Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Breakout: Studi Kasus Saham BBCA

El Heze

Di pos ini: Strategi Trading Saham: Buy On Breakout, kita sudah membahas tentang penjelasan strategi saham breakout untuk trading. Jadi saham breakout merupakan saham yang harganya menembus resisten tertentu. 



Pernahkah anda mendengar istilah breakout all time high? Sesuai namanya, breakout all time high berarti harga saham tersebut berhasil brekout menembus resisten tertinggi selama histori saham tersebut melantai di Bursa Efek. 

Ketika suatu saham berhasil breakout all time high, maka saham tersebut ada potensi untuk melanjutkan kenaikan lebih tinggi. Hal ini karena harga saham sudah berhasil menembus resisten puncak. Artinya trader memiliki minat lebih besar untuk mengangkat harga sahamnya.   

Salah satu studi kasus yang akan kita bahas di pos ini adalah saham BBCA. Yap karena saham BBCA terus uptrend, menembus breakout dan rally, maka saham BBCA berada di ujung resisten all time highnya. Perhatikan chart BBCA berikut:  

Saham BBCA

Perhatikan saham BBCA sudah mendekati resisten all time highnya (lihat garis horizontal). Kita juga sudah watchlist potensi dan kemungkinan breakout saham BBCA ini: 



Disitu saya menuliskan adanya potensi breakout all time high karena BBCA memang sedang menguji resisten. Namun saya juga menuliskan kemungkinan lain, yaitu BBCA justru nggak jadi breakout, melainkan turun lagi. 

Jadi kalau anda menemukan saham yang berpotensi breakout all time high, anda harus melakukan beberapa analisa sebelum memutuskan untuk membeli sahamnya: 

1. Perhatikan potensi / kemungkinan koreksi 

Untuk saham2 yang ada potensi breakout atau breakout all time high, ada baiknya anda perhatikan juga pola-pola / chart pattern saham tersebut. Apakah ada kemungkinan koreksi? 

Pada chart BBCA diatas (lihat 2 tanda persegi), sebenarnya BBCA pernah menyentuh resisten tertinggi di 35.450 (persegi pertama). Artinya, secara chart pattern BBCA membentuk pola double top. 

Namun ada kemungkinan double top tersebut breakout, sehingga kita juga perlu melihat analisa teknikal dan pergerakan IHSG.  

2. Lihat kondisi market saat itu dan analisa teknikalnya 

Jika IHSG sedang naik dan saham berhasil menembus resistennya, maka hal ini merupakan pertanda bahwa suatu saham akan melanjutkan kenaikan. Perhatikan chart BBCA setelahnya: 

Saham breakout

Karena saat itu IHSG sedang bullish dan analisa teknikal BBCA juga sudah berhasil menembus double top, dan diikuti dengan kenaikan saham2 sektor bank lainnya. Hal ini merupakan pertanda bahwa saham BBCA ada potensi naik lagi. 

Pada closing market (lihat candlestick tanda panah), saham BBCA berhasil naik breakout all time high. Dan saat itu BBCA ditutup naik 4% lebih. 

Tetapi kalau saham BBCA ternyata tidak berhasil menembus double top, artinya BBCA tidak berhasil breakout all time high. Jika saham ternyata koreksi, maka anda harus menerapkan strategi buy on weakness, bukan buy on breakout. 

Dengan kata lain, kalau anda ingin beli saham yang berpotensi breakout all time high, anda juga harus menunggu sinyal konfirmasi breakout saham tersebut dari level resistennya. Dan perhatikan juga kondisi marketnya saat itu. 

3. Analisa kualitas sahamnya    

Kualitas saham sangat mempengaruhi kemampuan saham untuk breakout. Saham yang likuid dan banyak ditradingkan, membuat minat trader lebih tertarik untuk mentradingkan sahamnya. 

Jadi kalau anda mau membeli saham yang breakout, perhatikan juga likuiditas dan chart saham tersebut. Pelajari juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.  

Masalahnya, banyak juga saham gorengan yang ada potensi breakout. Tetapi karena kualitas saham gorengan kurang bagus, kita tidak bisa menganalisanya dengan analisis teknikal. 

Banyak saham gorengan yang setelah naik tinggi / breakout, harga sahamnya langsung 'dibanting' bandar dan tidak naik lagi ke harga awal. 

Kalau anda gegabah dan asal membeli saham yang kelihatannya akan breakout, anda bisa terjebak membeli saham-saham yang jelek, yang justru meningkatkan risiko trading.  

Kedepan mungkin anda akan menemukan juga kasus-kasus saham breakout, atau saham2 yang berpotensi breakout all time high. Jika anda mau mentradingkan sahamnya, selalu analisa dahulu chartnya, lihat kualitas saham dan pola2 (chart pattern) saham tersebut. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.