Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Perbandingan Kinerja Fundamental Saham

Pada saat anda membaca laporan keuangan perusahaan, anda mungkin perlu membandingkan kinerja perusahaan dengan beberapa perusahaan lain melalui laporan keuangannya. Namun anda tidak punya banyak waktu untuk mengolah banyak data pada laporan keuangan. 

  


Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk membandingkan kinerja laporan keuangan antar beberapa perusahaan adalah melalui situs sekuritas. Disini saya akan menggunakan contoh website Danareksa Sekuritas yang bisa digunakan untuk membandingkan kinerja fundamental beberapa perusahaan. 

1. Masuk ke website Dmia.danareksaonline.com --> pilih Berita & Riset 


2. Lalu muncul tampilan seperti berikut:


Pilih Stock Info dan kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut: 


Anda bisa masukkan kode saham yang ingin anda cari laporan keuangannya untuk dianalisa. Disini saya menggunakan contoh saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Saya masukkan kode saham TLKM dan kemudian klik 'Cari'. 
 
3. Pilih Financial Highlights --> Comparison
 

Pada menu Financial Highlights pilihlah menu Comparison untuk memunculkan data-data laporan keuangan perusahaan. Setelah itu muncul data laporan keuangan TLKM sebagai berikut: 


Perhatikan tanda kuning. Itulah data-data laporan keuangan TLKM ditulis dalam ribuan Rupiah. Nah, untuk membandingkan kinerja keuangan dengan sektor sejenis, anda bisa tambahkan beberapa kode saham (pada situs Danareksa maksimal anda bisa bandingkan dengan tiga perusahaan). 

Anda tinggal tambahkan kode saham yang ingin anda bandingkan kinerja keuangannya pada kotak-kotak kosong diatas lalu pilih 'Go'. Anda juga bisa pilih periode laporan keuangan yang ingin anda analisa. Anda bisa analisa per triwulan ataupun tahunan. 

Untuk membandingkan laporan keuangan perusahaan, ada baiknya anda bandingkan dengan perusahaan di satu sektor yang sama. Karena yang kita ambil contoh adalah perusahaan TLKM, kita coba bandingkan dengan EXCL, ISAT dan FREN. Dengan membandingkan beberapa laporan keuangan perusahaan melalui situs Danareksa, anda sudah bisa compare dengan jelas perbandingannya: 



Pada situs Danareksa, tidak ditampilkan semua komponen laporan keuangan. Namun laporan keuangan yang ditampilkan s
udah dirangkum sedemikiDan rupa angka-angka yang penting. Tujuannya untuk memudahkan anda dalam melakukan analisa cepat sekaligus untuk membandingkan komponen2 penting laporan keuangan pada beberapa perusahaan. 

Anda juga bisa bandingkan beberapa analisis rasio keuangan, yaitu OPM, NPM, ROE, ROA, DER dan Book Value. Beberapa rasio tersebut juga merupakan analisa rasio yang sangat penting dalam analisa fundamental, sehingga anda perlu memperhatikan ukuran2 rasio ini ketika menganalisa laporan keuangan. 

Dengan membandingkan rasio2 keuangan penting, anda sudah bisa melihat langsung mana perusahaan yang punya kinerja keuangan paling baik. Misalnya anda ingin bandingkan ROE keempat perusahaan diatas. 

Disini kita sudah bisa melihat bahwa ROE TLKM yang paling bagus diantara ISAT EXCL FREN. Sedangkan rasio2 yang minus (tanda persegi merah), menunjukkan bahwa perusahaan mengalami kerugian, sehingga bisa langsung anda buang dari screening analisa fundamental. 

Jadi analisa-analisa ringkas yang ditampilkan pada web Danareksa sebenarnya juga bisa anda jadikan sebagai screening singkat buat analisa fundamental.   

Namun perbandingan kinerja fundamental saham ini juga ada kelemahannya. Pertama, hanya bisa membandingkan 4 perusahaan. Kedua, terkadang untuk data laporan keuangan kuartal terbaru untuk beberapa perusahaan datanya masih belum update, karena masih belum semua data keuangan masuk.   

Namun untuk anda yang ingin menganalisa dan membandingkan fundamental perusahaan secara cepat, khususnya buat anda yang nggak punya banyak waktu untuk melihat laporan keuangan satu per satu, tampilan laporan keuangan pada situs Danareksa ini bisa menjadi opsi buat anda. 

Karena selain tampilannya yang ringkas dan laporan keuangan yang ditampilkan juga merupakan angka2 yang penting untuk dicermati investor, anda yang nggak punya banyak waktu analisa seluruh laporan keuangan, anda tidak perlu melihat semua angka2 pada laporan.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.