Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Profit Saham Anda Kecil?

Beberapa kali saya mendapatkan curhat dari para trader saham, di mana trader merasa profit saham yang diperoleh kecil. Padahal kita tahu banyak kisah trader / investor sukses yang bisa meraih profit besar. 


Beberapa trader mengatakan: Pak Heze, saya sudah tiga bulan trading. Profit saya masih di angka segitu-gitu saja. Kenapa saya sulit profit, padahal banyak trader yang bisa dapat untung banyak di market?

Atau saya juga pernah mendengar curhat trader seperti berikut; "Pak, kenapa saya selalu kesulitan mencetak profit besar di market. Saya sudah bisa mencetak profit, namun hasilnya masih jauh dari memuaskan. Apa bapak ada tips supaya bisa profit besar di saham?"

Keinginan untuk mendapatkan profit besar adalah hal yang wajar. Dulu waktu saya pertama kali trading saham dengan modal Rp1-3 juta, saya juga punya keinginan dapat untung banyak dan bisa mengembangkan modal. 

Namun keinginan2 tersebut tentu harus didasarkan atas rasionalitas. Anda juga harus pahami bahwa ketika anda berhasil meraih profit di market walaupun kecil, itu artinya anda sudah memiliki PROGRESS TRADING

Tahukah anda ada banyak trader saham yang: 

"Belum berhasil (profit) karena tidak memahami cara trading yang benar"

"Rugi besar karena gambling di market"

"Belum memahami cara trading dan memilih saham"

"Rugi besar karena tidak bersedia belajar saham mandiri, dan hanya 100% mengandalkan trader lain dalam mengambil keputusan trading" 

Jadi kalau selama ini anda belajar saham mandiri, anda punya kemauan untuk menganalisa saham otodidak, anda bisa memperoleh profit dari hasil analisa sendiri tanpa 'mencontek' trader lain.

Dan anda bisa meraih profit walaupun mungkin profitnya kecil. Maka acungi jempol untuk anda. Anda adalah trader-trader saham yang paham bagaimana cara menghadapi market, bukan dari kata orang lain. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. 
Lebih baik anda masih mendapat profit, ketimbang rugi. Jika anda bisa profit, berapapun nominalnya, ini menunjukkan kalau anda memang ada progress dalam trading. Apalagi jika anda memilih saham mandiri, itu artinya anda sudah mulai ada progress yang bagus dalam trading.  
Saran saya, anda harus tetap BERSYUKUR ketika anda bisa meraih profit. Karena kita tidak bisa pungkiri bahwa masih banyak sekali trader saham yang rugi besar karena tidak memiliki mindset yang benar dan asal terjun ke dunia saham tanpa pengetahuan.  

Jadi jika anda bisa meraih profit dengan cara menganalisa otodidak, artinya anda sudah berada pada jalur trading yang benar. Anda tinggal meneruskan dan mengembangkan trading plan dan cara memilih saham yang sudah anda terapkan sebelumnya.

"Permasalahan" anda sekarang mungkin adalah: Kenapa profit saya masih relatif kecil? 

Ya namanya juga anda baru belajar. Namanya juga progress trading. Saran saya, fokuslah untuk menekuni trading dengan cara-cara yang benar. Hasil trading itu nantinya akan mengikuti. 

Kalau beberapa bulan pertama, profit anda masih relatif kecil, lama-kelamaan ketika anda banyak mengalami sendiri fluktuatif market, anda menerapkan screening saham, manajemen modal yang baik, pastinya profit anda akan berkembang dari waktu ke waktu. 

Satu hal yang perlu anda pahami adalah: Jangan pernah membandingkan diri anda dengan orang lain.

Saya rasa ini juga wejangan umum dan bukan hanya buat trading saham. Kalau anda melihat kesuksesan trader lain, maka ya nggak akan ada habisnya. 

Ibaratnya dahulu anda kemana-mana naik angkutan umum (angkot). Anda iri dengan orang-orang yang punya sepeda motor. Sekarang anda sudah bisa beli sepeda motor. Lalu, anda iri dengan orang yang punya mobil. 

Setelah anda punya mobil, anda iri dengan orang yang punya mobil lebih mewah dari anda. Setelah anda bisa beli mobil mewah itu tadi, anda iri dengan orang-orang kaya yang punya kapal pesiar pribadi. 

See? Nggak akan ada habisnya kan? 

Jadi perbandingan sukses tidaknya karir trading anda, adalah dengan membandingkan diri anda yang sekarang, dengan anda sebelumnya. 

Kalau dulu anda belum bisa profit, rugi melulu.. Lalu sekarang anda sudah mulai tidak rugi. Anda mulai paham cara screening saham. Anda sudah bisa profit walaupun sedikit. 

Itu artinya karir trading anda sudah lebih sukses, karena dulu anda belum bisa profit.. Tetapi sekarang anda sudah mulai bisa mencetak keuntungan di market. Itulah yang saya maksud dengan progress trading. 

So, profit saham anda kecil? No problem. Nobody care about your profit. Kalau anda merasa minder, iri karena profit anda masih kecil dibandingkan trader lain, itu hanya berasal dari mindset anda saja. 

Apalagi saat ini banyak trader yang sering pamer profit besar, tapi kita nggak tahu isi keseluruhan portofolionya seperti apa. Apakah yang dipamerkan hanya profitnya, sedangkan saham2 lainnya nyangkut? 

Apakah trader yang pamer profit besar karena hasil analisanya sendiri? Atau keberuntungan sesaat hanya karena ikut-ikutan beli saham, dan kebetulan sahamnya pas lagi naik banyak, tapi trader sendiri nggak tahu kenapa beli saham tersebut? Bisa jadi... Who knows... 

Jadi tidak ada gunanya kita melihat profit kita dengan profit trader laing yang 'lebih besar'. Pos ini semoga bisa memberikan tambahan insight dan mindset trading, dan cara-cara kita untuk menilai progress kita pribadi di market. Salam Profit. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.