Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Cepat: Beli Jual Saham Sehari

El Heze

Beli jual saham sehari / trading cepat bisa anda terapkan untuk trader yang ingin meraih profit jangka pendek, tanpa harus hold saham terlalu lama. Trading cepat saham juga merupakan strategi yang saya terapkan di market. 


Di market, ada banyak saham yang bisa anda manfaatkan untuk trading jangka pendek. Trading cepat sangat efektif diterapkan dalam kondisi market yang fluktuatif dengan memperhatikan momentum, analisa chart dan analisa saham-saham yang berpotensi naik. 

Dalam trading cepat, anda harus mencari saham-saham yang punya peluang naik dalam waktu harian. Anda bisa menetapkan target take profit yang realistis, yaitu mengincar net profit beberapa poin diatas harga beli sampai 4%-an, tergantung dari kondisi market saat itu. 

Yap, saya pribadi menerapkan strategi trading harian. Salah satunya, saya mentradingkan saham INDF dengan membeli dan menjual dalam kurun waktu 1 hari trading, dan mengambil take profit sesuai dengan titik support resistennya.


Saya membeli saham INDF tanggal 16 Oktober dpada harga 7.025 dan menjual INDF di harga 7.125 pada tanggal 19 Oktober pagi hari saat awal jam market buka. Tanggal 17 dan 18 saat itu adalah hari minggu, sehingga hari efektif trading yang saya lakukan tetap dihitung 1 hari trading. 

Anda bisa pelajari praktik-praktik dan full strategi memilih saham yang berpeluang naik dalam waktu harian, plus analisa tape reading untuk trading cepat disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Itu adalah contoh trading cepat beli jual saham sehari. Untuk saham INDF yang saya terapkan diatas, memang saya mengambil take profit yang tidak terlalu tinggi, karena saya menyesuaikan dengan pola setiap saham. 

INDF merupakan saham yang fluktuatifnya rendah, sehingga untuk menetapkan target profit harian di saham2 seperti itu, saya menetapkan target profit yang tidak terlalu tinggi, menyesuaikan juga dengan resisten dan kondisi market saat itu. 

Namun untuk saham-saham lainnya, anda bisa menerapkan target take profit yang lebih tinggi, jika sahamnya memiliki fluktuatif naik turun yang lebih cepat. 

Jadi di pos ini, kita lebih kearah sharing bagaimana cara menghadapi market, khususnya buat trading cepat. Intinya, saham-saham yang bagus untuk trading cepat, adalah saham-saham yang: 
  • Analisa chartnya dan momentumnya bagus 
  • Sahamnya punya fluktuatif yang jelas
Sebagus dan se-likuid apapun sahamnya, kalau momentum dan analisanya masih belum menunjukkan tanda-tanda kenaikan, maka saham tersebut masih belum bagus buat trading cepat. 

Demikian juga, saham-saham yang fluktuatifnya jelas, membuat anda bisa lebih mudah menetapkan titik beli dan jual melalui analisa-analisa chart, momentum maupun tape reading. Analisa-analisa praktik lengkap trading harian juga kita bahas disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Dan hilangkan juga persepsi bahwa beli jual saham sehari harus diterapkan dengan cara mengincar profit 10% sehari setiap saat. Sebenarnya di web Saham Gain ini, kita juga sudah membahas banyak contoh riil trading harian di market. 

Anda bisa pelajari disini: Contoh Trading Harian Saham. Yang terpenting dari trading cepat bukanlah mengejar persentase profit sebesar mungkin. Namun anda harus mengatur modal, psikologis dan strategi trading supaya anda bisa meraih profit lebih konsisten, meminimalkan risiko dan trading dengan cara yang aman serta mudah diterapkan. 

Trading harian risikonya bisa menjadi sangat besar jika anda memilih saham-saham yang salah, atau hanya bernafsu meraih profit sebesar mungkin dalam waktu singkat. 

Trading harian sebenarnya sama dengan strategi trading lainnya, di mana anda harus memiliki trading plan, strategi, analisa yang tepat & simpel, manajemen modal serta manajemen portofolio. Dengan cara-cara inilah, anda bisa meraih profit yang lebih konsisten di market. 

Prinsip saya dalam trading cepat: "Lebih baik mendapatkan profit yang stabil, namun kita bisa menerapkan strategi tersebut secara konsisten. Ketimbang mengincar profit besar namun tidak konsisten."

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.