Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham yang Produknya Dibutuhkan

El Heze

Perusahaan go public yang produknya dibutuhkan oleh masyarakat banyak, biasanya sahamnya juga sering diincar trader maupun investor. Dalam analisa saham, anda juga perlu menganalisis perusahaan2 yang punya produk yang selalu digunakan. 


Karena hal ini juga mempengaruhi minat market untuk mentradingkan sahamnya. Di pos ini, kita akan coba bahas beberapa saham perusahaan yang produknya selalu dibutuhkan masyarakat:

1. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) 

UNVR memproduksi barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti sabun, shampo, pasta gigi, produk-produk home care (Rinso, Super Pell dan lain2). Dalam keadaan apapun, masyarakat tetap membutuhkan produk-produk Unilever. 

Karena mayoritas produk UNVR termasuk dalam kebutuhan sehari-hari yang selalu kita gunakan. Kita juga dengan mudah menemukan produk-produk Unilever.

2. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) 

INDF memproduksi barang-barang kebutuhan pokok seperti minyak goreng, mentega, tepung terigu, penyedap makanan, makanan ringan, minuman. Berbagai varian produk INDF ini juga selalu dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

3. PT Indofood CBP Tbk (ICBP)

ICBP merupakan anak usaha INDF yang memproduksi mi instan dengan merk Indomie. Dalam keadaan apapun, produk Indomie selalu dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Produk ICBP juga dapat ditemukan dimanapun. 

4. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM)

TLKM merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa layanan internet, dengan brand yang cukup ternama yaitu Telkomsel. Saat ini dengan berkembangnya teknologi dan banyak hal yang bisa kita akses secara online melalui internet, maka produk TLKM selalu dibutuhkan oleh masyarakat dalam keadaan apapun. 

Selain TLKM, ada juga penyedia jasa layanan internet seperti ISAT, FREN, EXCL. Di Bursa Efek, TLKM yang sahamnya paling likuid dan merupakan market leader di sektor industrinya. 

5. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) 

KLBF memproduksi obat-obatan dan vitamin. Obat dan vitamin merupakan produk yang pasti dibutuhkan oleh seluruh kalangan masyarakat. Dalam keadaan ekonomi sedang bagus atau lesu, masyarakat tetap akan membutuhkan obat dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.  

6. PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk 

SIDO memproduksi berbagai macam merk jamu, di mana varian produk SIDO Muncul ini juga dikonsumsi oleh masyarakat dan produknya juga mudah anda temukan dimanapun. Beberapa varian produk SIDO bisa anda lihat juga disini: Varian Produk SIDO Muncul. 

Perusahaan2 yang produknya dibutuhkan masyarakat luas biasanya memiliki pergerakan saham yang cenderung lebih stabil. 

7. Tambahan: Perusahaan perbankan (BBCA, BBRI, BMRI, BBNI) 

Masyarakat selalu membutuhkan sarana perbankan untuk menyimpan uang, menabung, deposito, mengajukan kredit. Perbankan adalah salah satu yang dapat mempengaruhi roda perekonomian negara. 

Di Bursa Efek, ada big four saham perbankan yaitu Bank BCA (BBCA), Bank BRI (BBRI), Bank Mandiri (BMRI) dan Bank BNI (BBNI), di mana keempat bank tersebut merupakan market leader di sektor industri dan pergerakan sahamnya stabil.  

Namun untuk saham2 perbankan biasanya lebih sensitif terhadap perkembangan berita ekonomi. Pada saat ekonomi lesu seperti tahun 2008, 2015, dan saat wabah Covid 2020, kinerja perbankan akan ikut terkena imbasnya. 

Tetapi ekonomi lesu tentu nggak terjadi setiap saat. Sehingga perusahaan perbankan ini tetap termasuk dalam daftar perusahaan yang produknya masih selalu dibutuhkan masyarakat.

Kalau kita lihat daftar saham2 diatas, mayoritas perusahaan yang produknya dibutuhkan masyarakat adalah produk2 consumer goods, karena bagaimanapun juga barang konsumsi akan tetap diperlukan seperti apapun keadaan ekonomi saat itu. 

Sebenarnya masih banyak perusahaan2 yang produknya sering dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari misalnya anda bisa perhatikan produk air minum Cleo (CLEO) atau perusahaan produksi makanan2 ringan seperti Mayora (MYOR).   

Perusahaan2 yang kita bahas di pos ini, produknya bukan hanya sekedar dibutuhkan, namun juga memiliki brand image yang cukup bagus. Anda bisa perhatikan sendiri pergerakan harga sahamnya di market (teknikal). 

Lalu bagaimana dengan sektor2 lain seperti properti, CPO, mining, jasa? 

Perusahaan2 tersebut produknya juga dibutuhkan, namun tidak "sesering" produk2 perusahaan yang kita ulas diatas, karena suatu produk dikatakan SELALU DIBUTUHKAN apabila produk2 tersebut memang digunakan langsung dalam keseharian dan secara rutin alias sifatnya bukan cyclical product

Sebagai trader dan investor saham, anda juga harus bisa memetakan perusahaan2 yang produknya dibutuhkan masyarakat, karena hal ini juga akan berpengaruh pada harga sahamnya. 

Perusahaan2 yang kinerjanya bagus, market cap besar dan produknya selalu dibutuhkan, harga sahamnya juga lebih likuid di market. Hal ini akan memberikan keuntungan untuk trader yang murni teknikalis (mengandalkan analisa chart), karena saham2 likuid lebih mudah dianalisa dan cenderung low risk. 

Sedangkan bagi investor saham, perusahaan2 yang produknya selalu dibutuhkan masyarakat bagus sebagai sarana investasi jangka panjang, karena pergerakan sahamnya biasanya lebih stabil dan bisa naik jangka panjang, serta rutin membagikan dividen.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.