Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pola Saham Gorengan: Saham KBAG

El Heze

Saham KBAG ketika listing di pasar saham cukup menarik perhatian banyak trader saham. Saham yang listing di harga Rp180-an, harganya naik cepat ke 400 dalam kurun waktu 3 bulan. 


Walaupun secara teknikal pergerakan sahamnya jelas belum teruji, karena kenaikan saham secara drastis tidak diikuti dengan volume yang stabil. Di satu sisi saham yang baru IPO volatilitasnya biasanya cenderung tinggi. 

Kenaikan saham KBAG di hari awal listing membuat banyak trader yang ingin membeli sahamnya. Demikian juga saat KBAG sudah naik ke 350-400, para trader yang belum sempat beli, akhirnya tergoda untuk ikut masuk di saham KBAG.    

Padahal secara teknikal, saham2 yang naik drastis, namun tidak disertai likuiditas yang bagus. Market cap KBAG hanya sekitar 357 miliar. Market cap tersebut sangat kecil untuk ukuran perusahaan go public.

Dengan market cap yang kecil, mudah bagi bandar saham untuk pompom sahamnya. Baca juga: Saham Gorengan: Cara Kerja Saham Pom-Pom. 

Beberapa waktu ada beberapa trader yang nyangkut di saham KBAG pada harga yang cukup tinggi yaitu di 380-an. Saat ini KBAG sudah berada di harga terendah Rp50. Hal ini membuktikan bahwa saham yang market cap-nya kecil, tidak likuid itu sangat berbahaya untuk trader.  

Kita akan coba pelajari bagaimana pola / bentuk pergerakan saham gorengan melalui chart saham. Yap, seperti yang kita ulas diatas, kita akan gunakan contoh saham KBAG. 

Saham KBAG

Beberapa ciri utama saham gorengan yang dapat kita lihat pada grafik saham gorengan: 

1. Naik turunnya sangat cepat 

Naik turun yang sangat drastis dalam waktu singkat, seperti yang anda lihat pada tanda lingkaran diatas. Itu adalah salah satu ciri saham gorengan, di mana bandar sedang pom-pom saham, sehingga harganya naik cepat. 

2. Tidak diimbangi dengan likuiditas yang tinggi (volume rendah)

Naiknya saham (poin pertama) tidak diimbangi dengan likuiditas yang tinggi. Volumenya cenderung rendah dan bid-offer biasanya hanya puluhan-ratusan. 

3. Posisi candlestick tidak beraturan 

Posisi candlestick terkadang hanya membentuk seperti garis. Anda bisa perhatikan lebih detail tanda-tanda lingkaran diatas, di mana ada banyak candlestick yang membentuk seperti garis saja, dan nyaris tidak ada body candlestick. 

Hal ini menunjukkan bahwa transaksi saham tersebut sangat sedikit, sehingga harganya cenderung tidak berubah, dengan pola transaksi harian yang rendah. Namun suatu saat, saham bisa memberikan kejutan dengan naik atau turunnya harga secara signifikan. 

4. Sering terjadi penurunan drastis 

Sering terjadi penurunan harga saham secara drastis, di mana harga saham tiba-tiba jatuh puluhan persen dalam waktu singkat. Nah, kalau perhatikan lagi chart KBAG diatas, maka anda bisa perhatikan pola-pola penurunan yang tajam. 

Bahkan saham KBAG saat ini turun sampai ke harga terendah Rp50 dan tidak ditradingkan lagi. Logikanya, kalau saham banyak peminat, nggak mungkin saham tersebut turun terus sampai Rp50 dan tidak ditransaksikan. 

Namun jika saham turun terus secara tidak wajar, hal ini mengindikasikan bahwa saham lebih banyak dikuasai dan dimainkan oleh bandar. 

TRADING SAHAM GORENGAN 

Chart KBAG diatas hanyalah salah satu contoh saham gorengan di market. Namun dari sini kita sebenarnya sudah bisa mengambil banyak pelajaran berharga. 

Salah satunya, jangan pernah mengejar saham gorengan yang sudah naik tinggi. Semakin tinggi saham gorengan naik, dan semakin banyak direkomendasikan beli, itu adalah pertanda saham sudah mulai berpotensi jatuh.

Masalahnya kalau itu adalah saham gorengan, bisa jadi saham tersebut turun terus dan ujung2nya tidak kembali ke harga semula. 

Banyak trader yang nyangkut di saham KBAG pada harga ditas 350, karena trader tergoda membeli sahamnya, karena banyak rekomendasi2 untuk trading di KBAG. Kalau kasusnya seperti KBAG di mana harganya turun ke Rp50, anda tidak akan bisa menjual sahamnya di pasar reguler.

Cara satu-satunya ya anda hanya menunggu kapan saham KBAG 'digoreng' lagi. Atau kalau anda ingin jual rugi, anda bisa jual di pasar negosiasi melalui perantaraan broker anda. 

Semoga dengan ulasan di pos ini, kita sebagai trader bisa lebih dalam menganalisa pola suatu saham sebelum mentradingkannya. Saham yang terlihat ramai, naik, menarik, banyak direkomendasikan belum tentu saham tersebut bagus. 

Justru banyak saham yang menjebak di market, seperti pola saham KBAG diatas. Analisa objektif dan pengetahuan analisa saham harus dimiliki oleh setiap trader. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.