Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Menjadi Trader Saham Expert

El Heze

Pak Heze, gimana cara bisa jadi trader expert yang bisa dapat banyak profit setiap saat? Supaya trading saham bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


Diatas adalah salah salah satu pertanyaan rekan trader yang pernah saya terima. Karena dalam praktikknya banyak trader pemula yang ingin menjadi trader expert, bisa mencetak profit lebih cepat di market, maka kita akan membahasnya di pos ini. 

Sebenarnya, dalam hal apa kita bisa dikatakan sebagai trader saham? Trader expert bukan berarti trader perfect, karena kita tidak mungkin bisa menjadi orang yang sempurna (perfect), benar kan?

Namun menurut pandangan saya pribadi, seorang trader bisa dikatakan mencapai level trader expert jika anda:
  • Bisa memilih (screening) saham sendiri. Tidak tergantung trader lain 
  • Punya kombinasi analisa saham yang simpel dan bisa dipraktikkan 
  • Paham cara memprioritaskan saham buat trading 
  • Punya trading plan yang jelas (portofolio, saham2 pilihan, manajemen modal) 
  • Paham cara menekan / meminimalkan kerugian (cut loss)   
  • Bisa meraih profit relatif konsisten
Kalau anda bisa mencapai poin-poin diatas, maka dapat dikatakan anda adalah trader saham expert. Namun jika anda sekarang masih dalam fase-fase trading berikut: 
  • Beli saham karena ikut orang lain (anda tidak paham kenapa saham tersebut layak dibeli)
  • Belum mengerti cara memilih saham2 prioritas buat trading 
  • Tidak punya analisa teknikal pribadi yang bisa jadi patokan trading di market 
  • Belum punya atau masih dalam tahap mencoba trading plan 
  •  Sering rugi 
  • Profit tidak stabil, misalnya bulan ini anda untung 10%. Namun bulan depan anda rugi 10%. 
Karena arti dari kata expert kurang lebih: AHLI. Untuk dapat dikatakan ahli dalam suatu bidang, anda harus menguasai seluk beluk bidang yang anda tekuni. 

Kalau anda menguasai dunia saham (poin2 diatas), maka anda dapat dikatakan ahli. Mungkin beberapa dari anda beranggapan bahwa jawaban saya diatas tidak sesuai ekspektasi anda. 

Yap, karena banyak orang berasumsi bahwa trader dikatakan expert apabila bisa mendapatkan profit puluhan hingga ratusan juga dalam waktu relatif singkat, sehingga cepat kaya di saham. 

Sehingga yang biasanya dicari oleh trader adalah cara-cara instan meraih profit puluhan bahkan ratusan juta dalam waktu singkat.

Inilah yang pada akhirnya membuat trader menjadi malas untuk praktik trading dan belajar saham secara mandiri. Trader cenderung mencari cara2 yang instan untuk mendapatkan keuntungan di market. 

Padahal untuk mencapai tahapan menjadi trader expert, ya anda harus mulai step by step, anda harus mau untuk praktik sendiri bagaimana menjalankan trading di market, menyusun trading plan dan analisa teknikal. 

Karena kalau anda tidak memiliki senjata trading, tentu anda tidak akan bisa menjadi trader expert. Ibarat anda akan menghadapi ujian. Anda tidak belajar dan anda hanya mengandalkan jawaban dari teman anda. Sampai kapanpun anda tidak akan bisa menjadi mahir.   

Kalau sekarang anda masih berada pada fase di mana anda belum paham cara screening saham, anda beli saham hanya mengikuti kata orang lain, anda tidak punya analisa saham pribadi, anda ikut-ikutan pakai analisa trader lain padahal anda sendiri tidak paham analisa tersebut... Maka anda perlu mengevaluasi trading yang anda jalankan. 

Ada beberapa hal yang dapat anda terapkan dalam trading saham, supaya anda bisa menjadi trader expert:

1. Milikilah analisa teknikal yang bisa dipraktikkan dan prioritas saham 

Senjata utama trader saham adalah analisis teknikal dan screening. Anda bisa meraih profit apabila anda punya sistem trading (analisis) yang dapat anda gunakan secara konsisten. Anda harus punya analisa2 saham pribadi yang simpel dan memang bisa anda praktikkan, bukan hanya sekeda mengikuti analisa orang lain. 

Selain itu, anda harus punya prioritas saham yang akan anda beli. Hal ini bisa anda lakukan jika anda melakukan screening saham. Karena di pasar saham, anda tidak bisa 100% bergantung pada trader lain. 

Untuk bisa menjadi trader expert, anda harus punya panduan-panduan trading mandiri. Di web Saham Gain ini, anda juga bisa pelajari analisa-analisa untuk mengarahkan anda dalam trading saham mandiri dan cara-cara simpel melakukan screening saham disini:  
2. Mulai dengan modal kecil 

Anda harus memulai dengan modal kecil. Mulailah trading dengan modal Rp1-3 juta. Dengan modal kecil, anda juga akan belajar saham secara bertahap, membangun psikologis, membangun kemampuan mengatur portofolio. 

Jika anda mampu mengelola modal kecil. Anda bisa meminimalkan risiko dengan modal kecil, anda akan siap untuk mengelola modal lebih besar. Tapi kalau dengan modal kecil anda masih sering rugi, jangan menambah modal. 

Artinya, untuk menjadi trader expert, anda harus mulai menguji batas kemampuan anda dari segi kemampuan mengelola modal trading, dan kombinasi2 analisa.   

3. Banyak praktik 

Mau tidak mau, anda harus banyak praktik. Lakukan analisa saham mandiri (tidak selalu bergantung dari trader lain). Fokus pada screening saham. Lakukan eksekusi trading dari hasil analisa anda. Asah analisa-analisa saham yang cocok dengan karakter trading anda. 

Disini saya juga ingin menekankan bahwa saya tidak melarang anda untuk belajar dari trader lain. Anda boleh belajar dari banyak sumber. Anda boleh mempelajari analisa dan gaya trading orang lain. 

Tapi anda juga harus bisa menganalisa saham sendiri. Karena kalau anda tidak mau menganalisa dan praktik, sampai kapanpun anda tidak akan bisa menjadi trader expert.  

Nah, setiap dari anda sebenarnya memiliki kesempatan untuk menjadi trader expert. Dan untuk menjadi trader expert, anda tidak perlu membandingkan diri anda dengan trader lain. Anda tidak perlu harus menjadi kaya raya dari saham. 

Jika anda bisa melakukan screening saham, punya analisa saham yang bisa dipraktikkan, bisa menekan kerugian di market, profit lebih konsisten dan mengambil keputusan trading secara mandiri, maka anda dapat dikatakan sebagai trader expert (mahir).

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.