Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham untuk Trading

Sebelum anda memutuskan untuk membeli saham, anda harus bisa memilih saham yang paling bagus. Artinya, pilihlah saham2 yang punya potensi naik, sehingga bisa memberikan profit untuk anda. 


Tetapi dari sekian banyak saham yang anda di Bursa Efek, anda harus memilih beberapa saham saja. Anda harus membeli 1-5 saham yang menurut anda paling bagus. Di satu sisi, banyak juga saham yang pergerakannya kurang bagus, ataupun saham2 yang belum memberikan sinyal rebound / naik. 

Jadi, anda perlu memiliki ANALISIS SAHAM untuk trading. Karena di pasar saham anda memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk trading, maka anda juga punya kebebasan untuk memilih dan melkaukan analisa saham. 

Namun dengan banyaknya variasi analisa saham, anda harus tetap bisa menggunakan analisa saham yang akurat, umum (sering digunakan), simpel dan bisa dipratikkan. 

Di dalam trading saham, ada beberapa analisis saham utama yang perlu anda kuasai. Berikut analisis-analisis saham untuk trading: 

1. Analisis chart (grafik)  

Analisa utama untuk trading saham adalah ANALISIS TEKNIKAL. Yap, analisa teknikal merupakan senjata utama trader untuk meraih profit. Sebagai pemula, anda harus pahami dan kuasai analisa teknikal (chart / grafik). 

Karena dengan analisa teknikal, anda bisa mendapatkan banyak informasi untuk trading, yaitu melihat saham-saham mana yang bagus, menganalisa saham2 yang berpotensi naik, di harga berapa sebaiknya anda membeli dan menjual, saham-saham apa yang sebaiknya dipilih, dan masih banyak lainnya.

Analisa teknikal yang digunakan untuk analisa trading dan memilih adalah analisa-analisa teknikal: 
  • Candlestick dan pola-pola candlestick 
  • Analisis tren 
  • Time frame grafik saham
  • Support resisten saham 
  • Chart pattern untuk memilih saham
  • Indikator saham (leading dan lagging) 
"Tapi Bung Heze, kalau membaca analisa-analisa teknikal tersebut kan kesannya hanya teori? Bagaimana cara menggunakan analisa chart supaya bisa meraih profit dari trading saham?" Tanya anda. 

Analisa-analisa diatas adalah analisa saham yang perlu anda kuasai dengan benar. Kalau anda bisa menginterpretasikan analisa2 saham tersebut, anda akan lebih mudah memilih saham untuk trading. 

Untuk praktik2 dan kombinasi analisis chart yang bagus, simpel dan praktikal, anda bisa pelajari full praktik analisis teknikal untuk trading saham disini: Buku Saham Pemula - Expert. 

2. Tape reading (bid offer) 

Trader saham harus bisa membaca dan menganalisa bid offer. Bid offer sering disebut sebagai analisa tape reading. Membaca bid offer yang benar sangat penting, karena dengan memahami bid offer, anda bisa memasang harga beli dan jual pada harga yang benar. 

Dengan analisa bid offer, anda juga bisa mengetahui saham-saham mana saja yang likuid dan tidak likuid, yang harus dihindari untuk trading. Bid offer saham yang jelek pada umumnya sangat berisiko untuk trading. 

Kegunaan lain analisa bid offer bisa digunakan untuk menganalisa kekuatan permintaan dan penawaran saham di hari tersebut. Sehingga analisa tape reading bagus untuk trading yang ingin trading harian (intraday trading). 

Analisa-analisa dasar cara membaca bid offer dan analisa praktik tape reading bisa anda pelajari pada pos-pos berikut: Tape Reading Saham untuk Trading Harian dan Permintaan dan Penawaran di Pasar Saham (Bid-Offer). 

3. Analisa market

Analisa market global, yaitu melihat kondisi IHSG dan indeks luar negeri (Indeks AS dan mayoritas Indeks Asia). Analisa market ini sagnat berguna supaya anda bisa mengatur strategi membeli saham. 

Karena kondisi IHSG yang lagi jelek biasanya membuat banyak saham turun. Kalau anda membeli saham ketika IHSG lagi strong bearish, saat IHSG lagi banyak sentimen negatif, maka kemungkinan besar saham yang anda beli harganya akan turun terus. 

Jadi analisa market ini juga berguna sebagai ANALISIS MOMENTUM. Khususnya anda yang ingin trading saham2 likuid dan saham2 blue chip, anda juga perlu melihat kondisi pergerakan IHSG (sudah murah atau jenuh beli / terlalu mahal). 

Karena saham2 yang likuid biasanya pergerakannya cenderung mengikut pergerakan market. Terutama saham2 blue chip yang punya korelasi 99% terhadap pergerakan IHSG.

Di web Saham Gain ini, kita juga sudah pernah membahas beberapa kegunaan dan contoh analisa market untuk trader saham. Anda bisa pelajari kembali disini: Analisa Market: Indeks Dow Jones, SP500 & Nasdaq.  

4. Analisa buy sell asing dan lokal

Analisa tambahan yang bisa anda kombinasikan dengan analisa chart, tape reading untuk memilih saham adalah analisa net buy sell asing dan lokal. Dengan kata lain, anda bisa kombinasikan analisa teknikal dengan bandarmologi. 

Kita pernah membahas sedikit tentang net buy sell asing disini: Analisis Saham Berdasarkan Net Buy dan Net Sell

4. Kombinasi analisis saham 

Analisis saham biasanya tidak bisa berdiri sendiri. Misalnya indikator saham. Anda tidak bisa hanya menggunakan indikator untuk mengambil keputusan trading. 

Keputusan trading yang akurat bisa anda terapkan jika anda melakukan kombinasi beberapa analisis saham yang simpel, praktikal dan bisa diterapkan untuk memilih saham. 

Kombinasi2 analisa saham yang simpel dan full praktik bisa anda pelajari disini: Buku Saham Full Praktik Analisis Teknikal. 

ANALISIS SAHAM UTAMA 

Analisis saham utama yang harus anda kuasai adalah ANALISIS TEKNIKAL. Karena dengan analisa teknikal, anda bisa mendapatkan banyak gambaran tentang saham yang bagus untuk dibeli. Setelah itu, analisa teknikal baru bisa anda kombinasikan dengan analisa2 lainnya seperti bandarmologi dan lain2. 

Jadi sebagai trader, anda harus belajar saham dan trading di jalur yang benar. Banyak trader yang ingin mencari cara-cara instan dalam trading, misalnya dengan cara membeli software2 berbayar mahal, atau 100% mengikuti rekomendasi trader lain.

Sehingga trader justru mengabaikan pentingnya analisis teknikal dan poin2 penting yang perlu dipelajari buat trading. 

Sebenarnya anda semua memiliki kesempatan untuk meraih profit di saham, asalkan anda melakukannya dengan cara yang proses dan langkah-langkah yang benar.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.