Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham Harian: Profit Jangka Pendek

El Heze

Strategi trading saham jangka pendek bisa diterapkan dengan strategi trading harian (intraday trading). Dalam trading harian, anda membeli dan menjual saham di hari yang sama sampai batas waktu tiga harian trading. 


Fluktuatif harian yang terjadi di market menunjukkan banyaknya trader yang memanfaatkan momen untuk meraih profit harian / jangka pendek dengan membeli dan take profit beberapa poin diatas harga beli. Pelajari juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat.  

Ada banyak tipe saham yang bisa anda manfaatkan untuk trading harian. Saham-saham yang sedang uptrend, koreksi atau saham2 yang tren-nya sideways dapat dimanfaatkan untuk trading cepat di market. 

Di web Saham Gain ini, kita juga sudah membahas analisa-analisa dan full praktik memilih saham untuk trading harian. Anda yang ingin meraih profit intraday trading di market, anda bisa pelajari strategi2 simpel memilih saham disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Saya pribadi mempraktikkan secara strategi intraday trading, dengan mentradingkan banyak jenis saham untuk intraday trading, mulai dari saham2 second liner hingga saham2 blue chip yang fluktuatifnya bagus / stabil. 

Yap, salah satu saham yang saya tradingkan adalah saham INDF ketika tren sahamnya masih relatif bergerak sideways. 

Saya membeli saham INDF di harga 7.025 pada tanggal 4 Desember dan jual sebagian pada tanggal 7 Desember beberapa fraksi diatas harga beli yaitu 7.125. Net profit (setelah dikurangi fee beli jual) sebesar 1%. 

Jangka waktu trading saham hanya 1 hari (5 dan 6 Desember Bursa saham tutup karena hari Sabtu dan Minggu). Berikut rincian intraday trading yang penulis praktikkan di market:

Strategi Trading Saham Harian

Praktik2 strategi trading saham harian juga bisa anda terapkan disini: 
Ebook Intraday Trading Saham. Disini anda akan mempraktikkan langsung cara-cara memilih saham yang simpel beserta analisa2 yang bisa diterapkan trader pemula - expert buat trading cepat. 

Target take profit trading harian bisa anda tetapkan antara 1-5%. 
Anda juga perlu melihat tipe saham yang anda beli dan kondisi market. Jika saham yang anda beli volatilitasnya tidak terlalu tinggi, anda bisa tetapkan target profit sekitar 1% seperti contoh saham INDF diatas. 

Namun jika saham2 yang anda beli memiliki fluktuatif yang relatif cepat, anda bisa mengambil take profit yang lebih tinggi. Beberapa strategi penting dalam trading harian yang perlu anda terapkan adalah:  

1. Memilih saham yang likuid 

Intraday trading dilakukan dengan memprioritaskan saham2 yang likuid di market, karena saham2 yang likuid risikonya relatif lebih kecil, sehingga anda bisa meraih profit lebih konsisten.  

Hindari saham-saham gorengan yang kurang likuid karena risikonya besar. Saham2 yang kurang likuid belum tentu bisa naik dalam waktu sehari-dua hari, karena peminatnya sedikit. 

2. Memilih saham yang fluktuatifnya baik 

Pilihlah saham2 yang punya fluktuatif bagus. Karena seorang trader mendapatkan profit dengan cara memanfaatkan fluktuatif saham di market, terutama buat trader jangka pendek. Jadi dengan trading pada saham2 yang fluktuatifnya bagus, anda bisa meraih profit yang lebih konsisten. 

3. Analisa teknikal dan tape reading 

Trading harian membutuhkan analisa teknikal, karena analisa teknikal dapat memberikan anda analisa saham2 apa saja yang layak untuk ditradingkan jangka pendek. 

Dalam trading harian, ada baiknya anda juga menambahkan analisa tape reading untuk melihat kekuatan bid offer saham, sehingga anda bisa melihat saham-saham yang potensial naik dalam jangka pendek. Pelajari juga: Tape Reading Saham untuk Trading Harian. 

Pos ini semoga bisa memberikan gambaran mengenai praktik trading harian di pasar saham kita. Selain dilakukan dengan memilih saham bagus, trading harian harus dilakukan dengan analisa teknikal dan menetapkan target2 yang realistis di market.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.