Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham LQ45 Terbaik

El Heze

Indeks saham LQ45 merupakan daftar 45 saham paling likuid di Bursa Efek. Saham2 LQ45 punya frekuensi perdagangan paling aktif, dan tidak sedikit saham2 LQ45 yang punya kinerja fundamental bagus. 


Lalu, apakah semua saham LQ45 adalah saham yang bagus buat trading? Apakah ada saham LQ45 terbaik? 

Berdasarkan pengalaman trading pribadi, walaupun saham2 LQ45 adalah saham2 paling likuid, tapi tidak semua saham punya momentum yang sama. Misalnya, saham BBRI dan BMRI hari ini bagus buat trading. 

Belum tentu hal ini diikuti dengan saham2 LQ45 lainnya. Sangat mungkin saham2 LQ45 yang lain harganya sedang turun. Jadi jangan beranggapan bahwa semua saham di indeks LQ45 punya pergerakan yang sama. 

Faktor analisa chart, momentum, sektor saham bisa memberikan hasil dan sinyal yang berbeda-beda terhadap suatu saham. 

Selain itu, beberapa saham LQ45 juga bisa mengalami perubahan tren saham (awalnya likuid jadi tidak likuid). Hal ini pernah terjadi misalnya pada saham MYRX dan TRAM. Akhirnya pada periode berikutnya, saham2 tersebut keluar dari indeks LQ45. 

Jadi buat anda yang ingin mencari saham LQ45 terbaik, anda tetap harus memilah lagi saham-saham terbaik untuk ditradingkan. Karena tidak ada jaminan saham LQ45 pasti akan naik jika anda tradingkan. 

Analisa teknikal, screening dan kualitas setiap saham harus anda perhatikan, supaya anda bisa memilih saham2 yang paling bagus. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencari saham LQ45 terbaik: 

1. Saham LQ45 yang analisa chartnya paling bagus 

Apapun saham yang ingin anda beli, anda harus selalu melakukan dua analisa: ANALISIS TEKNIKAL dan SCREENING SAHAM. Karena setiap saham ada momentumnya, maka pilihlah saham LQ45 yang punya peluang paling bagus untuk trading saat itu.

Lets say dari 45 saham LQ45, ada 3 saham yang sedang bagus sinyalnya. Maka 3 saham itulah yang sebaiknya anda prioritaskan buat trading. Jadi, anda tidak asal memilih saham LQ45. Karena tidak semua saham LQ45 punya peluang naik yang sama.  

Anda bisa pelajari full praktik cara-cara screening saham bagus untuk trading disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Ada saham LQ45 yang berpeluang naik di hari itu. Ada juga yang stagnan. Ada juga yang turun. Saham yang paling bagus secara chart (teknikal), itulah saham yang sebaiknya anda prioritaskan terlebih dahulu. 

2. Saham LQ45 yang paling konsisten 

Setiap periode (6 bulan sekali), selalu ada saham-saham yang keluar dari indeks LQ45, dan diganti dengan saham2 pendatang baru LQ45. Saham2 yang keluar dari LQ45 biasa

Buat anda yang ingin 'main aman', anda bisa pertimbangkan untuk memprioritaskan trading pada saham2 LQ45 yang PALING KONSISTEN berada indeks (tidak pernah keluar indeks LQ45 paling tidak selama minimal 3-5 tahun). Berikut beberapa saham LQ45 yang tidak pernah keluar dari indeks selama 3-5 tahun terakhir: 

Saham LQ45 terbaik

Itu adalah daftar beberapa saham LQ45 yang konsisten selama beberapa tahun. Kalau tujuan anda adalah mencari saham yang paling likuid, maka pilihlah saham2 yang paling konsisten berada di indeks. 

Tapi untuk mengambil keputusan trading, tetap saja anda harus kembali menganalisa chartnya. Karena tidak ada jaminan bahwa saham2 LQ45 tren sahamnya pasti bagus. 

Saham TLKM contohnya. Walaupun konsisten terdaftar di indeks, namun karena terjadi penurunan kinerja fundamental, tren saham TLKM relatif turun. Hal ini akhirnya membuat pergerakan saham TLKM kurang atraktif untuk trading. 

SAHAM LQ45 TERBAIK 

Itulah analisa-analisa yang bisa anda lakukan untuk mencari saham-saham Lq45 terbaik, yaitu memilih saham dengan analisa chart, screening stock pick dan memilih saham2 LQ45 yang paling konsisten terdaftar di indeks. 

Trading di saham LQ45 tentu bukanlah suatu keharusan. Karena di Bursa Efek, ada banyak saham yang bagus untuk anda tradingkan. Selain memilih saham2 LQ45, anda juga boleh menganalisa dan mentradingkan saham2 yang lain.  

Walaupun indeks LQ45 berisi saham2 likuid, tetapi anda harus selalu melakukan analisa dan mengambil keputusan rasional dan objektif sebelum trading.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.