Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal Saham FREN

Beberapa waktu lalu, ada rekan trader yang request untuk mengulas analisis teknikal saham FREN. Rekan trader sempat bertanya: 

 

"Bung Heze, saham FREN kan harganya murah. Kalau kita beli sahamnya dan jual satu fraksi saja diatas harga beli, kita sudah profit. Apalagi FREN kan termasuk saham yang bid offernya agak banyak walaupun sahamnya termasuk saham gorengan." 

Pertanyaan ini cukup menarik karena kalau kita perhatikan bid offer FREN saat jam trading berikut: 

Bid offer FREN memang cukup banyak, di mana 1 antrian harga terdikir dari ratusan ribu lot. Tetapi kalau kita perhatikan chart saham FREN: 

Analisis Teknikal Saham FREN

Pada grafik, terlihat pola saham FREN punya volatilitas harga sangat tinggi, di mana harga sahamnya sangat mudah turun drastis dalam waktu cepat. Di satu sisi, terkadang sahamnya juga bisa naik secara drastis dalam waktu singkat.  

Saran saya, jangan mudah terkecoh dengan harga saham yang murah secara nominal. Walaupun secara hitung-hitungan anda bisa dapat profit lebih cepat karena fraksi harganya rendah, tetapi anda harus lihat potensi pergerakannya di market. 

Karena biar bagaimanapun, tipe2 saham lapis tiga ini juga punya risiko yang tinggi. Nah, karena kita sekarang bicara tentang analisis teknikal, maka anda bisa simak beberapa pola analisis teknikal FREN:   

1. FREN pernah menjadi saham gocap

Perhatikan grafik saham FREN diatas (tanda persegi). Saham FREN sudah pernah turun berangsur dan menjadi saham gocap (saham tidur dan tidak diperdagangkan) selama beberapa minggu. 

Walaupun akhirnya FREN bisa naik lagi, tetapi tren sahamnya masih belum meyakinkan. Waspadai jika saham sudah pernah jadi saham tidur (gocap). Jika sewaktu-waktu harga saham jatuh, maka sahamnya bisa balik lagi ke gocap.

Ingat, salah satu prinsip analisa teknikal adalah history repeat itself (sejarah akan terulang). Meskipun konsep ini bukanlah patokan baku, tetapi tidak menutup kemungkinan saham yang sudah pernah jadi saham gocap, harganya akan turun ke Rp50.

Hal ini sudah pernah terjadi pada saham2 gorengan seperti CPGT (Sudah delisting), BUMI, TRAM dan lain2.

2. Fluktuatif FREN cukup lama 


FREN seringkali mengalami tren sideways, di mana harga sahamnya diam di tempat. Sehingga, pergerakan FREN ini terkadang kurang atraktif untuk trading jangka pendek.

Jadi untuk saham FREN ini, saran saya jangan terlalu optimis setelah anda beli sahamnya bakalan langsung naik drastis. Sangat mungkin saham FREN yang anda tradingkan harganya akan sideways dulu, atau bahkan turun 1-2 poin baru kemudian naik diatas harga beli anda.

Karena walaupun ada waktu-waktu di mana fluktuatifnya tinggi, namun saham FREN sering bergerak dalam tren sideways dan volatilitas lambat.      

3. Di momen tertentu, sahamnya bisa naik tinggi 

Seperti yang kita ulas sebelumnya, bahwa saham FREN ini termasuk dalam kriteria saham gorengan. Baca juga: Kenali Saham Gorengan di Indonesia. 

Salah satu ciri saham gorengan adalah kenaikan dan penurunan harga sahamnya yang bisa terjadi dalam waktu singkat. Anda bisa perhatikan lagi grafik FREN diatas (yang pertama), di mana saham FREN beberapa kali bisa mengalami kenaikan yang sangat drastis (tanda2 lingkaran). 

TRADING SAHAM FREN

Jika anda ingin trading di saham FREN, ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan. 

1. Trading cepat

Jika saham FREN yang anda tradingkan sudah naik tinggi, sebaiknya anda segera take profit. Karena bedasarkan chart / pola FREN diatas, kenaikan saham FREN biasanya tidak bertahan lama, dan tren-nya juga relatif turun. 

Apalagi harga saham FREN yang sudah pernah menyentuh gocap juga harus jadi perhatian trader. Jangan sampai karena anda ngarep saham FREN naik terus, justru ujung2nya saham anda akhirnya nyangkut padahal sebelumnya anda sudah profit.

Anda juga bisa manfaatkan trading menitan di saham FREN apabila fluktuatif FREN bergerak naik lebih cepat dari biasanya, yaitu manfaatkan beli dan jual saham dalam waktu beberapa menit, take profit diatas harga beli anda. 


Pada chart FREN ini, beberapa kali saham FREN mengalami kenaikan yang tinggi. Anda bisa manfaatkan trading cepat saat high volatil.    

2. Disiplin cut loss dan diversifikasi portofolio 

Karena FREN adalah saham yang secara teknikal tidak terlalu likuid, dan secara tren juga pernah turun ke gocap, ada baiknya anda lebih disiplin dalam menetapkan cut loss. 

Namun kalau saham FREN yang anda beli harganya masih sideways, ada baiknya anda hold dulu, karena pola saham FREN lebih banyak sideways disertai naik turun 1-2 fraksi. Saran saya, kalau saham FREN yang anda beli harganya masih sideways, anda bisa langsung pasang harga jual 1-2 fraksi diatas harga beli anda.   

Di satu sisi, usahakan untuk selalu diversifikasi saham. Sebaiknya anda juga memiliki saham2 yang lebih likuid di portofolio seperti saham blue chip dan saham2 LQ45. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.