Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Intraday Trading: Profit Trading Saham Harian

El Heze

Trading harian cukup bagus diterapkan ketika kondisi market sedang memiliki fluktuatif yang cepat. Kita bisa memanfaatkan fluktuatif saham2 tersebut untuk meraih profit jangka pendek (harian). 



Buat anda yang ingin meraih profit cepat (jangka pendek) di pasar saham, INTRADAY TRADING saham ini merupakan strategi yang sangat cocok untuk anda. 

Di web Saham Gain ini, kita juga sudah membahas full praktik dan strategi memilih saham yang bagus untuk day trading, dan analisa2 tape reading buat trading cepat. Anda bisa mendapatkannya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.

Seringkali trader yang ingin mencoba trading cepat selalu ingin mencari saham2 yang bisa naik puluhan persen sehari, di mana saham2 seperti itu tentu memiliki fluktuatif harga sangat tinggi dan pergerakannya tidak stabil. 

Padahal dalam praktiknya, intraday trading tidak harus dilakukan dengan memilih saham-saham yang fluktuatifnya sangat cepat seperti saham-saham gorengan. Hal ini karena saham2 gorengan atau saham2 yang kurang likuid juga memiliki risiko tinggi.

Memilih saham2 high risk untuk trading cepat memang bisa membuat anda profit besar dalam waktu cepat. Namun karena risikonya tinggi, suatu saat saham yang anda beli juga bisa turun puluhan persen dalam waktu singkat, sehingga keuntungan yang anda peroleh sebelumnya bisa berbalik menjadi loss / floating loss. 

Saya yakin anda pasti sependapat bahwa tujuan kita trading adalah untuk mendapatkan profit yang KONSISTEN, bukan hanya profit besar dalam 1-2 minggu, kemudian di bulan berikutnya rugi besar. Tentu hal ini nggak worth it.  

Oleh karena itu, dalam trading harian hendaknya anda memilih, menganalisa dan membeli saham2 yang punya kriteria2 berikut: 
  • Pergerakannya (fluktuatif) bagus
  • Saham yang likuid 
  • Momentum saham yang tepat untuk buy sell harian 
  • Target take profit harian realistis (1-3%)  
Bagaimana contoh praktik trading harian saham di market?

Salah satu contoh trading harian (intraday) yang saya terapkan, yaitu dengan buy saham PWON pagi hari pada tanggal 20 Januari di harga 525, dan kemudian jual di harga 540 pada hari yang sama siang harinya. 

Net profit saham PWON (setelah dikurangi fee beli jual) adalah sebesar 2,41%. Berikut rincian trading harian saham PWON (beli jual saham di hari yang sama):   

Intraday Trading

Itulah contoh trading harian di pasar saham, di mana kita mengincar saham2 yang fluktuatifnya sedang bagus, potensi naik dalam waktu 1-2 hari dan ambil target take profit 1-3% net (setelah dikurangi fee) dari harga beli kita.  

Pelajari juga praktik2 dan strategi2 simpel memilih saham yang berpotensi naik dalam waktu cepat untuk intraday trading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Karena frekuensi trading harian itu relatif lebih sering, maka sebaiknya anda menetapkan target take profit yang tidak terlalu tinggi. Hal ini karena jarang kita menemukan saham yang bisa naik puluhan persen dalam waktu singkat. 

Kalaupun ada, saham2 tersebut biasanya punya risiko yang relatif besar. Tapi kalau anda memilih saham2 yang pergerakannya bagus, profit yang anda dapatkan bisa lebih konsisten. 

Kecuali kalau anda ingin trading mingguan, anda bisa menetapkan target take profit mingguan diatas 7%, tetapi ingat frekuensi trading mingguan tidak sebanyak intraday trading. Itulah mengapa penetapan target take profit keduanya berbeda. 

Selain itu, pilihlah saham2 harian yang kualitasnya bagus baik secara TEKNIKAL (CHART), LIKUIDITAS maupun FLUKTUATIF HARGANYA. 

Analisa-analisa utama untuk intraday trading sebenarnya tidak berbeda dengan strategi2 trading yang lain. Yap, anda butuhkan utama adalah: 
  • Analisa teknikal (chart) 
  • Analisa market
  • Analisa tape reading
Jadi jangan beranggapan kalau trading harian itu hanya perlu melihat rumor, bandar, running trade saja. Cara-cara tersebut hanya akan mengarahkan anda pada tindakan gambling, tebak-menebak sehingga hasil trading anda tidak bisa maksimal.

Hanya saja, dalam analisa intraday trading anda perlu memahami juga analisa-analisa TAPE READING, karena analisa tape reading bisa memberikan banyak informasi pada trader mengenai saham2 yang pergerakannya berpotensi naik harian. 

Dan analisa2 teknikal simpel yang dapat anda terapkan untuk trading cepat. Kita juga sudah membahas analisa trading harian dan tape reading disini: Cara Memilih Saham untuk Trading Harian. 

Semoga pos ini bisa memberikan lebih banyak pemahaman tentang strategi intraday trading, sehingga sebagai trader anda juga bisa menerapkan analisa yang benar dan target2 harian yang lebih realistis. 

Trading harian pun bisa digunakan sebagai sarana untuk meraih profit konsisten, asalkan anda memahami cara-cara, strategi dan analisa yang benar. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.