Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham

Jika anda ingin menang dalam suatu perlombaan / kompetisi, anda harus menggunakan strategi. Dengan strategi & perencanaan yang baik, potensi anda untuk menang akan semakin besar. 



Demikian juga dengan trading saham. Untuk bisa meraih profit, anda harus punya strategi trading saham. Tapi tahukah anda apa itu strategi trading saham? Apakah strategi saham itu berarti beli dan jual saham? 

Ya, beli dan jual saham termasuk dalam salah satu strategi trading. Tapi kalau anda membeli dan menjual saham tanpa mengetahui alasannya.. Mungkin anda beli saham hanya karena ikut saran si X, si Y. Anda beli saham hanya karena mengikuti 'arah angin' di market.. 

Maka itu bukanlah strategi trading. Strategi trading saham merupakan analisa-analisa yang anda gunakan untuk trading saham, sehingga bisa menghasilkan keputusan beli, jual atau wait and see. 

Sesimpel apapun analisa yang anda lakukan, itu juga termasuk dalam strategi trading. Ada beberapa strategi trading saham yang bisa anda terapkan. 

1. Strategi trading menitan / scalping trading 

Strategi trading pertama yang bisa anda terapkan adalah strategi scalping trading. Strategi trading ini adalah strategi trading cepat, yang dilakukan dengan cara membeli dan menjual saham dalam waktu menitan. 

Anda membeli dan menjual saham dalam waktu 10 menit, 15 menit, 30 menit, maka anda dapat dikatakan melakukan scalping trading. 

Dalam scalping trading, anda harus menggunakan analisa-analisa untuk memilih saham yang bagus, yang berpotensi naik cepat dalam waktu beberapa menit. Manajemen modal dan manajemen risiko juga harus anda perhatikan. Karena scalping trading memiliki risiko yang relatif lebih besar. 

Anda bisa pelajari praktik2 cara memilih saham untuk trading menitan disini: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping Trading. 

2. Strategi intraday trading / trading harian

Jika anda ingin mendapatkan profit dari trading jangka pendek harian (beli jual saham pagi jual sore, sampai 2-3 hari trading), anda harus mendalami strategi memilih saham untuk intraday trading. Pelajari juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. 

Analisa-analisa untuk intraday trading, sedikit berbeda dengan scalping, swing maupun positioning trading. Jadi sebagai trader, anda harus bisa mempraktikkan analisa teknikal dan momentum yang bagus untuk trading harian. 

Pelajari praktik2 dan strategi simpel memilih saham untuk trading harian disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

3. Trading dibawah 1 minggu 

Jika anda ingin menerapkan trading dibawah, anda harus mempelajari strategi2 analisa teknikal, momentum dan analisa saham-saham yang bagus untuk trading jangka pendek. Pelajari juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Walaupun time frame trading anda dibawah 1 minggu, ada analisa-analisa yang harus anda terapkan, supaya strategi anda bisa membuahkan profit konsisten di market. 

4. Strategi swing trading

Para trader yang ingin menerapkan trend following alias trading mengikuti tren saham, swing trading adalah strategi trading yang bagus untuk diterapkan di market. 

Swing trading berarti anda membeli dan menyimpan saham (buy and hold) untuk jangka waktu minimal 1 minggu sampai dengan 1 bulan. Dengan swing trading, anda menerapkan strategi menyimpan saham yang lebih panjang dibandingkan intraday ataupun scalping trading. 

Jadi swing trading juga membutuhkan strategi untuk melihat saham2 yang momentum dan trennya bagus minimal untuk jangka waktu mingguan. 

Strategi-strategi swing trading saham bisa anda pelajari full praktikknya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus. 

5. Strategi trading kombinasi

Ketika anda menerapkan strategi trading kombinasi, maka itu juga dapat dikatakan sebagai strategi trading saham. Strategi kombinasi misalnya anda menerapkan trading harian dan swing trading. 

Membagi modal (manajemen modal) untuk menerapkan beberapa strategi trading, juga merupakan bagian dari strategi trading saham.  

MENYUSUN TRADING PLAN 

Strategi trading saham tidak lepas dari trading plan. Kalau anda menjalankan trading, anda pasti harus melakukan perencanaan trading. Anda harus memutuskan:
  • Mau beli saham apa?
  • Beli di harga berapa? 
  • Jual di harga berapa?
  • Berapa modal yang anda gunakan?
  • Analisa apa yang anda pakai?
  • Berapa saham yang anda beli di portofolio? 
Pelajari cara-cara menyusun dan menjalankan trading plan saham yang efektif disini: Cara Menyusun Trading Plan Saham. Strategi trading akan berjalan lebih on track apabila anda punya trading plan yang terarah, sesuai dengan kemampuan trading anda masing-masing.

Trading plan bagian penting dari strategi trading karena banyak trader yang mengalami kerugian akibat tidak memiliki trading plan. Ketika anda ingin memenangkan suatu kompetisi, anda harus punya perencanaan2 yang baik. 

Sama seperti ketika anda ingin mendapatkan profit di saham, perencanaan itu berupa trading plan.  

ANALISA MARKET / IHSG 

Melakukan analisa market/ IHSG juga merupakan bagian dari strategi trading. Dengan melakukan analisa market, anda bisa mempertimbangkan apakah saat itu anda sebaiknya langsung membeli saham (karena kondisi market bagus), wait and see atau menjual saham (jika market mulai koreksi dan saham2 yang anda pegang harganya sudah tinggi). 

PSIKOLOGIS 

Mengelola psikologis dan mindset trading yang benar, juga merupakan bagian dari strategi trading. Keputusan trading yang anda jalankan bisa berjalan dengan baik, apabila anda menata mindset trading. 

Terutama dalam hal menetapkan target2 trading, manajemen modal, kemampuan anda mengontrol emosi saat saham bullish maupun bearish, diversifikasi saham. 

Di web Saham Gain ini, kita juga sudah banyak membahas tentang cara-cara menyusun mindset trading yang baik, berdasarkan kondisi-kondisi di market secara riil. 

Kesimpulannya, strategi trading saham itu mencakup analisa-analisa spesifik yang anda terapkan sebagai dasar keputusan buy & sell. Serta analisa market, menyusun trading plan, mengelola emosi trading. Semuanya itu adalah bagian dari strategi trading yang tidak bisa dipisahkan. 

Apakah anda selama ini menerapkan strategi trading sebelum membeli maupun menjual saham? Atau anda hanya asal trading? Jika anda belum menerapkan strategi trading, mulai saat ini susunlah analisa-analisa sebelum trading, agar karir trading anda bisa bertahan dalam jangka yang panjang. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.