan untuk membuat analisa saham harian, yaitu buat melihat saham2 yang trennya bagus dan punya potensi naik. 

Analisa saham harian

Diatas adalah contoh setting indikator Moving Average (panah hijau) dan support resisten (panah kuning). Analisa-analisa teknikal sederhana diatas bisa anda gunakan untuk membuat analisa saham harian, yaitu untuk memilih saham2 yang bagus. 

Itulah beberapa cara membuat analisa saham harian. Sebagai tambahan, saya juga menyarankan anda untuk mencatat setiap saham watchlist yang anda punya, supaya bisa anda pantau dan tradingkan saat jam market. 

ANALISA SAHAM TIDAK HARUS SETIAP HARI 

Analisa saham tidak harus dilakukan setiap hari. Karena tradin juga membutuhkan psikologis yang baik dan fresh. Kalau mood anda lagi jelek, anda merasa sudah terlalu banyak trading sebelumnya. 

Maka anda boleh memutuskan untuk 'tutup laptop' sementara dan istirahat, sehingga ada saat-saat tertentu, di mana anda libur trading dan nggak perlu melakukan analisis saham apapun termasuk trading. 

Semoga pos ini bermanfaat untuk anda. SALAM PROFIT. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.