Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Plan Saham

El Heze
Trading plan saham merupakan perencanaan trading yang berkaitan dengan keputusan beli & jual saham, termasuk mengelola modal, screening saham, manajemen risiko saham dan portofolio. 



Dari pemahaman trading plan diatas, dapat disimpulkan bahwa trading plan ini memegang peran yang sangat penting supaya karir trading anda bisa bertahan dalam jangka panjang dan membuahkan profit konsisten. 

Yap, salah satu kunci utama agar karir trading anda bisa bertahan dalam jangka panjang adalah mampu menyusun dan menjalankan trading plan. Bukan hanya sekedar tekan tombol BUY SELL di layar monitor. 

Namun saya akui, menyusun trading plan itu nggak semudah membalikkan telapak tangan. Karena anda harus bisa menguji apakah trading plan yang anda gunakan bisa menghasilkan profit atau tidak. 

Tentu saja tidak mungkin anda trial and error setiap saat menggunakan modal trading anda. Kalau trading plan anda tidak cocok, bisa-bisa duit anda yang habis buat trading. 

[Anda bisa pelajari panduan lengkap menyusun & menjalankan trading, manajemen modal, psikologis trading dan strategi trading yang simpel dan praktikal untuk trader pemula - expert disini: Buku Saham]. 

Oleh karena itu, untuk anda yang baru pertama kali mencoba menyusun trading plan saham, ada baiknya anda menguji trading plan dan memulai trading plan anda step by step. 

Ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menguji trading plan sampai trading plan anda benar-benar bisa digunakan sebagai panduan trading pribadi.. Apa saja itu? Mari kita bahas....  

1. Gunakan virtual trading 

Jika anda sudah mencoba menyusun trading plan, tetapi belum yakin untuk memulai trading dengan modal beneran, anda bisa memulainya dengan virtual trading. 

Virtual trading merupakan trading dengan modal dummy (bukan pakai duit beneran). Virtual trading sangat berguna untuk menguji apakah trading plan yang anda susun efektif diterapkan di market atau tidak, tanpa anda harus kehilangan modal. 

Virtual trading sangat efektif untuk trader pemula, karena dengan virtual trading, anda sudah ada gambaran tentang kondisi pasar saham dan saham-saham apa yang bagus untuk trading. 

Sehingga ketika anda masuk ke pasar saham pakai modal beneran, anda sudah paham apa yang harus dilakukan. Anda sudah paham saham2 apa saja yang harus dibeli. Saham2 apa yang menguntungkan. Saham2 apa saja yang berisiko. 


Saya sendiri sebelum beli saham pakai modal beneran, saya melakukan virtual trading terlebih dahulu, untuk menguji trading plan, mempelajari pasar saham, mekanisme market dan saham2 yang bagus untuk trading. 

Pelajari juga: Cara Trading dengan Demo (Virtual) Trading Saham dan Modal Ideal Trading Saham. 

2. Mulai dengan modal kecil

Walaupun anda sudah menguji trading plan dengan virtual trading... Walaupun trading plan anda terlihat menguntungkan buat anda. Sebaiknya selalu mulai gunakan modal kecil untuk trading saham terutama buat trader pemula. 

Modal kecil dapat membuat psikologis anda lebih tenang, sehingga anda mampu menyusun dan mengembangkan trading plan secara bertahap serta tidak tergesa-gesa. 

Trading plan yang anda jalankan bisa menghasilkan keuntungan jika anda memulai trading secara bertahap, dan tidak hanya ber-orientasi pada profit. 

3. Pilih saham yang risikonya kecil 

Dalam menyusun trading plan, sebaiknya anda memulai untuk mentradingkan saham-saham yang risikonya kecil. Karena trading plan itu berkaitan dengan keputusan buy dan sell, itu artinya keputusan untuk memilih saham yang tepat juga bagian utama dari trading plan.   

Trading plan anda bisa berkembang dan dapat menjadi panduan trading pribadi, jika anda memprioritaskan saham-saham yang bagus untuk ditradingkan. 

Anda bisa pelajari cara-cara memilih saham yang bagus untuk dimasukkan dalam trading plan anda disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus.

4. Gunakan analisis saham yang simpel 


Banyak trader saham berpikir membuat trading plan itu rumit, sulit dan terlalu banyak teori. Banyak trader saham yang memasukkan berbagai macam indikator saham dan analisa teknikal ke dalam trading plannya. 

Namun justru dengan trading plan yang kompleks, trader sulit melakukan eksekusi trading dan memilih saham. Padahal trading plan yang bagus itu adalah trading plan yang SIMPEL. 

Dalam arti, trading plan tersebut memang harus benar-benar bisa anda praktikkan di market bukan hanya sekedar membaca teori. Gunakan analisa-analisa saham yang cocok untuk anda. 

Anda tidak perlu meniru cara-cara rumit dalam trading plan, karena itu justru membuat anda bingung. Pakailah analisa-analisa yang umum, indikator2 sewajarnya, dan pilihlah saham-saham yang mudah dianalisa.

Cara-cara menyusun trading plan dan analisa teknikal juga sudah kita bahas bersama disini: Menyusun Trading Plan Saham. 

Itulah kunci-kunci penting dalam menyusun trading plan saham. Intinya, trading plan yang anda jalankan harus berkembang dari waktu ke waktu, karena trading plan nantinya akan menjadi panduan trading anda. 

Supaya trading plan bisa berkembang, anda harus memulai dengan cara yang benar (seperti poin2 yang kita bahas diatas). Hal ini karena proses trading yang benar akan menentukan langkah trading selanjutnya: Apakah trading anda berkembang atau justru sebaliknya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.