Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham, Tapi Nggak Ada Waktu

"Bung Heze saya ingin bisa dapat profit dari saham, tapi saya punya banyak project pekerjaan lapangan. Bagaimana solusinya? Strategi trading apa yang harus saya gunakan? Atau sebaiknya investasi jangka panjang?"


Diatas adalah salah satu pertanyaan yang saya terima dari rekan trader. Karena saya yakin pertanyaan ini juga banyak dialami oleh para trader saham part time yang punya kesibukan, maka saya ingin membahas langsung di web Saham Gain ini, supaya bisa dijadikan pertimbangan untuk rekan-rekan juga. 

Dalam trading jangka pendek, harus saya akui anda memang harus meluangkan waktu lebih banyak untuk memantau market dan saham. Masalahnya waktu free setiap orang berbeda. 

Ada yang punya waktu free cukup banyak. Namun ada juga yang cukup sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Nah buat anda yang ingin trading saham namun tidak memiliki banyak waktu, anda bisa gunakan beberapa strategi berikut:

INVESTASI SAHAM   

1. Investasi jangka menengah - panjang 

Kalau anda tidak punya banyak waktu untuk memantau market, anda bisa pertimbangkan untuk menerapkan investasi saham (beli dan simpan saham untuk jangka panjang). 

Karena dengan investasi saham, anda nggak perlu sering2 melihat market, memantau saham ataupun menganalisa saham rutin. Untuk investasi saham, anda harus memilih saham-saham yang bagus untuk jangka panjang. 

Investasi saham tidak 100% menjamin anda profit apabila anda membeli saham yang salah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan investasi, anda harus mempelajari analisa fundamental dan memilih saham2 yang kinerjanya bagus dalam jangka panjang. 

Untuk anda yang ingin investasi saham, anda bisa full praktik yang simpel untuk menemukan saham2 bagus jangka panjang disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula Expert. Tujuannya supaya anda bisa membeli saham yang tepat dan dapat menghasilkan profit jangka panjang. 

Di Ebook Analisis Fundamental, kita juga bahas cara-cara mencari saham yang tahan banting dan saham-saham yang bisa memberikan passive income (dividen) lebih maksimal pada investor. 

Investasi saham ini merupakan solusi untuk banyak orang yang tidak ada waktu trading. Satu-satunya cara supaya anda bisa tetap meraih profit dari saham ya anda harus menyimpan saham buat jangka panjang. 

Dalam kurun waktu diatas 1 tahun, anda hanya tinggal menunggu saham anda naik. Dan kalau anda membeli saham yang rajin membagikan dividen, anda juga akan mendapatkan passive income setiap tahun.  

TRADING SAHAM 

Namun kalau anda punya kesibukan dan masih punya waktu untuk memantau market, anda bisa pertimbangakan buat tetap trading saham. Bagi anda yang punya kesibukan, sebaiknya anda tidak perlu memnatau market setiap saat, kecuali kalau waktu free anda banyak. Anda bisa gunakan strategi berikut untuk trading saham: 

1. Analisa saham malam hari / saat free 

Ketika ada waktu free, sebisa mungkin lakukan analisa saham untuk memilih saham2 mana yang akan anda tradingkan. 

Dahulu ketika saya masih menjadi trader part time, saya pribadi lebih suka meluangkan waktu malam hari buat analisa saham dan utak-atik grafik. Karena malam hari market sudah tutup, sehingga candlestick sudah tidak berubah-ubah lagi dan kita lebih santai melakukan analisa. 

Anda juga bisa pertimbangkan analisa saham saat pagi hari sebelum berangkat kerja. Waktu luang setiap orang berbeda-beda. Anda bisa pertimbangkan waktu luang yang paling tepat buat anda untuk analisa saham pribadi. 

2. Screening saham pilihan 

Sangat penting bagi trader untuk melakukan screening saham, terlebih jika anda tidak punya banyak waktu untuk memantau market. 

Anda bisa pelajari praktik2 cara praktis melakukan screening saham pemula - expert untuk mendapatkan stock pick layak trading disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Jumlah saham di Bursa Efek ada banyak. Anda tentu tidak mungkin memilih dna menganalisa semua saham buat trading saat jam market. Terlebih jika waktu anda cukup terbtas. 

Oleh karena itu, dengan memiliki beberapa stock pick saham yang bagus buat trading, anda bisa lebih fokus pada saham-saham pilihan, sehingga anda bisa tetap trading di jalur yang benar walaupun anda memiliki kesibukan lain.  

2. Gunakan advanced order untuk trading saham 

Advanced order merupakan fasilitas sekuritas yang dapat digunakan trader untuk memasang harga beli dan jual saham pada harga dan rentang waktu yang diinginkan. Fasilitas ini mirip dengan Good Till Cancel Order. Anda bisa baca juga disini: Trading Saham, Haruskah Pantau Layar Tiap Menit? 

Dengan cara ini, trader bisa memasang harga beli dan jual sampai batas waktu yang anda inginkan, sehingga anda tidak perlu memantau dan memasang harga beli / jual saham setiap jam market buka.  Cara ini sangat efektif diterapkan untuk trader yang punya banyak kesibukan. 

3. Terapkan strategi swing trading  

Swing trading berarti anda membeli dan menyimpan saham untuk jangka waktu satu minggu sampai dengan satu bulan. Dengan strategi ini, anda tidak perlu memantau market setiap saat karena jangka waktu trading anda tidak terlalu pendek. Pelajari cara-cara memilih saham untuk swing trading disini: Strategi Swing Trading Saham. 

Buat para trader yang tidak punya banyak waktu, anda bisa coba terapkan strategi-strategi diatas, supaya anda bisa tetap efektif dalam menganalisa, memilih dan memasang posisi trading. 

Nah tapi kalau kondisi saat ini anda tidak memungkinkan buat trading saham, maka anda bisa pertimbangkan untuk lebih dominan ke investasi saham jangka panjang. Pilihlah apa yang sesuai dengan karakter dan kondisi masing-masing. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.