Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Keuntungan Beli Saham 1 Lot

El Heze

Minimal pembelian saham di Bursa Efek adalah 1 lot. 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Kalau anda beli saham 1 lot, tentu anda tidak perlu mengeluarkan duit besar untuk mendapatkan saham tertentu. 


Tapi jika anda beli saham 1 lot, maka profit yang anda dapatkan pastinya juga relatif sedikit. Semakin besar jumlah lot saham yang anda miliki, semakin besar profit yang anda peroleh jika saham anda naik. 

Namun membeli saham 1 lot itu juga ada manfaatnya. Anda tidak harus selalu membeli saham dalam jumlah lot yang besar hanya karena bernafsu mengejar profit setiap saat di market. 

Walaupun tujuan kita trading saham adalah untuk dapat untung, namun ada kalanya anda juga perlu memulai beli saham dengan modal kecil, entah itu 1 lot atau beberapa lot saja. 

Dari pengalaman saya pribadi, membeli saham dengan jumlah lot kecil juga memberikan manfaat. Berikut manfaat-manfaat beli saham dengan lot sedikit: 

1. Menguji sistem trading 

Jika anda baru saja menemukan sistem trading yang baru, tentu anda harus mengujinya terlebih dahulu.  Karena sistem trading yang baru saja anda temukan, harus melalui pengujian untuk membuktikan apakah sistem trading anda bisa memberikan profit konsisten, dan bisa digunakan dalam trading2 anda selanjutnya. 

Jadi ketika anda sedang mencoba sistem trading baru, sebaiknya anda menguji sistem dengan cara mencoba beli saham 1 lot atau beberapa lot dulu. Tujuannya untuk meminimalkan risiko. 

Apabila ternyata sistem trading yang anda jalankan tidak cocok dengan karakter anda, dan anda harus cut loss, maka kerugian anda hanya sedikit sekali, karena anda menguji sistem trading dengan 1 lot atau beberapa lot saja. 


Kalau ternyata sistem trading anda membuahkan profit, barulah anda bisa pertimbangkan untuk menambah jumlah lot lebih banyak pada trading2 selanjutnya. Jadi membeli saham dengan lot kecil itu juga memberikan manfaat. 

2. Latihan trading

Untuk trader saham pemula yang butuh latihan trading terlebih dahulu, beli saham dengan lot kecil akan memberikan banyak manfaat. Trading dengan lot kecil dapat digunakan sebagai sarana untuk latihan trading.

Jika anda belum siap mengelola modal besar di saham, anda bisa latihan membeli saham dengan jumlah lot kecil terlebih dahulu. Karena biar bagaimanapun, untuk melangkah ke level trading selanjutnya, anda harus memulai bertahap. 

Ibarat anda ingin menjadi pemain bola dunia. Anda harus memulai dari bawah, yaitu berlatih dulu di kampun halaman anda, seleksi dan bermain di klub kecil, hingga anda bisa menembus level lokal, nasional bahkan internasional. 

Tidak mungkin anda yang baru belajar main bola tiba2 mengikuti kejuaraan internasional. Anda harus berlatih dulu mulai dari hal-hal (level) yang kecil. 

Hal ini sama dengan trading saham. Beli saham dengan lot kecil juga bisa menjadi sarana latihan trading, yaitu untuk mempersiapkan mental, memilih saham, serta menguji sistem trading anda.  

3. Membentuk mental trading secara bertahap

Banyak trader saham yang ingin dapat profit besar dan cepat, akhirnya trader melakukan tindakan gegabah dengan membeli saham dalam jumlah besar. Padahal trader belum siap membeli saham dengan lot besar. Pada akhirnya modal yang besar justru tidak bisa memberikan profit. 

Beli saham dengan lot kecil juga berguna untuk melatih mental trading. Jika anda bisa profit lebih konsisten dengan lot kecil, psikologi dan mental trading anda akan terbentuk secara bertahap, dan pada akhirnya anda lebih siap melangkah ke level selanjutnya (beli saham dengan lot lebih banyak). 

Tapi coba bayangkan kalau anda langsung beli saham ratusan bahkan ribuan lot, dan sebelumnya anda belum pernah membeli saham sebanyak itu. Kemudian saham yang anda beli langsung turun banyak. Apakah psikologis anda bisa menerima hal ini? 

Itulah keuntungan2 beli saham 1 lot atau beberapa lot. Tidak ada salahnya anda memutuskan beli saham pakai lot sedikit terlebih dahulu.  

Intinya, anda nggak perlu minder trading dengan lot kecil, hanya karena melihat trader lain bisa profit ratusan juta, atau karena anda nggak sabar ingin dapat profit besar di saham, padahal anda baru saja memulai trading. 

Tapi bagaimanapun juga, tentu saja anda tidak mungkin terus menerus beli saham 1 lot atau beberapa lot kan? Pasti ada waktu di mana anda akan menambah jumlah lot, menambah modal dan menambah portofolio untuk trading. 

Jika dengan jumlah lot kecil anda sudah bisa profit, anda sudah bisa screening saham, anda sudah menemukan sistem trading yang cocok untuk anda sendiri, anda bisa mulai menambah jumlah lot yang lebih banyak, serta diversifikasi saham.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.